Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Tanda Gejala Penyakit Asma

Penyakit asma ini dikenal dalam masyarakat awam dengan istilah bengek. Bengek ini adalah suara khas penderita asma ketika sedang kambuh atau disebut pula dengan mengi. Kita harus berhati-hati dan waspada bila ada anggota keluarga kita yang menderita penyakit asma ini karena datangnya juga tiba-tiba bila sedang kambuh dan serangan asma ini bisa berulang terjadi.

Pada dasarnya asma ini adalah peradangan kronik saluran nafas, sehingga bukan hanya penyempitan saluran nafasnya saja. Demikian yang diutarakan oleh Dr.Priyadi Wijayarko Sp.P staf dokter mitra spesialis Paru RS Telogorejo Semarang. Peradangan kronik ini akan menyebabkan saluran nafas menjadi hipersensitif. Saluran nafas akan mudah mengkerut jika terkena rangsangan baik itu rangsangan berupa cuaca atau sesuatu yang sensitif.

gejala penyebab penyakit asma

Biasanya peradangan ini menyebabkan dinding saluran nafas menjadi tebal. Dinding yang tebal ini menjadikan diameter saluran nafas mengecil. Selain itu juga akan juga menyebabkan produksi dahak atau lendir bertambah banyak sehingga akan menjadikan saluran nafas kian mengecil.

Gejala Asma bisa kita kenali dengan tanda awalnya adanya keluhan batuk, rasa berat dirasakan di dada, rasa seperti tertekan dan kemudian hal ini akan berlanjut yang menyebabkan seseorang itu akan menjadi sesak nafas. Tanda gejala penyakit asma yang paling ringan adalah batuk dan seringkali terjadi ada waktu malam hari sampai dengan menjelang pagi. Pencetus batuk pada asma oleh karena zat-zat tertentu apakah lewat makanan atau kontak makanan atau pun kontak hidup.

Penyebab penyakit asma bisa dikarenakan faktor keluarga (keturunan). Hal ini bisa kita ketahui tatkala kita anamnese pasien asma kita tanyakan apakah ada adik atau kakak, orangtua, atau kakek neneknya yang punya penyakit yang sama. Namun bisa juga bagi anak yang lahir dengan berat badan rendah, bayi sering batuk pilek menjadi salah satu gejala tanda asma. Bisa juga karena tidak kuat dengan polusi seperti halnya bila sang ayah merokok di rumah. Jadi asma adalah multi faktor, tidak selalu keturunan, tetapi ada hal-hal yang memudahkan terjadinya asma ini. Asma pada anak juga banyak terjadi pula di sekeliling kita.

Pengobatan asma yang dianjurkan adalah dengan tehnik cara pemberian obat secara inhalasi. Hal ini karena dengan pengobatan dengan obat inhalasi ini bekerja langsung di target organ yang sakit tersebut. Pilihan obat inhalasi untuk penderita asma ini jika digunakan dalam jangka waktu lama relatif aman. Karena dosis yang diberikannya pula sangat rendah. Tentunya hal ini pula harus atas anjuran dokter dan tim medis pula.

Pada penyakit apapun jika kita lebih dini mengetahuinya tanda serta gejalanya maka pengobatan akan menjadi lebih mudah. Jika pengobatan tidak kuat maka kambuhnya penyakit asma akan sering terjadi. Sehingga mengenali asma perlu pula kita ketahui bersama.
Sahabat membaca artikel mengenai Tanda Gejala Penyakit Asma. Bila sahabat menganggap artikel Tanda Gejala Penyakit Asma ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

17 komentar

saya dulu sering ngalamin tanda" kaya gitu,,tapi alhamdulillah sekarang udah gak terlalu banget,,cukup rutin minum airputih anget tiap pagi n sebelum tidur..sekedar tambahan tips ya sob,,selamat tahun baru...

Balas

met siang sobat met tahun baru sobat. smga di thun baru,ini semakin sukses Amin

Balas

Emm sy asma apabila makan makanan berasaskan jeruk/asam..hehe

Balas

saluran pernafasan mengecil ya

Balas

Bang fery, wah....tepat nih artikelnya. menambah referensi untuk penyakit ini, anak saya biasanya mengalami gejala asma. terima kasih. Wah perjalannan yg panjang ngurus contes. sampai terbitan posting nggak karuan. pertama ikut contes langsung Contes Besar dan Hebat, sempat putus asa karna nggak punya teman/rekan ketemu dengan rekan fery, bang iwan, dan rekan blog malaysia lainnya. menjadi semangat lagi. maaf nih agak panjang komentarnya, udah nggak mengarah ke postingnya. Oke sukses juga untuk rekan Fery Irawan the best friend.

Balas

mas, benarkah kalo penyakit kulit bisa berdampak pada asma yang diceritakan di atas?

Balas

Minum air hangat akan bisa membantu

Balas

Benar kak Siti sehingga akan bisa membuat sesak nafas dan bunyi yang khas bagi para penderita Asma ini

Balas

Berkenalan dengan Bang Idham juga merupakan kehormatan bagi saya. Kontes telah berakhir dan kita nantikan pengumuman dari penganjur kontes hebat ini.
Semoga Bang Idham bisa masuk dari salah satu pemenangnya juga.
Sukses juga buat Abang dan sahabat-sahabat blogger lainnya

Balas

penyakit kulit seperti apa sahabat zachflazz...? Asma pencetusnya adalah alergi terhadap sesuatu hal. Bila penyakit kulit juga karena alergi maka bisa menjadi pencetus asma pula

Balas

denger2 cuaca dingin juga jadi penyebab kambuhnya Asma ya gan... wah kasian nih, sekarang musim hujan e

Balas

penyakit asma boleh boleh sembuh sepenuhnya dgn pengobatan yg betul yer? atau bergantung jug pada tahap sakit..

Balas

Sepanjang pengetahuan saya kalau asma tidak bisa disembuhkan total sahabat Denaihati, hanya bisa dijaga agar tidak kambuh saja asmanya

Balas

Mas kalau sering kagetan trs sesak nafas kenapa ya..?

Balas

Penyakit asma memang mengkhatairkan ya sob,bahkan tetangga saya karna penyakit ini inalillahi sob mungkin juga karna lansia kali,alhamdulillah saya terhindar dari penyakit yang satu ini.terima kasih sudah berbagi.

Balas

gejala penyakit yang menyesakkan
saya sangat takut dan ngeri dg asma...

Balas

?Tanda gejala penyakit asma yang paling ringan adalah batuk dan seringkali terjadi ada waktu malam hari sampai dengan menjelang pagi."

hmm sy dah lupa apakahh dul epernah begitu atau tidak.. hehe

Balas