Mendidik Anak Dalam Kandungan

Tips Cara mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan ~ Setiap orang tua tentunya menginginkan buah hati dan anak-anaknya menjadi anak yang cerdas serta juga sholeh dan sholehah. Tidak ada seorang pun orang tua dalam dunia ini menginginkan anaknya tidak berhasil baik itu dalam kehidupan dunianya terlebih dalam kehidupan akheratnya kelak. Maka diperlukan akan akan pengetahuan dan bagaimana cara mendidik anak dalam kandungan menurut Islam.

Pastilah impian orang tua anak-anaknya berhasil dengan baik serta mencapai kesuksesan dalam kehidupan dunia dan juga kehidupan nan kekal di akhirat. Berbagai macam cara tips mendidik bayi dalam kandungan telah banyak pula diungkap oleh para ahlinya dengan beragam cara agar anak menjadi cerdas dan pandai serta meraih kesuksesan. Dan ini adalah bagian sebelum kita orang tua Menyambut Kelahiran Buah Hati Anak di dalam keluarga nantinya.

Hanya saja seringkali pendidikan agama sering terlupakan padahal pendidikan agama adalah pondasi paling penting dalam mendidik anak. Selain dari pendidikan agama contoh serta tauladan yang baik dari orang tua serta lingkungan yang baik adalah hal yang tidak boleh dilupakan untuk bisa mendidik dan mengarahkan anak-anak kita mengenal akan Islam dan segala hal yang berkaitan dengan agama Islam yang kita anut.

Tips Cara Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan

Lahirnya anak cerdas dan sholeh-sholehah tidak bisa juga ditentukan secara medis maupun kecukupun gizi saja. Keduanya hanyalah faktor pendukung dan yang tak kalah penting adalah dengan disertai pendidikan agama sejak dalam kandungan.

Untuk bisa mendapatkan anak yang baik sehat secara fisik dan mental maka dibutuhkan amalan serta metoda pendidikan yang tepat saat dalam kandungan maupun setelah melahirkan. Dan jangan lupakan pula dalam hal Memberi Nama Yang Baik Kepada Anak setelah buah hati kita selamat dan sehat melalui proses persalinannya.

Cara yang ditempuh dalam metoda pendidikan ini diantaranya yaitu dengan melakukan banyak berdoa, memperdengarkan ayat suci Al-Qur'an dengan cara memperbanyak membacanya dan juga mengajak dialog janin dalam kandungan serta menjaga perilaku ibu selama mengandung dan kehamilan.

Tips cara mendidik anak dalam kandungan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah metoda pendidikan anak semenjak dalam kandungan dan diantaranya yaitu dengan :

Membacakan Doa.
Ada berbagai cara metoda doa serta doa-doa agar mendapatkan anak sholeh yang diajarkan oleh Nabi dan juga orang-orang Sholeh dahulu yang bisa kita pelajari dan dipraktekkan. Ada Doa Nabi Zakariya yaitu yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Ali Imran : 38 yang artinya :"Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar Doa..(QS. Ali Imran (3);38 ).

Kata anak yang baik mengandung makna jadikanlah anak kami yang shaleh, berakhlaq mulia, dan beradab agar sempurna nikmat dunia dan akheratnya. Ada juga doa Nabi Ibrahim yang tercantum dalam Al-Qur'an surat As Shaafaat :100 dan An Nahl : 78.

Para nabi dan orang- orang shalih terdahulu banyak melakukan doa ini, seperti nabi ibrahim (Ash- Shaffat:100, al- Furqan: 74), keluarga imran (ali imran : 38), nabi zakariya (al- anbiya:89, maryam: 5), nabi nuh (nuh: 28) dan lain- lain

Membacakan Al-Qur'an.
Metoda mendidik anak semenjak dalam kandungan selanjutnya adalah dengan memperdengarkan tilawati Al-Qur'an. Diharapkan dengan anak bayi yang masih dalam kandungan dibiasakan oleh orang tuanya untuk mendengarkan tilawah Qur'an karena banyak manfaat dari mendenagrkan Al-Qur'an ini.

Kita ketahui fungsi pertama yang paling banyak digunakan janin dalam kandungan adalah fungsi pendengarannya maka kita optimalkan fungsi pendengaran janin untuk terbiasa mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an. Selain itu dengan kita membiasakan bayi dalam kandungan memperdengarkan Al-Qur'an maka ketika sang anak memasuki masa kanak-kanak ia akan lebih mudah dalam menghafal al-Qur'an.

Mengajak Berbicara.
Indera pendengaran mulai berkembang pada minggu ke 8 dan selesai pembentukan pada minggu ke 24. Indera pendengaran ini juga dibantu oleh air ketuban yang merupakan penghantar suara yang baik. Janin akan mulai mendengar suara aliran darah melalui plasenta, suara denyut jantung dan suara udara dalam usus. Selain itu janin akan bereaksi terhadap suara-suara keras, bahkan bisa membuat janin terkejut melompat. Untuk itu mengajak janin berbicara dengan mengelus-elus peut terutama saat organ pendengaran mulai berfungsi baik.

Ketika sang ibu mau berwudhu maka ajaklah pula sang janin berbicara dengan cara "Adik, ibu mau berwudhu karena wudhu adalah satu cara sebelum menjalankan sholat dan sholat adalah kewajiban tiap muslim untuk beribadah kepada Allah, Sang Pencipta Alam Semesta yang menciptakan segala kehidupan dunia ini termasuk ayah ibu dan juga adik" Dan biasanya respon janin dengan tendangan ke arah perut sang ibu.

Indera pendengaran mulai berkembang pada minggu ke 8 dan selesai pembentukan pada minggu ke 24. Indera pendengaran ini juga dibantu oleh air ketuban yang merupakan penghantar suara yang baik. Janin akan mulai mendengar suara aliran darah melalui plasenta, suara denyut jantung dan suara udara dalam usus. Selain itu janin akan bereaksi terhadap suara-suara keras, bahkan bisa membuat janin terkejut melompat.

Pada minggu ke 25 janin sudah dapat mendengar dan mengenali suara orang-orang terdekatnya seperti ibu dan ayahnya. Lakukanlah komunikasi dengannya meskipun hanya satu arah, bertilawah quranlah orangtua, bacakan cerita atau berbicalah dengan janin untuk lebih mendekatkan diri janin dengan orangtuanya dan lebih mengenal suara dari orangtuanya

Menjaga Perilaku Orang Tua.
Menjaga perilaku sangat penting dan dibutuhkan ketika masa kehamilan. Karena akhlak orang tua sangat berpengaruh terhadap akhlak anak-anaknya kelak, terutama ibu hamil. Mulai dari sikap, ucapan hingga perilaku. Menghindari hal-hal yang kurang baik tidak hanya ditekankan dalam masa kehamilan saja, namun juga sampai anak dewasa.

Sebab orang tua memegang peranan yang penting dalam menanamkan perilaku dan adab serta akhlak yang baik kepada anak-anaknya. Jika orang tua berperilaku baik maka diharapkan sang anak juga meniru serta mencontoh perilaku baik dari orang tuanya.

Semoga dengan kita mengetahui akan tips cara kiat mendidik anak semenjak dalam kandungan ini kita bisa mendapatkan anak-anak yang sehat, cerdas, berakhlak baik dunia serta akhiratnya aamiin..aamiin.

13 comments:

  1. semua tipsnya setuju, menjaga perilaku dan do'a pastinya ada efek positif ke bayi ya.. makasih..

    ReplyDelete
  2. Hello mas,

    Menarik sekali perkongsian ilmu mendidik anak ini. semoga bermanfaat untuk semua ibubapa..mudah-mudahan.

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi bang Ferry maaf baru bisa datang soalnya cuman pake HP aza nih,wahh ini bagus bang artikelnya buat yang mau merencanakan bikin anak kembali..haaahayyyy

    ReplyDelete
  4. Hello Mas..

    Bagus sekali dengan perkongsian ini. Semoga dapat dimanfaatkan oleh semua bakal ibu dan ibu yang sedang hamil!

    ReplyDelete
  5. Tips ini sepertinya wajib untuk di terapkan buat para suami yg punya istri yg lagi mengandung tentunya ya sob..

    ReplyDelete
  6. perlu diamalkan tip2 berguna ini untuk ibu2 dan ayah2 untuk berusaha supaya mendapat anak soleh dan solehah.

    ReplyDelete
  7. wah bermanfaat sekali.. makasih yaa.. kebetulan saya hamil 5 bulan ^^

    ReplyDelete
  8. ini baru cara yg Islami, pasti sangat berpengaruh perkembangan rohani si cabang bayi, dari pada cara2 yg katanya modern dg mmperdengarkan musik klasik untk mnstimulasi otak...trims tipsnya, bermanfaat bsa dishare buat ibu hamil

    ReplyDelete
  9. mas Ferry memang pinter. ngerti aja soal apapun.

    ReplyDelete
  10. sebaik cara sememangnya mendidik anak dari dalam kandungan

    ReplyDelete
  11. Subhanallah, makasih mas sudah di ingatkan.

    ReplyDelete
  12. Terimksh atas info y ...smga kt semua bisa menjalaninya amin...

    ReplyDelete