4 Herbal Penghilang Nyeri

Nyeri pada tubuh, pada sendi dan pada bagian mana pun dari tubuh adalah salah satu hal yang tidak nyaman untuk dirasakan. Semakin hebat rasa nyeri yang diderita oleh kita, maka akan makin sulit kita beraktivitas dengan baik. Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan tentang konsep nyeri.

Karena itu, pada artikel ini kami akan mencoba untuk memberikan solusi alami untuk mengatasi nyeri, dan juga beberapa jenis obat herbal yang berupa beberapa makanan herbal yang bisa Anda coba untuk konsumsi dalam rangka melakukan pengobatan secara tradisional.

Herbal Untuk Menghilangkan Nyeri, obat-obatan herbal

Pengobatan Herbal apa saja yang dapat menghilangkan nyeri tersebut? Beberapa jenis macam obat herbal yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit di antaranya yaitu :
  1. Buah Anggur Merah. Anggur merah yang dimaksud di sini bukanlah minuman red wine yang memabukkan, melainkan buah anggur yang ditanam di tanah untuk dimakan, atau buah anggur merah. Buah anggur merah adalah salah satu herbal yang memiliki kandungan resveratrol yang cukup tinggi. Resveratrol adalah salah satu jenis anti oksidan yang membantu untuk menghambat enzim yang membuat degenerasi pada jaringan tubuh, yang mengakibatkan nyeri sendiri dan nyeri pada otot. Bagi Anda yang menderita sakit pinggang, ada baiknya juga untuk mencoba buah yang satu ini. Herbal penghilang nyeri yang satu ini menurut Rush University Medical Center, buah anggur dapat membantu untuk mencegah kerusakan pada kartilago yang merupakan salah satu penyebab sakit pinggang.
  2. Ginger (Jahe). Jahe tentunya bukanlah sebuah tanaman yang asing di Indonesia. Dan salah satu dari sekian banyak jenis obat tradisional di Indonesia. Herbal tradisional yang satu ini merupakan salah satu bahan alami yang banyak digunakan sebagai bumbu masak. Namun, ternyata manfaat jahe bukan hanya sebatas bumbu masak, karena jahe juga dapat dipakai untuk menghilangkan rasa nyeri pada tubuh. Herbal Jahe dapat membantu untuk menghilangkan sakit dengan cara menahan kenaikan jumlah prostaglandin yang merupakan salah satu penyebab nyeri dalam tubuh. Khasiat ini secara turun temurun sudah banyak diketahui dan digunakan di India. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami, para peneliti menemukan bahwa 2/3 dari pasien yang mengalami nyeri pada lutut merasakan bahwa nyeri yang diderita mereka berkurang setelah mengkonsumsi ekstrak jahe selama 6 minggu. Dosis yang disarankan adalah 500-1.000mg ekstrak jahe per hari. Dan jahe ini adalah salah satu jenis obat tradisional yang kita kenal dan merupakan warisan nenek moyang.
  3. Kacang Kedelai. Salah satu tanaman yang dapat dipakai untuk membantu menghilangkan nyeri adalah kacang kedelai. Tanaman yang satu ini juga banyak terdapat di Indonesia. Dari salah satu riset yang dilakukan Oklahoma State University ditemukan bahwa para penderita osteoarthritis yang mengkonsumsi 40g protein dari kedelai merasakan nyeri pada lutut mereka berkurang. Hal ini disebabkan karena kedelai mengandung isoflavon, sebuah zat yang memiliki sifat anti inflamasi (anti pembengkakan), yang membantu untuk mengatasi berbagai masalah nyeri pada sendi, terutama pada penderita osteoarthritis.
  4. Kopi (Kafein). Salah satu cara lainnya yang dapat dipakai untuk membantu mengurangi rasa sakit pada tubuh adalah dengan mengkonsumsi kopi, yang sudah menjadi minuman sehari-hari orang Indonesia. Mengapa kopi? Sebab kopi mengandung kafein yang terbukti dapat membantu untuk meningkatkan efek kerja berbagai suplemen yang dibuat untuk menghilangkan rasa nyeri (analgesik). Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan ambang toleransi rasa sakit yang dimiliki tubuh. Para peneliti dari University of Georgia menemukan bahwa para pasien yang meminum dua gelas kopi setelah berolahraga berkurang rasa sakitnya hingga hampir 50%. Dan ini adalah salah satu manfaat kopi untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan.
Pengobatan herbal adalah suatu jenis pengobatan yang menggunakan obat yang berasal dari tumbuhan yang diproses/ diekstrak sedemikian rupa sehingga menjadi serbuk, pil atau cairan yang dalam prosesnya tidak menggunakan zat kimia. Demikian adalah pengertian pengobatan herbal atau juga pengertian obat herbal itu sendiri. Karena dalam hal memberikan pengobatan dan penyembuhan secara menggunakan produk herbal ini juga semakin marak di Indonesia. Karena memang manfaat obat herbal bisa dirasakan oleh para penggunaannya.

Kesimpulan dan Saran
Demikian beberapa jenis makanan dan minuman herbal alami yang dapat Anda pergunakan untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang diderita. Jadi, untuk Anda yang cenderung menghindari obat-obatan kimia sintetis untuk menghilangkan nyeri, pakai saja berbagai obat herbal penghilang nyeri alami yang sudah dijelaskan di atas untuk membantu menghilangkan rasa sakit yang Anda derita. Semoga dengan kita mengenal akan herbal untuk nyeri ini bisa berguna serta memberikan manfaat.
Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis Tamu yaitu : Haryo Muslim Amanah, seorang penggemar dunia kesehatan dan dunia teknologi. Saat ini beliau aktif menulis berbagai artikel kesehatan dan mengelola web hliherbal.com

4 comments:

  1. Resep obat herbalnya top mas, sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. Tips yang menarik dari penulis tamu....bisa memberikan manfaat tuk semua

    ReplyDelete
  3. Wah...sudah rilis ya penulis tamunya Mas
    Informasi yang disajikan pun sangat bermanfaat

    ReplyDelete