Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Proses Kelahiran Bayi

Alhamdulillah akhirnya kehamilan istri yang berlangsung selama 9 bulan ini diakhiri dengan sebuah proses kelahiran bayi yang sungguh menakjubkan. Dan ini juga adalah salah satu keajaiban Allah dalam sebuah proses kehamilan. Sebuah proses panjang kehamilan seorang ibu akan berakhir dengan tibanya masa melahirkan atau pun sebuah proses persalinan normal.

Dalam sebuah proses melahirkan dalam dunia medis kita mengenalnya dengan istilah kala persalinan yaitu kala 1, kala 2, kala 3, dan kala 4. Kala 1 disebut juga dengan tahap pembukaan (pembukaan serviks). Kala 2 persalinan disebut dengan istilah tahap proses pengeluaran bayi. Kala 3 disebut dengan kala pengeluaran uri (placenta). Dan terakhir adalah kala 4.

Proses Tahapan Persalinan Kelahiran  Bayi

Yang dimaksud dengan kala pertama (kala 1) adalah pembukaan dan dimulai dengan his persalinan yang pertama sampai pembukaan cervik menjadi lengkap. Pembukaan 1-10. Pada tahapan proses persalinan pertama ini dibagi menjadi 3 fase yaitu fase laten persalinan dan fase aktif.

Fase laten adalah fase pembukaan yang sangat lambat ialah dari 0 sampai 3 cm yang membutuhkan waktu 8 jam. Fase aktif terbagi menjadi 3 yaitu Fase accelarasi ( fase percepatan ) dari pembukaan 3 cm sampai 4 cm yang di capai dalam waktu 2 jam. Fase Dilatasi maksimal yaitu dari pembukaan 4 cm sampai 9 cm yang di capai dalam waktu 2 jam. Fase Decelerasi (kurangnya kecepatan) dari pembukaan 9 cm-10 cm selama 2 jam.

Kala II persalinan adalah tahapan dimana terjadi pembukaan sampai pembukaan lengkap dan terakhir sampai lahirnya sang bayi. Kala III atau kala uri ini adalah masa dimulainya dari kelahiran bayi sampai dengan placenta dilahirkan. Sedangkan yang dimaksud dengan kala IV adalah Masa 1-2 jam setelah placenta lahir. Dalam klinik, atas pertimbangan pertimbangan praktis masih diakui adanya kala IV persalinan meskipun masa setelah plasenta lahir adalah masa di mulainya masa nifas ( puerperium ) mengingat pada masa ini sering timbul perdarahan.

Dan alhamdulillah istri dalam kehamilan ke dua ini telah melampaui dan melalui semua tahap persalinan tersebut. Awal proses kelahiran putra kedua ini dimulai dengan adanya tanda-tanda persalinan dengan adanya rasa kontraksi (kenceng mules) setelah magrib sampai dengan kontraksi bertambah dan jam 00.30 saya bawa istri ke Rumah Sakit Dr. Kariadi Semarang. Ketika di UGD Dokter Jaga Kebidanan mulai melakukan pemeriksaan dalam (VT) tetapi didapatkan hasil belum ada pembukaan.

Setelah itu sebelum masuk ke ruangan rawat inap dilakukan USG kehamilan dan dilakukan pemeriksaan dalam ulang karena istri merasakan kontraksi bertambah. Pemeriksaan didapatkan telah terjadi pembukaan 1 cm dan jam menunjukkan pukul 02.00 pagi tanggal 6 februari 2013. Setelah masuk ruangan perawatan sampai dengan jam 05.10 menit kontraksi bertambah sering dan itu juga yang masuk dalam kala persalinan 1. Dilakukan pemeriksaan ulang dan didapatkan hasil telah terjadi pembukaan 8 cm sehingga ketika itu istri langsung di bawa ke tempat ruang bersalin (VK).

Dokter kandungan kami yaitu Dr. Harry Tjahjanto, SpOG (K.Fer) tiba di ruang VK pukul 05.45 dan langsung memimpin persalinan. Pimpinan persalinan dimulai dengan kehadiran dokter Harry dan alhamdulillah tepat pukul 05.50 WIB tanggal 6 Februari 2013 lahir anak kami yang kedua dengan jenis kelamin laki-laki. Dan inilah yang dimaksud dengan kala 2 dalam tahap proses kelahiran bayi.

Setelah proses kelahiran bayi maka mulai masuk dalam kala 2 yaitu kalau uri atau kala pengeluaran placenta. Setelah placenta berhasil dikeluarkan dan menjahit luka setelah melahirkan selesai maka bayi kami setelah melakukan penimbangan dan penandaan bayi baru lahir maka istri kembali di bawa ke ruangan rawat dan masuklah dalam kala 4 yaitu masa 1-2 jam dan alhamdulillah tidak terjadi perdarahan dalam kala 4 tersebut. Karena dalam kala 4 yang perlu diwaspadai adalah perdarahan post partum.

Semua tahapan proses melahirkan tersebut saya saksikan sendiri karena saya mendampingi dan berada di sisi istri sampai dengan persalinan berakhir. Sama seperti ketika anak pertama saya dilahirkan di ruangan yang sama, dokter yang sama pula 4 tahun yang silam. Sungguh pengalaman yang tak terlupa oleh saya menyaksikan tahap demi tahap persalinan istri saya.

Alhamdulillah ya Allah..milik-Mu lah segala Pujian. Alhamdulillah istri dalam keadaan sehat dan putra kami juga dalam keadaan sehat. Terima kasih Dr. Harry Tjahjanto SpOG (K.Fer) dan tim kesehatan (bidan), Residen Obsgyn, dokter Anak atas bantuannya dalam proses kelahiran anak saya.

Terima kasih kepada Mbah dan Eyang serta Pakdhe, Budhe, Om, Tante yang selalu berdoa untuk kelancaran proses kelahiran anak kami. Dan juga kepada sahabat-sahabat blogger serta juga kawan-kawan semuanya atas doa-doa kalian semuanya agar keselamatan dan kelancaran dalam persalinan istri. Semoga Allah Ta'ala membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda aamiin..aamiin.
Sahabat membaca artikel mengenai Proses Kelahiran Bayi. Bila sahabat menganggap artikel Proses Kelahiran Bayi ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

32 komentar

Selamat pagi mas, terima kasih atas informasinya, umur kandungan istri saya sudah 7 bulan. Semoga persalinannya nanti aman.

Balas

selamat ya untuk bu fery atas kelahiran putranya .... dan kepada ayahandanya juga selamat, semoga bisa menjadi anak yang budiman... aminn

Balas

Alhamdulillah hi Robbilalamin

semoga kelak anak yang baru lahir bisa menjadi seperti yang harap sesuwai tuntunan Islam. bisa menyelamatkan kedua orang tua, dan membuat sejuk dipandang buah dari prilaku sholeh seperti para kekasih Alloh SWT Amin Ya Robbal Almin= Al fatihah

selamat mas nggih,

Balas

selamat akhirnya...

hemmm infonya bgs bgd bagi saya yang mash single dan insha Allah calon ibu yang akan mengalami hal demikian. Kalau denger2 soal persalinan saya termasuk meringis ketakutan hee :D

ilmunya oke tkz

Balas

Alhamdulillah.... Selamat atas kelahiran putra ke-2 Mas..

Balas

berbahagialah suatu keluarga dengan hadirnya buah hati di tengah-tengahnya. alhamdulillah, selamat.

Balas

Semoga persalinan istri sahabat juga berjalan dengan lancar aamiin

Balas

Terima kasih aamiin..aamiin doanya

Balas

aamiin..aamiin...terima kasih mas doanya

Balas

Alhamdulillah Bang Iwan...terima kasih

Balas

aamiin..aamiin. Semoga bisa menjadi orang tua yang amanah juga

Balas

Terima kasih doanya..semua wanita akan merasakan hal sama ketika dalam sebuah proses kelahiran sahabat...
Sungguh berat perjuangan seorang Ibu...untuk itulah kita sebagai seorang anak harus hormat serta berbakti kepada Ibu dan juga Ayah kita pula

Balas

selamat ya,, semoga jadi anak yg sholeh.. doakan aku uda 8 bulan semoga lancar juga.. :)

Balas

alhamdulillah, selamat berbahagia ya kawan, selamat menyambut kehadiran seorang hamba ALLAH dalam keluarga besar Pak Fery, semoga ALLAH senantiasa melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan untuk Pak Fery sekeluarga......salam hangat selalu dari makassar :)

Balas

Selamat yah Mas,saya turut gembira dengan kabar kelahiran anak Mas yang Mas sampaikan dari artikel ini.

Selagi saya ucapkan buat putranya Mas.

Balas

membaca artikel ini hanya berucap subahallah....makasih infonya sobat

Balas

Terima kasih...tinggal 1 bulan lagi berarti. Semoga proses persalinannya juga berjalan dengan lancar aamiin

Balas

Aamiin..aamiin doanya sahabat...
Semoga Allah juga melimpahkan kesehatan dan kebahagiaan buat keluarga sahabat aamiin

Balas

tahniah mas, dpat anak kedua.. moga sihat-sihat selalu :)

Balas

alhamdulillah, tahniah pak atas kelahiran putranya

Balas

Tahniah kerana mendapat cahaya mata kedua , seronok nya ada anak baru ye .. mesti hari2 pandang anak itu sahaja

Balas

Wah, senangnya dpt putra kedua..
selamat ya sobat, semoga kelak putramu jd anak yg berguna, tentunya seperti bapaknya donk...
:D
sampaikan salamku untukmu sekeluarga...
belum diberi nama ya sob?

Balas

Terima kasih puanbee...menyenangkan sekali. Sedang banyak mengenalkan kepada anak pertama agar tidak cemburu akan kasih sayang dengan kehadiran adiknya ini

Balas

Bila lihat saja prosesnya mcm saya pula yang mahu
hamil.. thanks kang kerana berkongsi info..

Balas

selamat berbahagia ya mas,mudah0mudahan anaknya jadi anak yang soleh dan berbakti bagi orang tua dan negara,aamiin.

Balas

Terase sayu ktika membca entry ini. Entry yang amat berguna sekali. .

Balas

semoga tumbuh sehat dan selalu menjadi kebanggaan keluarga dan agama Amin, Selamat ya MAs

Balas

Alhamdulillah dan tahniah isteri telah selamat bersalin. semestinya cahaya mata baru menambahkan cahaya rukahtangga

Balas

Infonya luar biasa.... saya sendiri kemarin juga mengalami hal yang sama... dari awal tanda tanda melahirkan putri pertama kami... detik detik yang saya rasakan subgguh luar biasa kuasa Allah sungguh tak dapat diukur oleh manusia... dari tahap pembukaan pertama pukul 6pagi... pukul 1130an..masyk tahap pembukaan 3,5,,, pada pykul 16,00,,masuk tahap pembukaan 8,,dan masuk pada pukul 16,45 sudah pembukaan 9,5.. memasuki pukul 17,00pembukaan 10,, namun plasenta belum robek dan bidan pun melakukan perobekan.dan tepat pukul 17,10menit bayi pun telah terlahir dengan. sempurna.. yang saya tapjukan adalah pada saat istri saya berusaha keras untuk mengeluarkan bayinya tarikan nafadnya dan suara membuat saya ikut mengeluarkan tenaga tak terasa sekujur tubuh ku bergetar seraya mencucurkan keringat hingga membasahi seluruh pakaianku... air mataku pun tak dapat kubendung saat terdengar tangisan bayi pertama kalinya.. sungguh keajaiban luar biasa dengan berat bayi 4kg dapat keluar dari rongga yang sekecil itu... perjuangan seorang ibu sungguh luar biasa... untyk melahirkan seorang anak... dari saat itu saya merasa sungguh telah banyak berdosa kepada ibuku yang selalu maengatakan ah... sayapun tersimpuh kepada ibuku dan meminta maaf atas kelakuanku selama hidupku...ibu kaulah pahlawan yang tak ada bandinganya... pesan buat teman teman sebisa mungkin dampingilah istri saat saat akan melagirkan karna dorongan seorang suami akan memperkuat mental terhadap istri kita... salam buat admin yang sudah berbagi cerita. cerita ini sungguh sangat bermanfaat sekalai

Balas

Untuk itulah kita wajib berbakti dan menghormati orang tua kita khususnya ibu kita karena Islam telah mengajarkan hal tersebut juga

Balas