Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Persiapan Menjelang Persalinan

Persiapan Menjelang Persalinan. Melahirkan atau persalinan merupakan ujung dari proses mengandung atau hamil bagi seorang ibu yang telah menjalani proses kehamilannya selama kurang lebih 9 bulan. Dan bagi seorang ayah yang pertama kali akan mendapatkan pengalaman menjadi seorang ayah, maka dalam mempersiapkan persalinan atau persiapan menjelang kelahiran adalah sebuah pengalaman yang menegangkan. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam melakukan persiapan menjelang kelahiran ini.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati, apalagi bila kehadiran anak sangat diharapkan serta diidam-idamkan. Persiapan menjelang kelahiran yang terbilang cukup banyak mulai dari hal yang berupa persiapan fisik, mental, serta juga kebutuhan ibu selama dan setelah melahirkan dan satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam rangka persiapan menjelang persalinan ini adalah dalam hal dana untuk biaya persalinan dan seterusnya.

Tentunya dalam hal mempersiapkan persalinan dan kelahiran tidak dalam waktu yang dekat pada hari-hari akhir mendekati proses persalinan. Akan tetapi bila persiapan menjelang persalinan ini dilakukan jauh hari tentunya hasil yang diharapkan para orang tua bayi akan lebih baik lagi. Jika segala sesuatu memang telah dipersiapkan sejak awal dengan baik, tentunya bagi ibu hamil itu sendiri akan memberikan ketenangan dalam segi psikisnya dan juga nyaman dalam menghadapi persiapan kelahiran dan proses persalinan.

persiapan menjelang persalinan, persiapan menjelang kelahiran, Blog Keperawatan

Berikut beberapa hal yang dalam dilakukan dalam rangka persiapan menjelang persalinan baik itu dalam hal fisik kesehatannya atau pun dari segi support mental :
  1. Bagi ibu hamil yang sedang menjalani persiapan menjelang persalinan ini untuk bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan kandungan gizi yang diperlukan baik itu untuk kesehatan ibu hamil itu sendiri atau pun bagi kesehatan janin yang dikandungnya. Tentunya persiapan dalam hal menjaga kesehatan serta kecukupan gizi ini dilakukan sejak awal dalam kandungan. Bukan saja sewaktu menjalani proses persiapan menjelang kelahiran saja. Hindari pula makanan yang akan berpotensial memberikan gangguan kesehatan baik bagi sang ibu maupun sang janin. Diantara yang harus dihindari ibu hamil adalah alkohol, makanan dengan berbahan pengawet, dan juga makanan yang mengandung merkuri.
  2. Menjaga kebugaran tubuh ibu hamil dengan melakukan beberapa olahraga yang ringan saja. Kegiatan olahraga ini adalah dalam rangka menjaga kesehatan serta juga kebugaran bagi sang ibu. Olahraga ringan yang ringan bagi ibu hamil diantaranya yaitu senam hamil, berjalan kaki di pagi hari mauupun pada sore hari sekitar lingkungan rumah kita dan juga relaksasi yang ringan. Untuk lebih aman dan baikknya maka akan lebih baik bila hal ini dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan mengenai berbagai macam olahraga yang ringan bagi ibu hamil dan juga dianjurkan untuk ibu hamil.
  3. Pada saat memasuki trimester yang ketiga atau pada usia kehamilan yang telah melewati 7 bulan, sebaiknya beberapa olahraga yang tadi disebutkan dihentikan. Kecuali adalah jalan kaki dan relaksasi.Sebagai gantinya adalah dengan melakuan senam ibu hamil, karena pada dasarnya pergerakan dalam senam hamil tersebut membantu memudahkan dalam proses persalinan itu sendiri. Seperti halnya dalam hal mengatur posisi, mengatur nafas, dan juga cara mengejan yang benar. Itu adalah beberapa manfaat dari senam hamil.
  4. Persiapan psikologis adalah hal yang paling pokok bagi seorang ibu yang akan melahirkan. Apalagi pada seorang ibu muda yang akan melahirkan anak pertama. Persiapan mental juga merupakan faktor terpenting dalam mempersiapkan persalinan termasuk di dalamnya dukungan suami. Dalam hal ini meminta suami mendampingi dalam proses persalinan / kelahiran anaknya. Persiapan psikologis ibu hamil memang bagian penting yang tidak terpisahkan dari persiapan menjelang persalinan ini.
  5. Dalam segi persiapan psikologis juga maka meyakinkan diri bagi ibu hamil tentunya bahwa nantinya pada saat proses persalinan berlangsung, proses persalinan tersebut akan ditangani oleh orang-orang yang telah benar-benar berkompeten di bidangnya serta ditangani oleh tenaga kesehatan baik itu bidan atau pun dokter kebidanan dan kandungan yang profesional dalam menjalankan profesinya tersebut. Dengan meyakinkan diri ini bagi ibu hamil maka akan membuat kepercayaan diri meningkat dan mental ibu hamil akan semakin bertambah kuat.
  6. Satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam hal persiapan menjelang kelahiran dan persalinan serta dalam hal apapun tentunya adalah dengan berdoa agar nantinya dalam proses persalinannya bisa berjalan dengan lancar dan bagi ibu hamil serta anak yang dilahirkannya dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apa. Sehat dan terbebas dari kecacatan dan sejenisnya.
Demikian tadi sahabat sedikit mengenai persiapan menjelang persalinan dan semoga dengan kita mengetahui akan berbagai persiapan menjelang kelahiran ini akan memberikan manfaat serta berguna bagi kita semuanya.


Sahabat membaca artikel mengenai Persiapan Menjelang Persalinan. Bila sahabat menganggap artikel Persiapan Menjelang Persalinan ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan