Tips Kiat Cara Menghilangkan Mengatasi Stress

Tips cara dan kiat mengatasi menghilangkan stres dalam kehidupan sehari-hari perlu juga kita ketahui. Stres merupakan kondisi tubuh yang tidak nyaman dikarenakan pikiran menampung beban berlebih sehingga muncul rasa penat yang mana jika berkepanjangan dapat mengganggu kondisi mental dan kesehatan seseorang

Adakah diantara sahabat-sahabat semuanya yang tidak mengalami apa yang dinamakan dengan stress? Pernahkan kita terbebas sama sekali dengan istilah satu ini yaitu stress? Yang kita ketahui mengenai stress ini adalah bila kita dalam keadaan mengalami ketegangan baik dari segi fisik, psikis, emosi dan juga mental kita.

Seringkali pula ini dikaitkan dengan keadaan depresi. Padahal pada hakekatnya berbeda antara depresi dan stress ini.

Pengertian stress dapat kita artikan sebagai stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.

Tips Kiat Cara Menghilangkan Mengatasi Stress

Keadaan stress akan dapat membuat produktivitas seseorang menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental.

Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Penyebab Stress


Ada beberapa faktor penyebab pencetus timbulnya stres. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Kerja Berlebihan

Beban kerja yang terlalu banyak bisa memicu timbulnya stress di dalam masalah pekerjaan. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebih tidaklah baik. Contoh saja, seseorang yang sakit mengira bahwa minum obat yang banyak dapat mempercepat proses pemulihan, tetapi hal tersebut justru membuat kondisi semakin memburuk, bisa overdosis bahkan berisiko kematian.

Sama halnya dengan bekerja yang berlebihan. Jikalau terpaksa, alangkah baiknya disela-sela waktu kerja Anda, refresh otak dengan berjalan keluar kantor sejenak atau cuci muka dengan air dingin agar wajah tetap sehat dan tampak segar

Masalah Ekonomi Keuangan

Pernahkah Anda mendengar, seseorang memilih mengakhiri hidupnya lantaran kesusahan ekonomi? Atau, jangan-jangan Anda sendiri pernah mengalaminya? Saya yakin, tak jarang juga Anda menyaksikan di televisi betapa isu finansial memengaruhi kehidupan manusia.

Tidak hanya menjadi penyebab bunuh diri, masalah ekonomi bahkan menyebabkan seseorang berperilaku kriminal. Banyak kasus di mana seorang pencuri terdorong melakukan aksinya karena kesulitan ekonomi. Ada juga yang nekad merampok, menjambret, dan menipu juga gara-gara masalah uang.

Sungguh faktor ekonomi telah membuat banyak orang tertekan, yang selanjutnya membuat mereka stres. Stres inilah yang pada akhirnya melahirkan perilaku-perilaku yang destruktif seperti tersebut di atas.

Hubungan Personal Dan Sosial

Hubungan personal dengan seseorang, yang rumit, sulit, atau pun menemui kegagalan juga dapat menjadi tekanan yang bahaya bagi psikologis Anda. Stres dapat mucul karenanya. Dampak yang timbul dari stres karena hubungan personal biasanya berupa lemahnya kejiwaan, mudah berprasangka buruk, mudah tersinggung, merasa tertindas, dan merasa tersaingi.

Berinteraksi dengan lingkungan, bertemu macam-macam orang seringkali membuat Anda tertekan. Anda harus menghadapi orang yang menuntut Anda untuk melakukan A, sementara hati Anda menginginkan B. Lingkungan menuntut Anda menjadi apa yang bukan diri Anda. Akhirnya, Anda pun berontak.

Kesiapan Anda menghadapi kemungkinan yang bakal terjadi manakala Anda berontak memengaruhi kadar stres yang Anda alami. Semakin siap, kadar stres semakin berkurang. Sebaliknya, semakin tidak siap, kadar stres akan semakin tinggi.

Penyebab Stress

Kembali ke pokok bahasan kita kali ini yaitu mengenai stress. Di tengah padatnya pekerjaan ataupun rutinitas kita, stress adalah penyakit yang tidak pernah luput menimpa seseorang. Maka bila kita dalam kondisi seperti itu, maka upaya cara menghilangkan stress adalah solusi paling tepat.

Kiat Tips Mengatasi Stres


Ada beberapa tips menghilangkan stress yang menimpa kita. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Relaksasi

Relaksasi akan sangat membantu mengurangi stressor yang sedang menimpa kita. Dengan melakukan berbagai macam relaksasi akan membuat pikiran kita merasa lebih nyaman dan tenang. Terima semua perasaan sedih, kecewa, atau marah yang anda rasakan dan pasrahkan segala penyelesaiannya pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Banyak beristighfar adalah salah satu jalan yang dapat kita tempuh sebagai seorang muslim.

Olahraga

Olahraga adalah merupakan salah satu cara menhilangkan stress yang baik. Olahraga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang karena lama bekerja. Berkeringat tatkala melakukan aktifitas olahraga akan berbeda jika dibandingkan saat bekerja.

Menurut ahli kesehatan, berkeringat dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, membersihkan pori-pori dan membakar kalori. Keringat yang kita keluarkan pada saat berolahraga juga dapat menurunkan stress karena hormon endorfin (hormon yang diproduksi tubuh pada saat mengalami perasaan bahagia) dan zat lain dilepaskan.

Dalam hal berolahraga banyak pilihan yang bisa kita lakukan dalam mengatasi dan juga menurunkan kadar stressor dalam tubuh kita seperti halnya dengan melakukan lari-lari santai di lingkungan tempat tinggal kita sendiri.

Bisa juga dengan melakukan olahraga renang. Berenang juga banyak membantu mengurangi stress kita. Pengolahan nafas saat berenang juga membantu dalam relaksasi pikiran kita. Itu sedikit hubungan antara berenang dengan stress.

Luangkan Waktu Untuk Beristirahat

Menghibur diri sendiri merupakan salah satu tips efektif untuk menghilangkan stress tersebut. Luangkan waktu sebentar di padatnya aktivitas anda dengan menghibur diri sendiri dengan berbagai hiburan yang anda sukai seperti bermain games, mendengarkan musik yang anda minati, menonton film yang anda sukai atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menghibur anda

Itu adalah beberapa cara menghilangkan stress yang bisa dicoba. Tentunya dalam hal metoda manajemen stress masing-masing orang berbeda. Cara menghilangkan dan membuat rasa menjadi nyaman bagi seseorang yang sedang mengalami stress juga unik dan berbeda-beda tiap diri individu kita masing-masing.

Sehingga dalam hal meredakan stressor kita bisa juga dengan pengalaman kita sendiri untuk bisa tetap fokus bila sesuatu seperti ini terjadi pada kita.

8 comments:

  1. utk hilangkan stress saya suka ke salon cuci rambut sambil massage kepala, lepas tu legalah, bila dah lega boleh melaksanakan solat atau mengaji al quran

    ReplyDelete
  2. OK Mas, relaksasinya layak dicoba nih. memang yang namnay stress itu tau2 bisa datang seiring dengan lingkungan yang tiba2 saja datang menekan.

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana sob :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)
    skalian follow ya nanti ak folback

    ReplyDelete
  4. Makasih tips nya gan..
    Ntar saya praktekkan..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih dengan pengkongsian tip menghilangkan stress ini. Saya menulis blog untuk mengurangkan stress.

    ReplyDelete
  6. tips kedua, dgn aktiviti olahraga atau senaman memang terbaik tapi semakin sukar disebabkan kekangan masa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tmen semuax..sya butuh saran
      sya mengalami stress yang berat sekali,.hingga skarang gak bisa smbuh,.



      Delete
    2. Sama nih aku juga sedang mengalami stress yang cukup berat. tapi setelah tahu banyak sekali orang diluar sana yang mengalami hal sama,semakin menurunkan rasa stress itu.
      yang penting kita bisa kontrol pikiran ke hal-hal positif.
      karena banyak yang mengalami hal yang sama..
      banyak yang mengalami hal yang sama..
      dan banyak yang mengalami hal yang sama..
      pikirkan bahwa si setan sedang tertawa-tawa melihat usahanya berhasil menghancurkan kita sedikit demi sedikit.
      jangan biarkan dia membuat kita semakin hancur. kasihan sekali kan sel-sel tubuh kita, organ-organ tubuh kita. mereka ikut sedih ketika kita sedih. mari kita sayangi tubuh kita.
      dan selalu ingat pada Allah S.W.T.

      maaf ya kata-katanya agak keluar kemana-mana, hhe..

      Delete