Diet Penderita Diabetes Melitus

Diet Penderita Diabetes Melitus DM - beberapa hari yang lalu tepatnya adalah tanggal 14 November diperingati sebagai hari diabetes melitus di seluruh dunia. Tanggal tersebut diperingati sebagai tanda mengenang jasa penemu insulin yang lahir 14 november yaitu Frederick Banting yang bekerja sama dengan Charles Best. Insulin kita kenal adalah jenis obat yang membantu dalam hal menurunkan gula darah yang tinggi pada pasien dengan Diabetes Mellitus DM.

Beberapa hari vakum karena memang menunggu bapak yang sakit di rumah sakit dan juga setelah melakukan berbagai pemeriksaan kesehatan jantung dalam rangka mengobati bapak dan prosedur yang terakhir kemarin alhamdulillah pemasangan cincin jantung bapak telah berhasil dengan baik dan lancar. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih kepada sahabat-sahabat semuanya yang turut serta mendoakan kesembuhan bapak/ayah saya dan semoga Allah membalas kebaikan sahabat-sahabat semuanya dengan berlipat ganda kebaikan aamiin...aamiin.

Diet Penderita Diabates Melitus

Kembali dalam pokok bahasan kita ini yaitu mengenai diet untuk penderita diabetes melitus. Karena kita tahu bahwasannya resiko diabetes melitus ini ada diantara dan sekitar kita sendiri. Yang penting bila memang telah menderita kemcing manis ini maka pengendalian gula darah memegang peranan yang penting dalam rangka pencegahan komplikasi organ yang dapat terjadi di kemudian hari. Komplikasi Diabetes Melitus DM yang seringkali terjadi diantaranya yaitu :
  1. Gangguan penglihatan.
  2. Katarak dini.
  3. Tuli.
  4. Stroke.
  5. Serangan jantung.
  6. Kerusakan otot tubuh.
  7. Sendi lutut yang nyeri terus-menerus.
  8. Gangguan ginjal. Bisa juga sampai dengan gagal ginjal
  9. Kaki yang muncul luka dan sulit sembuh bahkan kadang sampai membusuk sehingga memerlukan perawatan diabetes melitus
Dan kontrol pengendalian gula darah pada DM ini bisa dilakukan denan berbagai cara pula dan diantaranya yaitu dengan pengaturan diet DM, penurunan berat badan, perubahan pola hidup yang sehat seperti halnya dengan melakukan olahraga teratur dan juga penggunaan pemberian obat bila kadar gula masih dalam taraf nilai yang lebih tinggi dari normal. Dengan kita mengetahui beberapa hal mengenai diet penderita diabetes mellitus ini maka diharapkan berbagai macam komplikasi di atas bisa kita minimalisasi sedikit mungkin.

Dalam rangka menjalankan diet sehat penderita DM ini dengan memilih pola makan dan perlu diketahui bahwasannya inti dari diet DM adalah dengan mengurangi karbohidrat yang berlebihan dalam porsi makan para diabetisi. Karbohidrat pada diabetes melitus ini akan diuraikan menjadi glukosa yang merupakan gula sederhana agar dapat diserap tubuh. Karbohidrat bisa berupa beras, gandum, sagu, jagung, ketela singkong, dan juga roti.

Maka diet yang baik penderita diabetes melitus ini adalah dengan protein 20-25 persen dari total kalori yang dikonsumsi tiap hari, karbohidrat 40%, lemak 30-35% dan serat. Makanan yang mengandung serat tinggi baik untuk dimakan, terutama untuk pada memiliki diabetes. Jurnal nutrisi menyebutkan bahwa memakan makanan tinggi serat akan menurunkan kadar lemak tubuh. Serat ini banyak kita jumpai dalam tumbuhan seperti halnya buah, sayuran, padi-padian dan kacang-kacangan. Idealnya tubuh kita bisa memakan serat sekitar 20-35 gram dalam tiap harinya.

Kegunaan dan manfaat makanan tinggi serat adalah menurunkan kolesterol, trigliserid, kadar gula, mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga menurunkan makan yang berlebihan dan menurunkan berat badan. Dan buah-buahan cukup banyak mengandung serat yang cukup tetapi banyak mengkonsumsi terlalu banyak juga akan bisa meningkatkan kadar gula darah, kacang juga mengandung serat yang cukup tetapi banyak memakan kacang juga bisa meningkatkan kadar asam urat. Sehingga serat yang paling mudah dikonsumsi adalah yang berasal dari sayuran dan juga oetmeal.

Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya sedikit ulasan mengenai diet penderita diabetes mellitus dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya.

13 comments:

  1. wah, artikel yg menarik sekali...
    hehehehehe, salam sukses ya,,, :)

    ReplyDelete
  2. Dit juga bisa terhindar dari penyakit diabetes,memeng teman saya juga karna kebanyakan makan sekarang mengidap penyakit itu.hi,jangan samapi ya sob.

    ReplyDelete
  3. Melihat tetangga yg menderita diabetes rasanya gak tega
    luka2nya gak bisa mengering
    menurut dokter kakinya hrus diamputasi
    dia menyerah saja, gak mau diamputasi
    lama tergolek ditempat tidur, akhirnya meninggal.
    Apa bener diabetes gak bisa sembuh total, injeksi insulin apa terus dilakukan selamanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diabetes melitus memang tidak bisa disembuhkan total hanya bisa kita menjaga agar kadar gula darah penderita diabetes bisa dalam kadar yang normal sehingga tidak menimbulkan komplikasi ke organ lainnya

      Delete
  4. Trimakasih sobat atas tips diet diabetes nya... Semoga sukses selalu dengan aktipitasnya

    ReplyDelete
  5. Alahamdulillah....kerena ayah/bapa saudara telah beransur sembuh dgn penyakit jantungnya, semoga kesihatan beliau terus bertambah baik.

    Di Malaysia ramai yg terkena penyakit diabetes/kencing manis atau ada gula dlm darah. Ramai juga yg kena potong anggota badan spt jari, kaki, tangan dsb.

    Semoga dgn artikel ini sedikit sebanyak dpt mencegah drp terkena penyakit diabetes.

    ReplyDelete
  6. Mas, penyakit ini kan genetik juga ya? apakah diet juga akan membantu mencegah jika keberadaan penyakit ini sudah given dari sebab turunannya.

    ReplyDelete
  7. jadi teringat dg tetangga sy...yang menderita penyakit ini...prihatin sekali melihat kondisi saat ini ...

    ReplyDelete
  8. selamat pgi genk. trmkasih gengk dah berbagi... ijin Flow genk. Flow Balik'y heheh..

    ReplyDelete
  9. jg sampe kita terkena penyakit sprti ini..., thx ilmux ya.. *smile

    ReplyDelete
  10. ngeri juga ya ternyata DM, pengaruhnya bisa komplikasi banyak sekali.

    ReplyDelete
  11. Infonya sangat bermanfaat.karena istri saya saat ini menderita DM...

    ReplyDelete