Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Memilih Jajanan Sehat

Memilih Jajanan Sehat Anak.Jajanan bagi seorang anak adalah merupakan sesuatu yang menyenangkan apalagi dalam usia sekolah.Kebiasaan membeli jajanan seringkali karena terpengaruh juga dari teman-temannya.Hanya saja apakah semua jajanan itu sehat dan juga menyehatkan bagi anak-anak kita.Itu yang perlu kita pikirkan juga sebagai orang tua.Memilih jajanan sehat yang sehat perlu kita ajarkan kepada buah hati kita agar terhindar dari hal-hal yang tentunya tidak kita inginkan.

Bila anak telah bersekolah, maka tentunya jajanan dengan berbagai macam dan ragamnya hampir semuanya tersedia.Kebanyakan jajanan yang di jual mengandung zat pemanis serta zat pewarna yang berlebihan.Untuk itulah kita sebagai orang tua perlu untuk memberikan arahan dan juga informasi yang baik kepada anak-anak kita dalam memilih jajanan sehat bagi anak kita.Dengan berbagai macam ragam jajanan di sekolah ataupun sekitar lingkungan rumah, tentunya kita sebagai salah satu konsumen tidak bisa menjamin akan kebersihan dan juga keamanannya dari jajanan tersebut.Yang tentunya hal ini tdak bisa kita pungkiri bisa menimbulkan resiko kesehatan bagi buah hati kita.

Memilih Jajanan Sehat, Blog Keperawatan

Dalam rangka memilih jajanan sehat anak ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan demi menjaga kesehatan.Berikut tips memilih jajanan sehat anak dan beberapa hal yang perlu kita perhatikan diantaranya yaitu :
  1. Memastikan bahwa jajanan yang dipilih dan juga dikonsumsi anak kita adalah aman.Aman untuk dikonsumsi karena pembuatannya memenuhi syarat higienis.
  2. Jika membeli jajanan perhatikan juga akan komposisi dari bahannya, kalau bisa menghindari jajanan yang manis bahkan terlalu manis karena hal ini biasanya memakai pemanis buatan yang berlebihan.
  3. Kemasan masih dalam keadaan bagus. Kemasan yang masih sudah rusak dalam jajanan sehat bisa menandakan kalau sudah ada proses kimia di dalam makanan tersebut. Barangkali, proses kimia itu bisa menyebabkan kandungan makanan yang ada jadi berubah membahayakan.Jadi, engajarkan anak kita agar jangan menerima makanan yang sudah rusak bungkusnya.
  4. Jajanan tersebut tidak memiliki akan warna, rasa, yang berlebihan dan juga bau / warna yang menyengat.
  5. Orang tua harus memastikan jajanan yang dipilih memiliki label bertuliskan snack aman dan tidak mengandung monosodium glutamat (MSG).
Selain hal tersebut orang tua, khususnya para ibu bisa menyiasati agar anak terhindar dari jajanan yang kurang sehat dengan berbagai maacam trik dan juga tips diantaranya yaitu dengan :
  1. Menyediakan menu sarapan sehat dan juga begizi. Sarapan pagi selain bisa membuat konsentrasi anak dalam hal belajar akan semakin baik, hal ini pun bisa membuat anak bisa menahan keinginan untuk jajan karena perutnya telah berisi.
  2. Menanyakan mengenai makanan kesukaan anak kita, dan juga mengajak buah hati untuk ikut serta berpartisipasi dalam membuat dan mempersiapkan bekal sekolah dalam hal ini jajanan.
  3. Memberikan uang jajan secukupnya dan jangan berlebihan, agar anak bisa membatasi frekuensi jajan dan selain itu hal ini juga bisa sekalian mengajarkan kebiasaan anak untuk menabung dan menyisihkan uang jajannya.
Hal yang tak kalah penting peranan orang tua dalam hal ini adalah dengan memberikan contoh yang baik dalam memilih jajanan sehat itu sendiri.Memberikan informasi yang edukatif disertai dengan contoh yang baik adalah metoda pendidikan dan pengajaran yang baik bagi anak-anak kita.


Sahabat membaca artikel mengenai Memilih Jajanan Sehat. Bila sahabat menganggap artikel Memilih Jajanan Sehat ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan