Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Persalinan Normal

Persalinan Normal. Persalinan adalah proses yang dinanti-nanti seorang ibu hamil dalam menjalani proses kehamilannya. Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup, dari dalam uterus melalui vagina atau jalan lain ke dunia luar. Demikian yang disebut dengan pengertian persalinan / kelahiran. Nah kali ini Blog Keperawatan akan berbagi sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan proses persalinan normal dan semoga bisa berguna serta dapat memberikan manfaat.

Bila kita berbicara mengenai partus (kelahiran) normal tentunya ada kebalikannya dengan apa yang disebut dengan partus kelahiran abnormal. Yang dimaksud dengan pengertian partus normal adalah bayi lahir melalui vagina dengan letak belakang kepala / ubun-ubun kecil, tanpa menggunakan alat / pertolongan istimewa, serta tidak melukai ibu maupun bayi (kecuali episiotomi), dan proses persalinan berlangsung dalam waktu kurang dari 24 jam.

Sedangkan yang dimaksud dengan partus abnormal adalah bayi yang dilahirkan melalui vagina dengan bantuan tindakan atau alat seperti versi / ekstraksi, cunam, vakum, dekapitasi, embriotomi dan sebagainya, atau lahir per abdominam dengan oprasi SC (sectio cesarea). Demikian kurang lebih pengertian partus abnormal atau persalinan menggunakan alat bantu.

persalinan normal, kelahiran normal, Blog Keperawatan

Selanjutnya kita melangkah ke dalam proses persalinan normal. Sebuah persalinan kelahiran dikatakan normal bila mempunyai sebab sebagai berikut :
  1. Penurunan fungsi plasenta : kadar progesteron dan estrogen menurun mendadak, nutrisi janin dari plasenta berkurang.
  2. Tekanan pada ganglion servikale dari pleksus Frankenhauser, menjadi stimulasi (pacemaker) bagi kontraksi otot polos uterus.
  3. Iskemia otot-otot uterus karena pengaruh hormonal dan beban, semakin merangsang terjadinya kontraksi.
  4. Peningkatan beban / stress pada maternal maupun fetal dan peningkatan estrogen mengakibatkan peningkatan aktifitas kortison, prostaglandin, oksitosin, menjadi pencetus rangsangan untuk proses persalinan.
Dalam dunia kesehatan kita mengenal akan tiga faktor P dalam proses kelahiran. Tiga P tersebut Power, Passage, Passenger. Berikut maksud ketiga hal tersebut :
  • Power. P yang pertama adalah POWER. Yang dimakksud power di sini adalah His (kontraksi ritmis otot polos uterus), kekuatan mengejan ibu, keadaan kardiovaskular respirasi metabolik ibu.
  • Passage. P yang kedua adalah PASSAGE. Passage ini yang dimaksud adalah keadaan jalan lahir dari sang ibu hamil yang akan melahirkan.
  • Passanger, P yang ketiga adalah PASSANGER. Yang dimaksud passanger ini adalah keadaan janin yang akan keluar dari sang ibu. Passenger ini meliputi : letak, presentasi, ukuran/berat janin, ada / tidak kelainan anatomik mayor.
Setelah kita mengenal hal tersebut di atas, maka kita akan menginjak kepada apa yang dimaksud dengan HIS. His persalinan adalah gelombang kontraksi ritmis otot polos dinding uterus yang dimulai dari daerah fundus uteri di mana tuba falopii memasuki dinding uterus, awal gelombang tersebut didapat dari ‘pacemaker’ yang terdapat di dinding uterus daerah tersebut. Resultante efek gaya kontraksi tersebut dalam keadaan normal mengarah ke daerah lokus minoris yaitu daerah kanalis servikalis (jalan lahir) yang membuka, untuk mendorong isi uterus ke luar. Demikian yang dimaksud dengan pengertian his pada persalinan.

Faktor yang menyebabkan his dalam persalinan normal adalah sebagai berikut :
  1. Kerja hormon oksitosin
  2. Regangan dinding uterus oleh isi konsepsi 3
  3. Rangsangan terhadap pleksus saraf Frankenhauser yang tertekan massa konsepsi.
Sahabat membaca artikel mengenai Persalinan Normal. Bila sahabat menganggap artikel Persalinan Normal ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan