Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Masa Pubertas

Pubertas adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu tahapan penting dalam masa serta proses tumbuh kembang anak. Masa pubertas anak juga bisa dikatakan sebagai suatu masa transisi / masa peralihan dari masa anak-anak ke masa menuju remaja dan juga dewasa. Pengertian pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur delapan hingga sepuluh tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.

Pada anak perempuan banyak diantaranya memulai pubertas dapat terjadi ketika berusia 8 tahun, tetapi pada umumnya pubertas anak wanita dimulai semenjak usia sekitar 10-11 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki pubertas dimulai sekitar umur 11-12 tahun. Usia pubertas laki-laki ini paling awal ditemukan ketika anak laki-laki berusi 9 tahun. Kebanyakan anak perempuan secara fisik matang berkisar umur 14 tahun sedangkan pada anak laki-laki dewasa sekitar umur antara 15-16 tahun.

Ciri Tanda Pubertas Pada Anak

Lalu bagaimana kita bisa mengenali tanda pubertas anak perempuan ? Bila sahabat-sahabat yang telah memiliki anak perempuan bisa mengenali tanda ciri pubertas anak perempuan dengan mengenali akan pertumbuhan dan perkembangan payudara, selanjutnya adalah mulai tumbuhnya rambut di daerah kemaluan. Dan tanda pubertas yang mudah dikenali pada anak perempuan adalah dengan mulainya sang anak menstruasi dan menstruasi ini biasanya akan terjadi sebagai tanda akhir dari proses pubertas perempuan. Satu lagi yang seringkali menjadi masalah pada pubertas in adalah dengan timbulnya jerawat.

Kita juga bisa mengenali akan ciri tanda pubertas anak laki-laki dengan adanya perubahan pada testis dan juga penis menjadi lebih besar untuk pertama kalinya. Selanjutnya pubertas laki-laki diikuti dengan tumbuhnya rambut pada sekita kemaluan dan juga ketiak. Suara anak akan menjadi dalam, otot tumbuh dan juga berkembang, jerawat juga mulai bermunculan pada wajah. Dan pada beberapa anak akan bisa mempunyai pola pubertas yang berbeda. Tanda pubertas anak laki-laki juga seringkali kita kenali ketika sang anak mulai mengalami mimpi basah walaupun sang anak tidak selalu menceritakannya kepada orang tua karena ada juga faktor budaya dan juga malu atau juga "tabu" untuk menceritakannya.

Puber ini bisa juga terjadi secara dini. Dalam dunia kesehatan anak dan juga kesehatan pubertas dini disebut dengan prekoks. Alangkah baik dan bijaksananya bila sahabat memiliki anak perempuan dan sudah mengalami tanda ciri pubertas seperti berkembangnya payudara dan rambut kemaluan sebelum berumur 7-8 tahun untuk memeriksakan ke dokter anak. Demikian pula bila sahabat mempunyai anak laki-laki memiliki peningkatan ukuran testis, panjang testis dan juga tumbuh rambut di kemaluan (rambut pubis) sebelum berumur 9 tahun untuk memeriksakan ke dokter anak agar kita bisa mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab pubertas dini awal pada anak ini secara lebih lengkap dan mendetail dari ahlinya.

Pubertas juga bisa terlambat. Ada juga beberapa penyebab anak terlambat pubertas. Beberapa penyebabnya antara lain adalah karena alasan medis dan juga bisa karena kekurangan asupan gizi. Beberapa penyakit termasuk penyakit kronik juga bisa menyebabkan pubertas terlambat. Diantaranya yaitu diabetes, thalassemia, kekurangan hormon, kelainan kromosom dan juga bisa disebabkan keadaan lainnya seperti halnya tumor.

Dengan kita mengenali akan masa pubertas serta tanda-tanda pubertas pada anak-anak kita maka akan membantu kita bila ada kelainan atau pun keterlambatan bisa ditangani secara dini. Karena ini berkaitan erat dengan keadaan psikologis dan mental sang anak. Cara anak-anak melihat bagian tubuh mereka yang mengalami perubahan pada saat itu berkaitan dengan harga diri mereka di kemudian harinya. Dengan kita memberi tahu akan pengetahuan dan pendidikan mengenai pubertas pada anak-anak akan membantu mereka juga untuk bisa beradaptasi dengan perubahan dari segi fisik, mental, dan fungsi seksual anak kita dan mengarahkan pada hal-hal yang positif.

Dan yang terpenting lagi adalah membiarkan anak-anak tahu bahwa mereka baik-baik saja apa adanya dan kita sebagai orang tua mencintai dan menyayangi mereka anak-anak kita sendiri apa pun adanya. Puber anak laki-laki dan anak perempuan juga merupakan masa transisi yang perlu disikapi dengan bijaksana oleh para orang tua. Dan semoga hal mengenai mengenal masa pubertas dan juga ciri-ciri pubertas ini akan berguna serta bermanfaat bagi saya sendiri sebagai orang tua dan juga sahabat-sahabat semuanya.

Dan yang terakhir mohon pula untuk dukungannya dengan mengeklik G+1 pada postingan iPhone 5 Gadget Impian yang diikutsertakan pada suatu kontes yang saya ikuti. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada sahabat-sahabat semuanya. Semoga kebaikan sahabat-sahabat akan mendapat balasan yang lebih baik lagi aamiin..aamiin.
Sahabat membaca artikel mengenai Masa Pubertas. Bila sahabat menganggap artikel Masa Pubertas ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

7 komentar

info yang menarik gan,, maju trus...

Balas

mksh infonya...sukses dech

Balas

penting nih buat saya yang punya anak2 yang sebentar lagi beranjak remaja. makasih sharingnya.

Balas

Masa puber masa yang kadang membuat minder :D

Balas

satu perkongsia yang berguna bro.. harap-harap bermanfaat untuk semua..

Balas

Terima kasih sahabat

Balas

kalau tanda pubertas pada perempuan itu, si orang tua harus melihatnya langsung ya. harus di cek gitu? kaya rambutnya ud tumbuh belum ya? hehehehe. emang gitu ya gan?

Balas