Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Fungsi Perawat

Fungsi Perawat.Melanjutkan kembali postingan terakhir sahabat di Blog Keperawatan ini yaitu peran perawat maka kita akan mengenalkan dunia keperawatan kembali yaitu fungsi perawat.Dalam menjalankan profesinya sebagai perawat, maka seorang perawat akan menjalankan fungsi perawat sebagaimana mestinya.

fungsi perawat,keperawatan,Blog Keperawatan

Berikut beberapa fungsi perawat diantaranya yaitu :
  1. Fungsi Independen.Dalam menjalankan fungsi yang satu ini, tindakan perawat tidak memerlukan advis dari tenaga medis. Tindakan perawat dalam menjalankan fungsi indepandennya adalah bersifat mandiri, berdasarkan pada ilmu keperawatan. Oleh karena itu, perawat bertanggung jawab terhadap akibat yang timbul dari tindakan yang diambil.
  2. Fungsi Dependen.Dalam menjalankan fungsinya ini seorang perawat turut serta membantu dokter dalam memberikan pelayanan pengobatan serta tindakan khusus yang menjadi wewenang medis dan seharusnya dilakukan dokter, seperti halnya dalam hal pemasangan infus, pemberian obat, dan melakukan suntikan. Oleh karena itu, setiap kegagalan tindakan medis menjadi tanggung jawab dokter. Setiap tindakan perawat yang berdasarkan perintah dokter, dengan menghormati hak pasien tidak termasuk dalam tanggung jawab perawat.
  3. Fungsi Interdependen.Fungsi perawat dalam interdepanden ini bahwasanya tindakan perawat berdasar pada kerja sama dengan tim perawatan atau tim kesehatan lainnya. Fungsi ini tampak ketika perawat bersama tenaga kesehatan lainnya melakukan kolaborasi dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bertujuan mengupayakan kesembuhan pasien. Mereka biasanya tergabung dalam sebuah tim yang dipimpin oleh seorang tanaga medis. Sebagai sesama tenaga kesehatan, masing-masing tenaga kesehatan mempunyai kewajiban untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai dengan bidang ilmunya. Dalam kolaborasi ini, pasien menjadi fokus upaya pelayanan kesehatan. Hal ini dapat dicontohkan dalam penanganan ibu hamil yang menderita DM / diabetes mellitus, perawat bersama tenaga gizi berkolaborasi membuat rencana untuk menentukan kebutuhan makanan yang diperlukan bagi ibu dan perkembangan janin. Ahli gizi memberikan kontribusi dalam perencanaan makanan dan perawat mengajarkan pasien memilih makan sehari-hari. Dalam fungsi ini, perawat bertanggung jawab secara bersama-sama dengan tenaga kesehatan lain terhadap kegagalan pelayanan kesehatan terutama untuk bidang keperawatannya.

Beberapa contoh tindakan perawat dalam menjalankan fungsi independen atau fungsi pertama diatas yaitu :
  • Pengkajian seluruh sejarah kesehatan pasien / keluarganya dan menguji secara fisik untuk menentukan status kesehatan.
  • Mengidentifikasi tindakan keperawatan yang mungkin dilakukan untuk memelihara atau memperbaiki kesehatan.
  • Membantu pasien dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
  • Mendorong untuk berperilaku secara wajar.
Demikian tadi sahabat mengenai fungsi perawat dalam menjalankan pekerjaan serta profesinya.Semoga bermanfaat sahabat


Sahabat membaca artikel mengenai Fungsi Perawat. Bila sahabat menganggap artikel Fungsi Perawat ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan