Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Tips Menghilangkan Stress

Adakah diantara sahabat-sahabat semuanya yang tidak mengalami apa yang dinamakan dengan stress? Pernahkan kita terbebas sama sekali dengan istilah satu ini yaitu stress? Yang kita ketahui mengenai stress ini adalah bila kita dalam keadaan mengalami ketegangan baik dari segi fisik, psikis, emosi dan juga mental kita. Seringkali pula ini dikaitkan dengan keadaan depresi. Padahal pada hakekatnya berbeda antara depresi dan stress ini.

Pengertian stress dapat kita artikan sebagai stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya. Keadaan stress akan dapat membuat produktivitas seseorang menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Pada dasarnya, stress adalah sebuah bentuk ketegangan, baik fisik maupun mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain.

Tips Cara Menghilangkan Stress

Selama hidup saya satu kali saya mengalami rasa stress yang paling puncak dan itu baru rasa rasakan. Begitu banyak hal pikiran yang berkecamuk dalam hati waktu itu. Kejadiannya memang belum lama ini yaitu sewaktu ayah mengalami sakit jantung koroner. Sungguh sebuah pengalaman yang tak akan terlupakan seumur hidup saya bagaimana keadaan ayah waktu itu dan perjalanan ke luar kota dalam rangka mencari pengobatan dan perawatan lebih lanjut.

Alhamdulillah sekarang ayah dalam keadaan sehat setelah melakukan berbagai macam perawatan dan pemeriksaan jantung. Dan dalam perjalanan perawatan ayah, saya juga sempat mengikuti kontes iPhone 5 Gadget Impian yang sewaktu itu juga sedang diadakan oleh sahabat blogger denaihati.com. Kegiatan kontes tersebut saya jadikan sebagai salah satu cara tips mengatasi stress yang berlebihan kala itu.

Kembali ke pokok bahasan kita kali ini yaitu mengenai stress. Di tengah padatnya pekerjaan ataupun rutinitas kita, stress adalah penyakit yang tidak pernah luput menimpa seseorang. Maka bila kita dalam kondisi seperti itu, maka upaya cara menghilangkan stress adalah solusi paling tepat.

Ada beberapa tips menghilangkan stress yang menimpa kita.
  1. Melakukan tindakan relaksasi. Relaksasi akan sangat membantu mengurangi stressor yang sedang menimpa kita. Dengan melakukan berbagai macam relaksasi akan membuat pikiran kita merasa lebih nyaman dan tenang. Terima semua perasaan sedih, kecewa, atau marah yang anda rasakan dan pasrahkan segala penyelesaiannya pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Banyak beristighfar adalah salah satu jalan yang dapat kita tempuh sebagai seorang muslim.
  2. Melakukan Aktifitas Olahraga. Olahraga merupakan salah satu cara penghilang stress yang baik. Olahraga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang karena lama bekerja. Berkeringat tatkala melakukan aktifitas olahraga akan berbeda jika dibandingkan saat bekerja. Menurut ahli kesehatan, berkeringat dapat membantu mengeluarkan racun-racun dalam tubuh, membersihkan pori-pori dan membakar kalori. Keringat yang kita keluarkan pada saat berolahraga juga dapat menurunkan stress karena hormon endorfin (hormon yang diproduksi tubuh pada saat mengalami perasaan bahagia) dan zat lain dilepaskan.
Dalam hal berolahraga banyak pilihan yang bisa kita lakukan dalam mengatasi dan juga menurunkan kadar stressor dalam tubuh kita seperti halnya dengan melakukan lari-lari santai di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Bisa juga dengan melakukan olahraga renang. Berenang juga banyak membantu mengurangi stress kita. Pengolahan nafas saat berenang juga membantu dalam relaksasi pikiran kita. Itu sedikit hubungan antara berenang dengan stress.

Itu adalah beberapa cara menghilangkan stress yang bisa dicoba. Tentunya dalam hal metoda manajemen stress masing-masing orang berbeda. Cara menghilangkan dan membuat rasa menjadi nyaman bagi seseorang yang sedang mengalami stress juga unik dan berbeda-beda tiap diri individu kita masing-masing. Sehingga dalam hal meredakan stressor kita bisa juga dengan pengalaman kita sendiri untuk bisa tetap fokus bila sesuatu seperti ini terjadi pada kita.
Sahabat membaca artikel mengenai Tips Menghilangkan Stress. Bila sahabat menganggap artikel Tips Menghilangkan Stress ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

10 komentar

Klo aq lgi stres biasanya tidur om heheheh
Tu pun klo bs tdr,,
Kunjungan malam om

Balas

hello mas selamat pagi,

terima kasih diatas perkongsian tips menghilangkan stress diatas, sangat membantu sekali..

Balas

utk hilangkan stress saya suka ke salon cuci rambut sambil massage kepala, lepas tu legalah, bila dah lega boleh melaksanakan solat atau mengaji al quran

Balas

OK Mas, relaksasinya layak dicoba nih. memang yang namnay stress itu tau2 bisa datang seiring dengan lingkungan yang tiba2 saja datang menekan.

Balas

kunjungan perdana sob :) sambil baca2
visit n koment back y dblogq :)
skalian follow ya nanti ak folback

Balas

Makasih tips nya gan..
Ntar saya praktekkan..

Balas

Terima kasih dengan pengkongsian tip menghilangkan stress ini. Saya menulis blog untuk mengurangkan stress.

Balas

tips kedua, dgn aktiviti olahraga atau senaman memang terbaik tapi semakin sukar disebabkan kekangan masa.

Balas

tmen semuax..sya butuh saran
sya mengalami stress yang berat sekali,.hingga skarang gak bisa smbuh,.



Balas

Sama nih aku juga sedang mengalami stress yang cukup berat. tapi setelah tahu banyak sekali orang diluar sana yang mengalami hal sama,semakin menurunkan rasa stress itu.
yang penting kita bisa kontrol pikiran ke hal-hal positif.
karena banyak yang mengalami hal yang sama..
banyak yang mengalami hal yang sama..
dan banyak yang mengalami hal yang sama..
pikirkan bahwa si setan sedang tertawa-tawa melihat usahanya berhasil menghancurkan kita sedikit demi sedikit.
jangan biarkan dia membuat kita semakin hancur. kasihan sekali kan sel-sel tubuh kita, organ-organ tubuh kita. mereka ikut sedih ketika kita sedih. mari kita sayangi tubuh kita.
dan selalu ingat pada Allah S.W.T.

maaf ya kata-katanya agak keluar kemana-mana, hhe..

Balas