Tanda Serangan Jantung

Tanda Serangan Jantung - Sebuah pengalaman berharga dan tak akan pernah terlupakan dalam sepanjang hidup saya telah terjadi kurang lebih 14 hari yang lalu. Sehari-hari bekerja dalam unit pelayanan jantung dan merawat pasien-pasien jantung tak akan pernah menyangka bahwasannya ayahanda sendiri mengalami salah satu jenis penyakit yang paling mematikan dalam dunia kesehatan yaitu serangan jantung.

Serangan jantung atau dalam istilah medisnya adalah infark miokard akut (AMI) pernah juga ditulis dalam blog keperawatan ini. Bila sahabat ingin mengetahui lebih lanjut mengenai miokard infark sahabat bisa membacanya di Akut Miokard Infark.

Ada beberapa faktor resiko serangan jantung koroner yang bisa kita kenali sehingga kita bisa mencegahnya. Beberapa faktor resiko jantung koroner diantaranya yaitu adanya penyakit hipertensi, adanya peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, kebiasaan merokok, dan riwayat keluarga dan juga penyakit Diabetes Melitus.

Dari beberapa resiko jantung koroner di atas, ayah saya alhamdulillah tidak memiliki satu hal pun dari hal tersebut di atas, hanya saja yang kurang adalah kadar kolesterol baik (HDL) ayah yang kurang dan kekurangan kolesterol baik juga termasuk dalam dislipidemia. Dan ternyata dislipidemia adalah juga salah satu faktor resiko terjadinya penyakit jantung koroner ini.

Tanda Gejala Serangan Jantung

Jadi walaupun keluarga kita atau pun kita sendiri tidak memiliki faktor-faktor resiko di atas, kita juga harus tetap hati-hati terhadap tanda gejala serangan jantung. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertanda dan juga gejala seseorang akan atau bahkan telah terserang jantung koroner dan tanda jantung koroner diantaranya yaitu :
  1. Rasa tertekan (serasa ditimpa beban, sakit, terjepit dan terbakar) yang menyebabkan sesak napas dan tercekik di leher. Dan yang dirasakan ayah ketika serangan terjadi adalah rasa seperti diiris-iris pisau jantungnya. Karena memang sensasi nyeri dada pada serangan jantung berbeda-beda pada tiap orangnya.
  2. Rasa Nyeri Dada dan sakit dada ini bisa berlangsung sekitar 15-20 menit. Dan yang terjadi pada ayah adalah nyeri dada berlangsung lama bahkan sampai berjam-jam rasa sakit dadanya. Sampai pada pemeriksaan laboratorium darah kadar CKMB ayah adalah 635 sedangkan kadar normalnya adalah sekitar 20-25 saja.
  3. Timbul keringat dingin, tubuh lemah, jantung berdebar dan bahkan hingga pingsan. an yang terjadi pada ayah saya adalah keringat dingin yang terus menerus sampai baju basah kuyup oleh keringat dingin walaupun sudah berganti 3 kali baju dan ketika serangan jantung terjadi ayah sempat pingsan sampai di bawa ke UGD dan masuk dalam perawatan intensif ICU Rumah Sakit.
  4. Rasa nyeri dada pada infark miokard akut bisa berkurang ketika sedang beristirahat dan akan bertambah berat ketika melakukan aktifitas bahkan walau hanya aktifitas ringan saja.
  5. Mual (rasa tidak enak pada perut), muntah. Dan inipun yang terjadi pada ayah. Rasa mual yang berlebihan bahkan sampai muntah beberapa kali.
Itulah sahabat-sahabat semuanya sedikit mengenai tanda serangan jantung bila menimpa seseorang dan hal tersebut benar-benar dialami ayah saya. Untuk itulah kita harus benar-benar hati-hati dan mewaspadai akan jantung koroner ini karena bila tidak segera tertangani dengan baik akan bisa menimbulkan kematian.

Alhamdulillah setelah melalui tahap perawatan di ruang intensif ICCU pada hari kamis kemarin tanggal 8 November 2012 ayah telah melaksanakan prosedur pemeriksaan jantung invasif yaitu kateterisasi jantung dan hasil dari pemeriksaan kateterisasi jantung tersebut ayah memang diharuskan di pasang cincin atau stent jantung.

Bagi sahabat yang ingin mengetahui apa itu cincin jantung dan juga prosedur tindakan dalam pasang stent jantung ini bisa membacanya di PCI dan juga pemasangan cincin jantung.

Kepada sahabat-sahabat mohon bantuan doanya demi lancarnya pelaksanaan pemasangan cincin jantung ayah saya ini sebagai salah satu cara terapi dan pengobatan pada pasien-pasien dengan serangan jantung /infark miokard akut.

Dan semoga pengalaman yang saya rasakan ini tidak akan terjadi pada sahabat-sahabat semuanya dan kita harus bisa menjaga kesehatan kita termasuk kesehatan jantung kita sendiri sebelum semuanya bisa terlambat nantinya.

18 comments:

  1. semoga pemasangan cincin jantungnya berjalan lancar dan ayahanda segera sehat dan berkumpul dan bercandaria kembali...aaamiiiin.

    baca ini sya jadi mendeteksi dirisendiri, apakah jantungku sehat?soalnya ada riwayat diabetes dikeluarga...
    terimakasih kang.
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  2. sungguh ilmu yang sangat bermanfaat..

    terima kasih sahabatku telah berbagi.
    semoga ilmu menjadi amal ibadah sobat dan mengalir kepada orang tua sobat..aamiin

    ReplyDelete
  3. wah, serem juga ya serangan jantung tu... Semoga Allah memberikan kesehatan pada kita semua,,,

    ReplyDelete
  4. wah tidak pernah diperkirakan ttg kesehatan dan sakit yang akan kita terima,,,
    ane sering mula2 dan keringat dingin sob tapi waktu keadaan lapar, tu termasuk jantungan gak..? hheeee

    ReplyDelete
  5. ehm... ternyata memang penyakitnya punya tanda tandanya ya. saya harus berhati hati kalau begitu ya.. makasih ud share pengalaman berharga gan.

    ReplyDelete
  6. smg sj kita semua terhindar dr penyakit jantung..., menakutkan!

    ReplyDelete
  7. harus hati2 dengan tanda2 diatas , supaya ga sampai menyerang jantung ...

    yang sakit semoga segera sembuh... amin ...

    ReplyDelete
  8. moga Allah permudahkan semuanya dan ayahnda tercinta kembali sihat seperti sedia kala
    amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamin.aamiin kak siti. Terima kasih atas bantuan doanya ini

      Delete
  9. semoga berkat maal hijrah ni , allah permudakan semua urusan pemasangan cincin jantung tu ye dan semoga ayah kembali pulih .. amin ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alham dulillah berjalan lancar dan terima kasih atas doanya sahabat puanbee

      Delete
  10. Semoga ayahnya cepat sembuh.. Jantung harus dijaga sebaik-baiknya agar tetap sehat

    ReplyDelete
  11. Semoga terapi pemasangan cincin jantung ayah anda agan berjalan lancar dan selalu di beri kekuatan oleh Allah s.w.t untuk menjalani semuah..

    ReplyDelete
  12. mendengar cerita dari anda mengingatkan terhadap diri saya yang pada waktu tanggal 12 nov 2012 kemarin saya kena serangan jantung yang sebelumnya saya tidak punya history mengenai penyakit ini. umur saya 39 thn, berat saya normal, saya senang olah raga dan makan juga tidak pernah makan makanan yang mengandung lemak banyak. ini hanya berbagi cerita aja, ciri2 yang terjadi terhadap saya adalah :Rasa Nyeri Dada dan sakit dada (saya pikir masuk angin) lalu keringat dingin, tubuh lemah, jantung berdebar dan pingsan di tempat kerja sampai akhirnya di bawa ke UGD.

    Kepada anda Semoga ayah anda berhasil dalam pemasangan cincin. dan jangan lupa berdoa pada Yang Maha Kuasa. Saya percaya dengan Doa dan Iman kita pasti akan selamat... Salam M.D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah berjalan dengan lancar tindakan operasinya sahabat

      Delete
  13. semoga ayah anda cepat sembuh..

    ReplyDelete