Pola Hidup Sehat

Kesehatan adalah sebuah karunia nikmat Allah yang wajib kita syukuri. Salah satu jalan dan caranya yaitu dengan menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari maka itu juga demi menjaga kesehatan kita. Banyak beragam kehidupan yang sehat dan cara hidup sehat perlu kita pula untuk pelajari dan manfaatkan bersama.

Pola hidup sehat ini dalam benak sebagian besar manusia umumnya berpendapat bahwa hidup sehat adalah pola hidup yang akan menjadikan kita lebih sehat dan jauh dari yang namanya penyakit. Itu tidak salah juga. Karena pikiran awal kita kalau berfikir mengenai kehidupan sehat tidak terlepas dari itu.

Ada juga yang mengartikan bahwa pengertian pola hidup sehat adalah bagaimana kita menjalani kehidupan yang sehat. Karena dengan menjalani kehidupan yang sehat akan banyak manfaat yang kita peroleh. Terjauhkan dari sakit, merasakan kehidupan yang menyenangkan dan sebagainya.

Pola Kehidupan Yang Sehat

Beberapa kiat menjalankan pola hidup sehat yang dapat kita coba terapkan dan praktekkan adalah :
  1. Konsumsi makanan sehat. Mengkonsumsi makanan yang sehat diantaranya yaitu dengan memperbanyak sayuran hijau, buah-buahan dan menghindari makanan cepat saji. Menghindari makanan yang berkolesterol tinggi juga baik untuk kesehatan jantung kita. Dan inilah salah satu bagian dari hidup sehat.
  2. Melakukan Olahraga teratur. Olahraga adalah jenis kegiatan yang seringkali kita lupakan atau sepelekan. Terkadang karena aktifitas pekerjaan kita, kesibukan pekerjaan kita dan alasan-alasan lainnya. Padahal olahraga yang ringan asalkan rutin akan banyak mendukung kesehatan kita dan juga termasuk dalam pola hidup sehat. Banyak manfaat olahraga yang kita peroleh dari olahraga itu sendiri. Diantaranya yaitu mengurangi stress dan depresi, menjaga kebugaran tubuh, mengurangi faktor resiko diabetes melitus, menguatkan tulang-tulang, menurunkan tekanan darah tinggi.
  3. Istirahat yang cukup. Istirahat yang baik akan sangat membantu dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan istirahat yang cukup pula akan memberikan waktu bagi tubuh kita yang lelah dalam menjalani aktifitas sehari-hari untuk memulihkan diri dan juga memberikan waktu bagi tubuh untuk menyusun energi untuk aktifitas-aktifitas kita berikutnya
  4. Menciptakan lingkungan yang sehat. Menciptakan lingkungan yang sehat ini adalah dimulai dari diri kita sendiri dan juga dari hal yang terkecil. Contohnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena alam kita ini sudah terkotori dengan tangan-tangan manusia sendiri yang membuat polusi dan limbah-limbah yang tentunya membuat lingkungan kita menjadi tidak sehat.
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan menerapkan pola kehidupan yang sehat baik bagi diri kita sendiri ataupun bagi keluarga-keluarga kita tercinta.

0 komentar: