Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Sebab ASI Tidak Keluar

Penyebab ASI Tidak Keluar ~ Bagi setiap ibu bisa menyusui dan juga memberikan ASI nya adalah hal yang selalu diinginkan, walau pun beberapa wanita / ibu menyusui tidak mau menyusui atau memberikan ASI karena ada satu dan lain hal yang bisa menyebabkan faktor ibu menyusui sedikit produksi ASI nya.

Lain halnya bisa memang ASI tidak keluar dan itupun harus dicari mengapa produksi ASI sedikit pada beberapa kasus yang terjadi pada ibu yang sedang dalam masa menyusui. Pada beberapa ibu yang dalam masa menyusui terkadang ASI (Air Susu Ibu)-nya tidak bisa keluar atau pun berproduksi. Dalam keadaan normal faktor yang mempengaruhi produksi ASI, diantaranya adalah faktor Fisik dan Psikologis.

Bila kedua faktor tersebut tidak terpenuhi dengan baik atau pun mengalami hambatan dan gangguan maka tentunya produksi ASI akan mengalami gangguan dan hal ini bisa berakibat dan menyebabkan ASI tidak keluar. Maka persiapan ibu hamil menjelang persalinan juga perlu mendapat perhatian.

Penyebab ASI tidak Keluar

Faktor fisik ibu yang menyusui yang berpengaruh terhadap produksi ASI dan bisa menjadi sebab ASI tidak keluar adalah :
  • Asupan gizi ibu. Bila asupan gizi terpenuhi dengan baik, sebab ASI tidak keluar bisa diperkecil.
  • Faktor kesehatan dari ibu sendiri. Kesehatan ibu dalam hal ini memegang peranan yang penting dalam hal menunjang produksi ASI yang cukup, termasuk dalam hal ini adalah faktor hormonal dan istirahat yang cukup bagi ibu yang menyusui. Bila kesehatannya terjaga maka penyebab ASI tidak keluar dapat diminimalisasi.
Selain dari faktor fisik di atas, faktor psikologis juga turut berperanan dalam hal produksi ASI itu sendiri. Faktor psikologis yang berperanan diantaranya yaitu :
  • Rasa nyaman. Perasaan ibu dapat menghambat dan meningkatkan pengeluaran oksitoksin. Seperti perasaan takut, gelisah, marah, sedih, cemas, kesal, malu atau nyeri hebat akan mempengaruhi refleks oksitoksin yang akhirnya menekan pengeluaran ASI. Sebaliknya perasaan ibu yang bahagia, senang, bangga, memeluk dan mencium bayinya dapat meningkatkan pengeluaran ASI.
  • Yakin. Yakin bahwa dirinya bisa menyusui dan juga susunya bisa berproduksi dengan baik akan membantu dalam hal proses menyusui tadi.
  • Berpikiran positif.
Satu hal yang tidak kalah penting dalam hal ini adalah faktor dukungan dari sekitar dan orang yang terdekat, yaitu suami dan anggota keluarga lainnya. Dukungan suami maupun keluarga lain dalam rumah akan sangat membantu berhasilnya seorang ibu untuk menyusui. Begitu pula dukungan dari lingkungan pekerjaan tempat bekerja sang ibu bila sang ibu tersebut bekerja misalnya dengan tersedianya ruangan khusus untuk memerah ASI, lemari es untuk menyimpan ASI perah dan sebagainya.

Demikian tadi sahabat mengenai penyebab ASI tidak keluar dan semoga bisa memberikan manfaat. Satu hal lagi sahabat bahwa dukungan postif akan lebih membuat ibu merasa nyaman dan yakin akan pilihannya dalam memberikan ASI seoptimal mungkin. Dengan demikian, maka produksi ASI akan sangat mencukupi untuk si buah hati.
Sahabat membaca artikel mengenai Sebab ASI Tidak Keluar. Bila sahabat menganggap artikel Sebab ASI Tidak Keluar ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

1 komentar:

saudaraku udah dua kali melahirkan tpi ASInya gk kluar..
meski udh coba minumobat2tan dn jamu2 masih aja gk kluar...
akhirnya kdua anaknya di kasi susu kaleng yg ribet bikinya.
kira2 ada faktor lain gk..??

Balas