Syarat Harga Rumah Murah Program Jokowi

Lokasi alamat pembangunan sejuta rumah murah program pemerintahan presiden Jokowi dan kisaran harga rumah per unit di Provinsi di Indonesia telah dicanangkan. Dan harga rumah murah ini berbeda dari tiap-tiap provinsinya.

Tujuan manfaat alasan program sejuta rumah murah dibangun dan didirikan pemerintah ini adalah untuk memenuhi kekurangan rumah di Indonesia yang mencapai 13,5 juta unit dan ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Presiden Joko Widodo menargetkan program sejuta rumah murah akan selesai tahun ini. Program ini menyasar kebutuhan masyarakat kelas menengah-bawah yang belum memiliki rumah sendiri.

Untuk tahun ini program sejuta rumah akan dibangun serentak di delapan provinsi Di Indonesia yaitu diantaranya di provinsi Jakarta, provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Papua.

Syarat Harga Rumah Murah Program Jokowi

Harga Rumah Murah Di Program Sejuta Rumah


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan program pembangunan satu juta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia.

Pembangunannya tidak semua memiliki tipe rumah tapak, melainkan juga ada yang berupa rumah susun. Banyak keunggulan yang ditawarkan pemerintah dari program satu juta rumah tersebut.

‎Maurin Sitorus selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PU-Pera mengatakan bahwa keunggulan kelebihan dari program rumah murah ini adalah memiliki uang muka (down payment/DP) yang sangat rendah seperti informasi yang dilansir dari liputan6.com.

Berikut kisaran harga rumah murah program Presiden Jokowi seperti dilansir resmi dari laman website Sekretariat Kabinet di 8 provinsi yaitu :
  • Wilayah Jabodetabek Rp 120 juta per unit.
  • Pulau Jawa (selain Jabodetabek) Rp 105 juta per unit.
  • Sumatera (kecuali Bangka Belitung) Rp 105 juta per unit.
  • Kalimantan Rp 118 juta per unit.
  • Sulawesi Rp 110 juta per unit.
  • Papua dan Papua Barat Rp 165 juta per unit.
Untuk mempercepat terealisasinya program ini, Pratikno menambahkan, Presiden Jokowi telah memerintahkan jajarannya untuk membuat atau mengubah kebijakan yang sudah ada.

Kebijakan itu antara lain peningkatan batas atas rumah yang bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari maksimal harga Rp 140 juta menjadi Rp 300 juta.

Rumah yang dibangun dengan memakai Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau rumah bersubsidi ini, nantinya akan dijual dengan harga relatif murah dan bunga cicilan rendah.

"Kalau rumah komersial uang muka dipatok 20 persen, rumah bersubsidi ini hanya menetapkan uang muka sebesar 1 persen dari harga jual. Begitu pula bunga kreditnya hanya sekitar 5 persen yang bisa dicicil hingga 20 tahun," kata Pratikno.

Persyaratan Untuk Bisa Membeli Rumah Murah


Rumah murah yang masuk dalam program sejuta rumah untuk Rakyat dari Pemerintah dan Presiden Jokowi ini ada beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa membeli dan memiliki rumah murah tersebut.

Berikut informasi yang dilansir dari bisnis.liputan6.com tentang ketentuan kriteria syarat membeli rumah murah antara lain adalah seperti yang dijelaskan oleh Maurin Sitorus :
  1. Harus masyarakat yang memiliki penghasilan maksimal Rp 4 juta untuk rumah tapak, kalau untuk rumah susun maksimal penghasilan Rp 7 juta per bulan.
  2. Para calon pemilik rumah harus belum pernah menerima fasilitas pembiayaan perumahan dari pemerintah. Maksudnya adalah bahwa jika ingin mendapatkan rumah yang masuk program satu juta rumah ini khusus untuk kepemilikan rumah pertama. Misalnya mereka sudah pernah mengajukan rumah subsidi, berarti sekarang sudah tidak bisa lagi.
  3. Uang muka pembelian rumah murah ini adalah hanya 1 persen dari harga rumah secara keseluruhan. Sedangkan untuk biaya angsuran bisa dimulai dengan harga Rp 600 ribu per bulan, tergantung perjanjian kontrak angsuran.
Meski ini merupakan program pemerintah, namun pembangunannya tetap dilakukan melalui pengembang (developer).‎ Dengan demikian Maurin tetap mengimbau masyarakat untuk lebih aktif dalam mencari rumah-rumah tersebut di wilayah yang diinginkan.

2 comments:

  1. Apa kabar bang lama ga kemari saya dan pula saya lama juga nih ga update ditambah domainnya mati kemaren..hahahyyy

    ReplyDelete
  2. kalau penghasilan per bulan 1 jt gmna itu.... khusus nya aceh di pidie..
    kan untuk yang kurang mampu...
    ada pertimbangan???

    ReplyDelete