Tanda Ciri Wanita Hamil

Bagi wanita mengenali dan juga memahami akan cara mengetahui tanda-tanda kehamilan tentunya tak boleh dianggap remeh. Apalagi bagi pasangan suami istri yang telah lama menikah dan belum juga dikaruniai buah hati dalam kehidupan rumah tangganya. Karena dengan adanya ciri seorang wanita yang sedang hamil muda sangat diharapkan bagi pasangan ini.

Bagi yang telah mempunyai pengalaman dalam menjalani kehamilan tentunya tanda wanita hamil telah dikenali dengan baik, walaupun terkadang tanda-tanda dan ciri orang perempuan hamil secara umum terkadang berbeda antara seorang wanita dengan wanita lainnya.

Tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada pasangan muda yang baru menjalani proses pernikahan tentunya akan sangat diharapkan. Karena tentunya salah satu tujuan pernikahan adalah hadirnya sang buah hati dalam lingkungan keluarga baru mereka. Karena dengan hadirnya sang anak akan bisa menjadi pelengkap kebahagiaan sebuah rumah tangga yang baru dibangunnya.

Tidak dapat dipungkiri pula bahwasannya banyak perempuan telah menikah menganggap bahwa keterlambatan dalam menstruasi adalah salah satu tanda kehamilan yang paling bisa dirasakan. Tetapi perlu digarisbawahi bahwasannya tidak semua yang terlambat haid menstruasi tersebut berarti seseorang wanita telah hamil.

Cara Mengetahui Tanda-Tanda Kehamilan

Terlambat menstruasi bisa merupakan salah satu ciri bagian dari tanda kehamilan awal tetapi bisa juga karena sesuatu hal yang terjadi dalam proses hormon pada wanita yang bersangkutan. Untuk itulah diperlukan pengetahuan dalam mengenali akan berbagai macam tanda gejala kehamilan yang terjadi pada seorang wanita dengan baik serta benar juga.

Beberapa tanda wanita hamil dapat kita simpulkan bila kita menemui beberapa gejala berikut ini yang terjadi pada seorang perempuan diantaranya yaitu :

Perubahan Pada Payudara.
Kita tahu bahwa hormon yang banyak terjadi peningkatan ketika seseorang hamil adalah hormon esterogen dan progesteron. Kedua hormon yang mengalami peningkatan ini akan menyebabkan perubahan pada payudara wanita yang bersangkutan. Perubahan payudara pada awal kehamilan bisa berupa puting susu (areola mamae) akan berwarna semakin gelap dan juga terasa semakin membesar daripada sebelumnya. Payudara membesar atau membengkak ini maka akibatnya akan terasa lebih sensitif terhadap rangsang nyeri dan juga sakit ketika dipegang.

Banyak Kencing.
Hal ini terkait dengan peningkatan frekuensi sering kencing pada awal kehamilan karena janin yang terbentuk pada awal-awal kehamilan ini mendesak kandung kemih sehingga hal ini akan berakibat akan sering buang air kecil daripada keadaan sebelumnya.

Keluhan Mual Muntah Pagi Hari (Morning Sicknes).
Keluhan ibu hamil yang umum juga banyak dirasakan pada masa-masa awal kehamilan dan pada umumnya terjadi sampai dengan tiga bulan kehamilan awal. Walaupun hal ini juga tidak selalu terjadi pada ibu hamil. Hal ini karena adanya peningkatan yang terjadi pada HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) pada ibu hamil.

Ngidam atau Menolak Makanan Tertentu.
Tanpa alasan yang jelas, mendadak para ibu yang sedang hamil muda seringkali sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan yang disukainya, bahkan cenderung dihindari atau tidak disukai. Tetapi pada saat mengidam justru hal dan keinginan tersebut datang dan sangat ingin sekali merasakan sesuatu makanan atau buah-buahan tertentu.

Dalam masyarakat kita mitos mengenai mengidam ini memang sudah dianut dari nenek kakek moyang kita jaman dahulu. Kebenaran serta kesesuaian mitos mengidam dan hubungannya dengan proses kehamilan memang belum diketahui secara pasti oelh ahli-ahli kesehatan.

Pusing dan Sakit Kepala (Headaches)
Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik antara lain adalah karena hal-hal seperti berikut ini yaitu rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah rendah. Sedangkan penyebab emosional bisa juga menjadi penyebabnya yaitu dengan adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

Terjadi Sembelit Konstipasi.
Sembelit saat hamil juga karena akibat terjadi peningkatan pada hormon progesterone. Salah satu manfaat dari hormon ini adalah mengendurkan otot-otot rahim pada saat-saat kehamilan. Tetapi selain hal tersebut hormon progesterone bisa mengakibatkan mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar yang terjadi pada ibu hamil.

Tetapi dari hal tersebut ada keuntungan dari keadaan seperti ini yaitu akan memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil baik itu bagi sang ibu hamil sendiri atau pun bagi sang calon janin.

Merasakan Cepat Lelah.
Pada ibu hamil akan juga sering terjadi rasa cepat lelah. Hal ini karena semua organ dalam tubuh sang ibu hamil bekerja lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan baik bagi sang ibu atau pun bagi sang janin. Selain karena memang banyaknya perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan. Selain itu dengan bertambah besarnya usia kehamilan maka beban akan bertambah bagi sang ibu pula.

Munculnya Bercak Darah atau Flek Yang Diikuti Kram Perut.
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.

Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

Tanda-tanda kehamilan pada wanita yang bisa dirasakan seperti yang telah diurakan diatas adalah sebagian dari tanda-tanda awal bahwa seseorang telah memasuki masa awal kehamilan. Hanya saja ciri wanita hamil dari satu orang wanita terhadap wanita yang hamil lainnya tidak akan selalu sama persis. Karena tergantung juga pada peningkatan dan perubahan hormon pada wanita yang bersangkutan.

Demikian tadi beberapa hal yang menyangkut mengenai tanda gejala pada awal kehamilan yang bisa dirasakan oleh seorang wanita ataupun seorang ibu. Untuk bisa memastikan tentunya juga dengan melakukan tes kehamilan yang bisa dilakukan dengan pemeriksaan darah ibu yang bersangkutan dan juga pemeriksaan USG. Simpelnya bisa dilakukan dengan menggunakan alat pemeriksaan tes kehamilan yang berupa test pack yang mudah didapatkan di apotik-apotik terdekat.

16 comments:

  1. Hehehe...membaca artikel ini membuat saya senyum sendiri Mas, karena waktu istri tercinta mengandung anak saya yang no 3, baru diketahui bahwa dia mengandung setelah kandungannya berusia 4 bulan

    ReplyDelete
  2. Ntar Mas kalau saya punya istri tanda-tandai ini saya akan perhatikan,berarti mudah mengenali tanda-tandanya yah :)

    ReplyDelete
  3. terima ksih infonya Mas, kebetulan nih Umi lgi Hamil muda, mau tanya nih, gmna cara mnegurangi mual2 yg trjadi dipagi har Mas,

    matur nuwun

    ReplyDelete
  4. terima kasih info-nya,semoga bermanfaat bagi yang belum mengalminya ya sob.

    ReplyDelete
  5. pasangan baru kahwin mesti tahu ini, saat ini mungkin buat sikit panik tapi menggembirakan.

    ReplyDelete
  6. terjadi sembelit sebagai ciri kehamilan, emmm,, sepertinya sudah digariskan secara naluriah agar kebutuhan bagi ibu yang mengandung dengan bayi yang dikandung bisa didapatkan secara optimal..

    ReplyDelete
  7. sudah hukum alam ga bisa ditolak ya rasa mual-mualnya dan pengen kencing terus-terusan

    hadech ko jadi ngebayangin kapannya hamil ...

    ReplyDelete
  8. yang nomer 1 apa tidak ada penambahan ukurannya ya sob :)
    ini info yang bermanfaat pokoknya

    ReplyDelete
  9. Wah...nih patut diketahui juga untuk suami-suami, nambah ilmu lagi nih. terima kasih telah berbagi

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum ...sahabat ku di sana ....

    Lama tak kunjungu entri sahabat, terasa rindu pulak!!!

    Sangat menarik info ini, bagaimana sesorang wanita hamil, bagaimana cara nak tahu ianya hamil atau tidak? Ini lebih bererti jika yg baru mendirikan rumahtangga. Pasti hidup mereka lebih bererti jika dpt kehamilan. Bakal menimang cahaya mata yg sulung/pertama.

    ReplyDelete
  11. trimakasih buat artikelnya sobat, salam sukses selalu dan happy blogging and keep posting

    ReplyDelete
  12. bahasan seputar tanda kehamilam yang sangat menarik mas, sueer istriku sudah 2 kali hamil tapi tidak memperhatikan sebegitu detailnya. yang umum saya ketahui kalau mual doang.

    ReplyDelete
  13. Info yang wajib di ketahui oleh pasangan suami isteri.. terima kasih mas atas infonya

    ReplyDelete
  14. setuju..untuk memastikan sebaiknya ke dokter kandungan, karena banyak gejala serupa yang dialami oleh wanita, namun bukan kehamilan karena ada indikasi penyakit lain yang menyebabkan hal itu :-)

    ReplyDelete
  15. Jadi kepingiinn cepatt hamil neehhh...heheehe...
    Thank sobb info ny

    ReplyDelete