Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Cara Agar Produksi ASI Banyak

Ketika seorang ibu selesai dan melampaui tahap proses kelahiran bayi, maka tugas ibu tidak berakhir di sini. Ada masih banyak tugas peran seorang ibu dan salah satunya adalah dengan memberikan ASI kepada sang bayi. Hanya saja tidak sedikit pula yang mengalami kesulitan ketika memberikan asinya. Salah satunya adalah ASI tidak keluar banyak, atau juga asi tidak lancar keluarnya.

Ketika seorang ibu yang baru mempunyai bayi dan keinginan untuk bisa memberikan ASI nya besar sedangkan dalam beberapa kenyataan produksi ASI nya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Maka pengetahuan cara agar ASI keluar banyak atau pun tips agar ASI lancar keluarnya harus dimiliki dengan baik pula. Dan peranan tugas ibu dalam pemberian ASI juga berlanjut terus sampai dengan anak berumur 2 tahun.

Cara Tips Produksi ASI banyak

Hal ini juga berkaitan erat dengan pemberian ASI eksklusif. ASI Eksklusif adalah pemberian Air Susu Ibu saja kepada bayi umur 0 – 6 bulan tanpa diberikan makanan atau minuman tambahan. kecuali dalam kondisi tertentu sang bayi sakit dan membutuhkan obat sebagai terapi penyembuhan. Demikian yang dimaksud dengan pengertian ASI Eksklusif tersebut. Karena begitu besar manfaat dan keutamaan ASI Eksklusif ini maka pada umur bayi 0-6 bulan harus diusahakan secara benar-benar agar ibu bisa memberikan ASI eksklusif ini.

Ketika kita membicarakan mengenai produksi ASI ibu yang menyusui maka ada hormon yang mempunyai pengaruh besar dalam hal memproduksi air susu ibu ini. Kedua hormon tersebut adalah Prolaktin dan Oksitoksin. Prolaktin mempunyai peranan yang besar terhadap produksi ASI ibu. Sedangkan pada hormon oksitoksin lebih dominan pengaruhnya dalam hal pengeluaran ASI itu sendiri.

Hal ini juga tidak terlepas dari pengaruh nutrisi serta gizi yang dikonsumsi oleh seorang ibu yang sedang menyusui. Semakin baik kadar gizi yang bisa dipenuhi maka akan semakin baik produksi ASI nya dan kelancaran sang ibu dalam memberikan asinya juga akan semakin baik dan tentunya akan berbuah manfaat yang banyak sekali bagi para bayi yang mendapatkan ASI dari ibunya.

Berikut beberapa tips cara agar ASI lancar dan banyak keluar diantaranya yaitu :
  1. Memenuhi kebutuhan gizi nutrisi ibu hamil dengan baik. Bila pemenuhan kebutuhan akan hal ini terpenuhi dengan baik maka diharapkan dari tujuan ini adalah ASI yang keluar dapat lancar serta juga memberikan ASI eksklusif. Beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan produksi dan kelancaran ASI diantaranya yaitu sayuran hijau, sayuran bening.
  2. Semakin meningkatkan dalam hal pemberian ASI itu sendiri. Peningkatan intensitas dalam pemberian ASI akan maka justru hal ini akan banyak merangsang dari pengeluaran serta produksi ASI itu sendiri.
  3. Hindarkan penggunaan susu formula ketika awal-awal menyusui. Karena perbedaan ASI dan susu formula juga banyak baik dari segi kandungan gizi atau pun nutrisinya sendiri, pemberian susu formula akan bisa mengurangi pemberian ASI dari ibu dan hal ini semakin lama akan semakin menurun pengeluaran air susu ibunya.
  4. Perawatan payudara dalam waktu kehamilan akan bisa membantu dalam hal merangsang produksi hormon yang berpengaruh terhadap produksi air susu ibu dan perawatan payudara ini pun tetap harus dijaga ketika waktu menyusui pula.
  5. Menjaga sisi psikologis ibu menyusui. Pengaruh mental dan dukungan baik dari suami, atau pun keluarga yang turut memberikan support yang baik akan membantu psikologis ibu. Bila segi psikologis ibu hamil baik maka produksi ASI akan bisa baik pula. Demikian pula bila sebaliknya. Ibu yang stress atau pun depresi pasca persalian akan mempengaruhi sedikit banyak pengeluaran air susu ibu ini.
Peluang memberikan ASI pada hari-hari awal kehidupan bayi ketika baru dilahirkan juga bisa ditingkatkan dengan proses inisiasi menyusu dini(IMD). Pada proses tahapan ini bayi dibiarkan mencari puting susu ibu sendiri. Ibu dapat merangsang bayi dengan sentuhan lembut. Jika perlu, ibu boleh mendekatkan bayi pada puting. Sentuhan itu juga merangsang hormon lain yang membuat ibu jadi tenang, relaks dan mencintai bayi, serta merangsang pengaliran ASI dari payudara. Dan ini pun cara agar asi banyak keluar pula pada awal-awal kelahiran bayi.
Sahabat membaca artikel mengenai Cara Agar Produksi ASI Banyak. Bila sahabat menganggap artikel Cara Agar Produksi ASI Banyak ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

12 komentar

kalo orang jawa ada ininya ya, cara jawanya ya kalo gak salah loh.. makan daun katu apa makan apa gtu loh mas, biar asinya lancar, yang jelas pake cara herbal

Balas

Makasih gan udah share :) hehehe

Balas

makan ramuan tradisioanl daun katuk ko' ngga termasuk tips ya kang? ngga termasuk medis kali y?
salam sehat selalu y kang

Balas

wah tips yang bermanfaat nih buat ibu-ibu.

Balas

Yang ibu-ibu baru melahirkan ini harus tahu guna perkembangan buat si bayi tentunya :)

Balas

Para ibu yang sedang menyusui perlu tahu akan hal yang satu ini

Balas

ini cocok buat yang punya istri lagi menyusui bayinya.
bermanfaat banget artikelnya mas.

Balas

itu juga termasuk kang. akang aja yang gak tau..

*sok tau

Balas

wah, saya kirimkan link blog agan ke temen ane yg lagi hamil nihhh.... :D

Balas

Bagus banget nih bang Ferry infonya cocok banget buat Ibu2 yang baru melahirkan,ya kan bang Ferry..hahahhayyy

Balas

Informasi yang bagus untuk ibu di luar sana :)

Balas

info berguna daripada saudara :)

Balas