Rencana Asuhan Keperawatan

Rencana Asuhan Keperawatan dan pelaksaan pekerjaan tugas dari seorang petugas kesehatan dalam hal ini perawat dalam menjalankan tugasnya tidak akan pernah lepas dari proses pemberian asuhan keperawatan.

Maka sebagai bagian dari melaksanakan profesi kesehatan yang memberikan pelayanan keperawatan adalah menjadi kewajiban bagi seorang perawat untuk mengetahui dan sekaligus dapat menyusun rencana asuhan keperawatan untuk pemberian pelayanan yang komprehensif kepada pada pasien.

Asuhan Keperawatan itu sendiri menguraikan tentang asuhan keperawatan yang akan diberikan kepada individu / keluarga / masyarakat. Rencana asuhan keperawatan berisi serangkaian tindakan yang akan diimplementasikan perawat untuk menyelesaikan / mendukung diagnosa keperawatan yang diidentifikasi dari proses pengkajian keperawatan.

Penyusunan rencana asuhan keperawatan merupakan tahap dalam proses keperawatan. Nantinya akan menjadi panduan dalam proses asuhan keperawatan lanjutan dan membantu dalam evaluasi perawatan. Inilah yang dimaksud dengan pengertian rencana asuhan keperawatan itu sendiri.

Rencana Asuhan Keperawatan

Rencana Keperawatan

Yang dimaksud dengan pengertian makna rencana keperawatan adalah semua tindakan yang dilakukan oleh perawat untuk membantu klien beralih dari status kesehatan saat ini kestatus kesehatan yang di uraikan dalam hasil yang di harapkan. Rencana asuhan keperawatan tertulis mengatur pertukaran informasi oleh perawat dalam laporan pertukaran dinas. Rencana perawatan tertulis juga mencakup kebutuhan klien jangka panjang

Merupakan pedoman tertulis untuk perawatan klien. Rencana perawatan terorganisasi sehingga setiap perawat dapat dengan cepat mengidentifikasi tindakan perawatan yang diberikan. Rencana asuhan keperawatan yang di rumuskan dengan tepat memfasilitasi kontinuitas asuhan perawatan dari satu perawat ke perawat lainnya. Sebagai hasil, semua perawat mempunyai kesempatan untuk memberikan asuhan yang berkualitas tinggi dan konsisten.

Karakteristik dari rencana asuhan keperawatan :
  • Bersifat holistik dan didasarkan pada penilaian klinis dari perawat, dengan menggunakan pengumpulan data (data objektif dan subjektif) dengan menggunakan kerangka keperawatan.
  • Hal ini didasarkan pada identifikasi diagnosis keperawatan (aktual, risiko atau promosi kesehatan) - penilaian klinis tentang pengalaman/respon individu, keluarga, atau masyarakat terhadap masalah kesehatan/proses kehidupan yang aktual atau potensial.
  • Berfokus pada klien-spesifik hasil keperawatan yang realistis bagi klien/pasien.
  • Termasuk intervensi keperawatan yang berfokus pada faktor-faktor etiologi atau faktor risiko dari identifikasi diagnosis keperawatan.
  • Merupakan hasil dari suatu proses yang sistematis yang disengaja.
  • Terkait dengan masa depan.
Elemen-elemen dan bagian rencana asuhan keperawatan terdiri dari beberapa bagian dan diantaranya yaitu diagnosa keperawatan dengan penjabaran data karakteristik (data subyektif dan obyektif yang mendukung diagnosis), faktor yang berhubungan atau faktor risiko, hasil yang diharapkan/tujuan, dan intervensi keperawatan.

Tujuan Asuhan Keperawatan

Adapun tujuan manfaat di dalam pemberian asuhan keperawatan antara lain sebagai berikut :
  • Membantu individu untuk mandiri.
  • Mengajak individu atau masyarakat berpartisipasi dalam bidang kesehatan.
  • Membantu individu mengembangkan potensi untuk memelihara kesehatan secara optimal agar tidak tergantung pada orang lain dalam memelihara kesehatannya.
  • Membantu individu memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

Fungsi Manfaat Proses Keperawatan

Ada beberapa fungsi tujuan proses keperawatan yaitu antara lain :
  1. Memberikan pedoman dan bimbingan yang sistematis dan ilmiah bagi tenaga keperawatan dalam memecahkan masalah klien melalui asuhan keperawatan .
  2. Memberi ciri profesionalisasi asuhan keperawatan melalui pendekatan pemecahan masalah dan pendekatan komunikasi yang efektif dan efisien.
  3. Memberi kebebasan pada klien untuk mendapat pelayanan yang optimal sesuai dengan kebutuhanya dalam kemandirianya di bidang kesehatan
Demikian tadi sahabat-sahabat serta rekan-rekan semua sedikit mengenai beberapa hal yang terkait dengan pemberian rencana asuhan keperawatan kepada para pasien dan semoga hal ini dapat berguna dan bermanfaat.

2 comments:

  1. Ass.nurses whoever and wherever you are.Semoga sukses selalu menjadi perawat.Jalani peran dan fungsimu dg tulus-khlas.Yakinlah akan amal jariah atas segala yg telah kita lakukan selama dlm lingkup keilmuan kita.Go ners..Start from small..think big...dig deep...act fast.

    ReplyDelete
  2. Selamat menunaikan tugas. Jalankan sesuai peran dan fungsi kita masing2. Ingat juga bàhwa dg fungsi dan peran kita itu membawa tanggung jawab moral kita terhadap siapapun dan KepadaNya.

    ReplyDelete