Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Sistem Pelayanan Kesehatan

Pelayanan Kesehatan. Yang di maksud dengan pelayanan kesehatan adalah sebuah upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan baik itu perorangan, keluarga, kelompok, ataupun masyarakat. Demikian pengertian pelayanan kesehatan menurut Lovey dan Loomba.

Sedangkan yang dimaksud dengan sistem kesehatan suatu kesatuan dari serangkaian usaha teratur yang terdiri atas berbagai komponen guna mencapai suatu tujuan derajat kesehatan yg optimal bagi masyarakat.

Sedangkan yang dimaksud dengan sistem pelayanan kesehatan adalah suatu tatanan yang menghimpun berbagai upaya bangsa indonesia secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin derajat kesehatan yg setinggi-tingginya sebagai perwujudan kesejahteraan umum seperti dimaksud dalam UUD 45. Demikian yang dimaksud dengan sistem pelayanan kesehatan yang ada dalam negara kita ini.

sistem pelayanan kesehatan, Blog Keperawatan

Dalam pelayanan kesehatan kita juga mengenal akan tempat pelayanan kesehatan seperti halnya Rumah Sakit dan juga Puskesmas. Yang dimaksud dengan rumah sakit adalah sebagai suatu organisasi yang melalui tenaga medis profesional yang terorganisir serta sarana kedokteran yang permanen menyelenggarakan pelayan kedokteran, asuhan keperawatan yg berkesinambungan, diagnosis serta pengobatan penyakit yang diderita oleh pasien. Demikian pengertian rumah sakit menurut American Hospital association.

Sedangkan Fungsi Rumah Sakit adalah menyediakan dan menyelenggarakan :
  1. Pelayanan medik.
  2. Pelayanan penunjang medik.
  3. Pelayanan rehabilitatif.
  4. Pencegahan dan peningkatan kesehatan.
  5. Sebagau tempat pendidikan dan pelatihan tenaga medik.
Pelayanan kesehatan lainnya adalah apa yang disebut dengan Puskesmas atau Pusat Kesehatan Masyarakat. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten / kota yang bertanggung jawab menyelengarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja tertentu. Demikian pengertian puskesmas. Tujuan puskesmas adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang yg bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas, agar terwujud derajat kesehatan yg setinggi-tingginya.

Demikian tadi sahabat sedikit mengenai sistem pelayanan kesehatan dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat.
Sahabat membaca artikel mengenai Sistem Pelayanan Kesehatan. Bila sahabat menganggap artikel Sistem Pelayanan Kesehatan ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan