Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Mencegah Stroke

Jumlah penderita penyakit stroke dalam kurun waktu belakangan ini semakin meningkat. Untuk itu kita sebagai orang yang mengerti dan sadar akan pentingnya kesehatan harus senantiasa waspada pula akan timbul dan terjadinya penyakit yang satu ini. Penyakit stroke adalah merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan aliran darah ke otak secara tiba-tiba sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan neurologis. Stroke termasuk penyakit serebrovaskular (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah. Itu adalah pengertian stroke dalam artikel yang telah diposting mengenai penyakit stroke dalam Blog Keperawatan ini.

lalu bagaimana kita mengenali akan tanda gejala ciri penyakit stroke ini. Karena dengan kita mengenali akan tanda-tanda dari penyakit tersebut kita akan bisa melakukan beberapa langkah-langkah dan cara pencegahan stroke ini terjadi pada diri kita dan juga kepada keluarga kita tentunya. Karena berhubungan dengan sistem persyarafan dan neurologis tentunya gejala stroke berkaitan erat dengan fungsi-fungsi syaraf dalam tubuh kita. Misalnya dengan adanya kelumpuhan pada bagian salah satu tubuh, tonus otot lemah atau kaku, gangguan persepsi dan sejenisnya.

Tips Cara Mencegah Stroke

Karena berhubungan erat dengan pembuluh darah, maka erat pula hubungannya dengan angka kejadian penyakit jantung koroner. Mencegah stroke ini harus diketahui masyarakat luas agar nantinya program pemerintah dalam bidang kesehatan khususnya hal ini akan bisa berjalan dengan baik bila mendapat dukungan dari masyarakat pula. Sehingga angka kematian akibat penyakit stroke bisa pula ditekan.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah stroke ini. Tips pencegahan stroke diantaranya yaitu :
  1. Mengendalikan tekanan darah. Hipertensi menyumbang 35-50% dari risiko stroke. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa bahkan pengurangan tekanan darah kecil (5 sampai 6 mmHg sistolik, 2 sampai 3 mmHg diastolik) akan menghasilkan 40% lebih sedikit stroke. Menurunkan tekanan darah telah meyakinkan menunjukkan untuk mencegah stroke iskemik dan baik hemoragik. Hal ini sama pentingnya dalam pencegahan sekunder. Sehingga langkah awal kita adalah dengan menjaga tekanan darah kita dalam keadaan normal pula.
  2. Membiasakan diri berolahraga. Manfaat yang besar yang terdapat dalam olahraga itu sendiri bukan hanya cara mencegah penyakit ini, tetapi juga penyakit-penyakit lainnya akan bisa dicegah dengan kita rajin berolahraga. Melakukan aktivitas fisik secara teratur dengan berolahraga termasuk dalam tips membantu menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah. Riset menunjukan bahwa mereka yang mulai latihan olahraga pada usia antara 25-40 tahun, risiko terserang stroke berkurang 57%. Sedangkan yang mulai latihan olahraga pada usia 40-55 tahun, kesempatannya hanya 37%.
  3. Menjaga pola makan yang sehat. Sebagian besar jenis penyakit disumbangkan karena pola makan kita yang tidak sehat. Makanan tinggi serat akan membantu dalam pencegahan penyakit ini dan juga turut andil mengendalikan lemak dalam darah. Karena kolesterol juga penyumbang resiko stroke ini. Mengurangi makanan berlemak dapat menjaga kadar kolesterol jahat dalam batas normal, sehingga dapat mempertahankan keelastisitasan daripada kondisi dinding pembuluh darah dan hal ini termasuk cara mencegah stroke yang bisa kita lakukan.
  4. Gangguan aritmia jantung. Seperti telah diungkap di atas, hubungan jantung dengan stroke erat, maka bila ada gangguan disritmia jantung khususnya adalah AF (Atrial Fibrilasi) bisa menimbulakn resiko terjadinya penyakit ini. Pasien dengan fibrilasi atrium memiliki risiko 5% setiap tahun untuk mengembangkan stroke, dan risiko ini bahkan lebih tinggi pada mereka dengan atrial fibrilasi pada pasien dengan kelainan dan penyerta penyakit katup jantung pula.
  5. Hindari pula kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti halnya merokok, minum beralkohol dan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah menjadi mudah untuk menggumpal dan darah menggumpal akan meningkatkan resiko stroke ini. Sedangkan alkohol dapat menaikkan tekanan darah, sehingga tidak mengkonsumsinya berarti kita turut andil dalam menghindarkan diri dari tekanan darah tinggi yang merupakan faktor tertinggi penyumbang stroke.
Sahabat membaca artikel mengenai Mencegah Stroke. Bila sahabat menganggap artikel Mencegah Stroke ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

27 komentar

saat ini stroke tidak mengenal usia ya sob, trims tips buat menghindarinya, sangat bermanfaat...

Balas

yang nomer dua kayanya penting yang sering ane lewatin gan. kalau ud kena penyakit, baru aja sadar. tapi kalau ud sembuh, kumat lagi malesnya.

Balas


olahraga....itu yg sering saya lakukan sob

Balas

tips yang sangat membantu orang untuk mencegah tentunya mas...

Balas

bapak sy sdh kena stroke dua kali semg aja tdk untuk yg ketiga kali Aamiin3 ya Rabb...!

btw artikel tntng IPHPNE 5 GADGET IMPIAN dr td sy sdh mengklik G+-nya tp gk bs mgkn jaringan kali ya?? tp ntr sy coba lg.. *smile

Balas

ibuku juga dulu kena struk, tp alhamdulillah dengan menjalani pengobatan yg islami, sperti minum madu, habbatusauda, dan juga bekam, syukur sekarang sudah sembuh.

Balas

sdh bisa.., sy org ke 24.. *smile

Balas

salah satu pemicu stroke adalah pola makan yang tidak sehat :-)

Balas

Kunjungan random sobat, nice post

Balas

memang risau betul bila terfikirkan jenis2 penyakit ni, moga dihindarkan oleh Allah SWT, amin

Balas

Bener sob..beberapa kali menemui pasien yang tergolong masih muda sudah kena stroke..harus berhati-hati

Balas

Harus berhati-hati lagi sahabat kalau Bapak pernah kena stroke...
Semoga Bapak senantiasa diberikan kesehatan..aamiin..aamiin.
Terima kasih bantuan G+1 nya sob..hanya saja di artikel IPHONE 5 GADGET IMPIAN

Balas

Benar sekali sahabat...

Balas

Semoga kita dijauhkan dari penyakit Kak Siti aamiin..aamiin

Balas

mudah-mudahan saja kita ga sampai terkena,namun terima kasih atas tips yang brmanfaat ini.

Balas

hello mas,
saya agak risau sedikit dengan tekanan darah saya kerana sering bekerja waktu malam. juga selalu tidak cukup tidur.
Terima kasih bro diatas penerangan tentang bahayanya stroke ini. semoga dijauhi dari segala penyakit. Amin.

Balas

Kurang istirahat juga bisa menjadi faktor penyebab akan meningkatnya tekanan darah kita sahabat..

Balas

Suatu tips yang berguna untuk semua rakan-rakan di luar sana. Semoga dihindarkan daripada sebarang penyakit hendaknya.

Balas

ini artikel tips mencegah stroke yang mesti diketahui oleh banyak masyarakat, terus terang ane hanya tahunanya saja, penjelasan sebab dan akibat stroke itu baru ane baca dari artikel sobat ini.. terus menuis hal yang sangat membantu banyak orang seperti ini sob,, dan slm sukses selalu

Balas

Bab bersenam dan sebagainya tiada masaalah sbb kawe mmg suka bersukan. Cuma bab makan tu, aduhhh payah banget!

Balas

pemakanan juga harus di jaga supaya terhindar dari penyakit stroke...

mudah mudahan kita semua diberikan kesihatan yg baik dari Allah...

pohon sokongan dari kamu untuk click Google+ untuk entry penyertaan iphone 5 gadget impian saya juga ye

Balas

kunjungan sore mas :D.. mampir ke blog ku yak :D

Balas

artikel yang bermanfaat , follow back blog saya, blognya udah saya follow , blog saya --> http://dimaszon.blogspot.sg/ . temen temen lain follow ya, pasti saya follow back

Balas

5 Tips pencegahan stroke, sangat membantu saya sehingga saya bisa mencegah penyakit itu. Pola makan dan olahraga harus dijaga.

Balas

saya ucapkan banyak teria kasih,karna banyak sekali tips2 yang sangat bermanfaat disini tanpa terkecuali yang ini.makasih tipsnya ya mas.

Balas

saya mesti hati-hati dengan penyakit yang satu ini sepertinya aya beresiko

Balas

terima kasih infonya... sy harus lebih berhati-hati dgn penyakit ini karena bapak saya udah 2 kali kena stroke dan skrg masih di rumah sakit. mudah-mudahan cepet sembuh dan mohon doanya. bambang

Balas