Anemia Kurang Darah

Penyakit Anemia. Seringkali kita mendengar akan istilah anemia ini atau masyarakat umum lebih familiar dengan istilah kurang darah. Nah kali ini Blog Keperawatan akan mencoba share pengetahauan kesehatan mengenai penyakit anemia ini dan semoga bisa memberikan manfaat.

Anemia adalah suatu keadaan dimana saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (HB)(protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Itu adalah pengertian anemia ditinjau dari sisi medisnya.

Hemoglobin yang tadi disebutkan diatas merupakan pigmen yang membuat sel darah itu berwarna merah yang pada akhirnya hal tersebut akan membuat darah manusia berwarna merah. Fungsi hemoglobin (HB) ini merupakan sebuah media transport oksigen dari paru paru ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen merupakan bagian terpenting dari proses metabolisme tubuh untuk dapat menghasilkan energi yang nantinya kita gunakan dalam beraktifitas sehari-hari. Hemoglobin ini juga dapat berfungsi membawa karbondioksida hasil metabolisme dari jaringan tubuh ke paru paru untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas.

anemia, pengertian anemia, Blog Keperawatan

Anemia ini akan menyebabkan berkurangnya sejumlah hemoglobin atau sel darah merah tersebut. Karena kekurangan hemoglobin tersebut maka darah tidak maksimal dalam menjalankan salah satu fungsinya yaitu untuk mengangkut oksigen dalam jumlah yang diperlukan oleh tubuh kita. Hemoglobin (Hb) adalah suatu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah. Sebagai bahan bakunya diperlukan zat gizi dari makanan, termasuk berbagai vitamin (B2,B12) dan juga mineral. Maka tubuh kita akan bereaksi bila kita menderita anemia / kurang darah ini. Respon tubuh itulah yang kita kenal dengan tanda serta gejala.

Tanda dan gejala bila tubuh kita kekurangan pasokan oksigen yang disebabkan anemia ini bermacam-macam dan juga bervariasi.
Beberapa tanda gejala anemia bila menimpa kita adalah :
  1. Mudah letih / lelah bila kita melakukan aktivitas fisik atau mental.
  2. Sakit kepala / pusing.
  3. Tidak nafsu makan.
  4. Wajah yang terlihat pucat.
  5. Nafas terasa pendek.
  6. Bila keadaan serta kondisi penyakit anemia ini bertambah berat bisa menyebabkan penyakit jantung (serangan jantung / infark miokard akut).
Bagi yang awam dalam masalah kesehatan dengan kita merasakan hal tersebut di atas seyogyanya kita harus lebih berhati-hati serta waspada. Dan tentunya kita juga harus mengetahui apa yang menjadi penyebab anemia ini.
Ada beberapa penyebab anemia ini ini dan diantaranya yaitu :
  1. Perdarahan (Dikarenakan luka atau hal lainnya). Perdarahan yang banyak saat trauma baik itu yang terjadi di dalam maupun di luar tubuh akan menyebabkan anemia dalam waktu yang relatif singkat. Perdarahan dalam jumlah banyak biasanya terjadi pada maag yang kronis yang menyebabkan perlukaan pada dinding lambung. Atau juga bisa karena pemberian obat jantung (pengencer darah) dan orang tersebut tidak tahan akan obat tersebut.
  2. Sel darah merah berkurang atau kurang gizi (zat besi,vit B2, B12).
  3. Penyakit gagal ginjal.
  4. Kanker.
  5. Kelainan Genetik. Penyakit karena kelainan genetik yang berkaitan dengan penyakit anemia ini contohnya adalah Thalasemia. Thalasemia adalah gangguan genetik yang dimamana produksi hemoglobin menjadi sangat rendah.
Demikian tadi sahabat mengenai anemia ini dan semoga bisa berguna serta memberikan manfaat bagi kita semua.

0 komentar: