Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Jenis Macam Kontrasepsi

Untuk para pasangan suami istri setelah proses persalinan dan kelahiran anak, tentunya pertama yang dipikirkan adalah cara merawat dan menyusui sang bayi. Setelah itu bagi pasangan tersebut pada umumnya akan memikirkan mengenai kontrasepsi yang cocok bagi suami istri. Karena berbagai macam jenis kontrasepsi serta juga metoda kontrasepsi ini ada dalam negara kita dan juga negara-negara lainnya.

Yang dimaksud dengan definisi kontrasepsi ini suatu metoda yang dilakukan untuk mencegah kehamilan dan menghindari terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur yang matang dengan sel sperma. Demikian adalah pengertian kontrasepsi. Asal kata kontrasepsi ini berasal dari dua kata yaitu kontra dan konsepsi. Kontra adalah artinya mencegah atau melawan. Sedangkan konsepsi artinya adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang mengakibatkan kehamilan.

Jenis Alat Kontrasepsi

Ada dua jenis metoda kontrasepsi yaitu metoda cara kontrasepsi sederhana dan cara modern.
  1. Cara Metode Kontrasepsi Sederhana. Maksudnya adalah cara mencegah kehamilan dengan alat dan juga bisa tanpa alat. Tanpa alat ini bisa dilakukan dengan cara senggama terputus dan juga sistem kalender. Sedangkan bila menggunakan alat bisa dilakukan dengan kondom, cream atau jelly.
  2. Cara Metoda Modern/ Metode Efektif. Cara ini pun dibedakan dengan cara yang permanen atau pun tidak permanen. Alat kontrasepsi permanen adalah dengan jalan operasi steril baik pada laki-laki atau pun wanita. Kontrasepsi permanen laki-laki disebut dengan vasektomi (sterilisasi pada pria) dan pada wanita disebut dengan tubektomi (sterilisasi pada wanita). Pada umumnya kita kenal dengan sebutan istilah KB steril. Sedangkan jenis KB non permanen adalah dengan pil, AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim), suntikan, dan norplant.
Alat kontrasepsi ini lebih mudah dikenal dengan istilah KB, Padahal KB maksudnya adalah Keluarga Berencana. Tetapi masyarakat biasanya akan menanyakan "Pakai KB apa", bukan "Pakai alat kontrasepsi apa". Itu karena kebiasaan atau faktor budaya saja. Semuanya ini adalah maksudnya mengenai alat, obat, metode kontrasepsi yang dipergunakan baik pada laki-laki atau pun pada perempuan. Bisa disebut alat KB, Obat KB, jenis KB dan seterusnya.

Berikut beberapa macam alat kontrasepsi yang sering digunakan dalam masyarakat kita.
1. Kondom.
Kondom ini adalah alat pencegah kehamilan yang sudah cukup popular bahkan dijual bebas di toko apotik. Kondom ini bahkan menjadi kampanye kondom kontroversial yang pernah diutarakan oleh Menteri Kesehatan. Kondom adalah suatu kantung karet tipis, biasanya terbuat dari lateks, tidak berpori, dipakai untuk menutupi zakar yang berdiri (tegang) sebelum dimasukkan ke dalam liang vagina. Kondom sudah dibuktikan dalam penelitian di laboratorium sehingga dapat mencegah penularan penyakit seksual, termasuk adalah penyakit HIV/AIDS.

2. Obat Pil KB.
Pil KB adalah salah satu mencegah terjadinya kehamilan. Pil KB ini diperuntukkan bagi wanita yang tidak hamil dan menginginkan cara pencegah kehamilan sementara yang paling efektif bila diminum secara teratur. Minum pil dapat dimulai segera setelah menstruasi, atau pada masa post-partum bagi para ibu yang tidak menyusui bayinya. Jika seorang ibu ingin menyusui, maka hendaknya penggunaan pil ditunda sampai 6 bulan sesudah kelahiran anak (atau selama masih menyusui) dan disarankan menggunakan cara pencegah kehamilan yang lain.

3. Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR).
Biasa kita kenal dengan IUD (Intra Uterine Device). Alat ini sangat efektif dan tidak perlu diingat setiap hari seperti halnya pil. Bagi ibu yang menyusui, AKDR tidak akan mempengaruhi isi, kelancaran ataupun kadar produksi air susu ibu (ASI). Namun, ada wanita yang ternyata belum dapat menggunakan sarana kontrasepsi ini. Karena itu, setiap calon pemakai IUD ini perlu memperoleh informasi yang lengkap tentang seluk-beluk jenis alat kontrasepsi yang satu ini.

4. Injeksi (Suntik KB).
Metoda alat kontrasepsi suntikan ini adalah merupakan bagian dari obat pencegah kehamilan yang penggunaannya dilakukan dengan jalan menyuntikkan obat tersebut pada wanita subur. Obat ini berisi Depo Medorxi Progesterone Acetate (DMPA). Penyuntikan dilakukan pada otot (intra muskuler) di pantat (gluteus) yang dalam atau pada pangkal lengan (deltoid). Dan ini masuk dalam jenis alat kontrasepsi yang juga biasa dipergunakan.

5. Norplant (Susuk).
Norplant sama artinya dengan implant. Susuk atau implant ini adalah merupakan alat kontrasepsi jangka panjang yang bisa digunakan untuk waktu 5 tahun. Norplant biasanya dipasang di bawah kulit, di atas daging pada lengan atas wanita. Alat tersebut terdiri dari enam kapsul lentur seukuran korek api yang terbuat dari bahan karet silastik. Masing-masing kapsul mengandung progestin levonogestrel sintetis yang juga terkandung dalam beberapa jenis pil KB. Hormon ini lepas secara perlahan-lahan melalui dinding kapsul sampai kapsul diambil dari lengan pemakai. Kapsul-kapsul ini bisa terasa dan kadangkala terlihat seperti benjolan atau garis-garis. ( The Boston’s Book Collective, The Our Bodies, Ourselves, 1992)

Demikian tadi beberapa hal mengenai macam-macam alat kontrasepsi yang umum kita kenal dan banyak digunakan oleh masyarakat kita. Dan penggunaan tergantung juga akan selera masing-masing yang mempergunakan alat dan cara pendegahan kehamilan seperti yan telah disebutkan di atas. dan tentunya hal ini akan bertentangan dan berlawanan dengan cara trik cepat hamil.
Sahabat membaca artikel mengenai Jenis Macam Kontrasepsi. Bila sahabat menganggap artikel Jenis Macam Kontrasepsi ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

14 komentar

trimakasih sob, intinya KB itu adalah merencanakan kelahiran dengan baik ya sob, bukan untuk membatasi jumlah anak. salam sukses selalu...

Balas

ini bagus nih untuk pengenalan macam jenis kb,terutama buat ibu-ibu,namun sebagian juga ada yang mengharamkan tentang ini ya sob.kalau boleh tahu apa yah alasannya.wallohu...

Balas

Benar sekali Kang Muroi

Balas

klo sy pengen pny anak sebanyak2 mungkin hehehe..., thx ya masbro ats infox.., lama ni sy gk bogwaling ...*smile

Balas

Khusus untuk suami istri aja ya..

Balas

Jadi info tambahan juga ini guna melangsungkan program KB :)

Balas

weleh weleh .. sharenya lumayan dahhh.. bikin cenat cenut...hehe

Balas

cara no.5 baru tahu, semacam kurang popular agaknya...

Balas

kontrasepsi tujuannya bagus. namun banyak disalahgunakan oleh manusia zaman sekarang..
nice share sob, jadi tau saya jenis2nya :D

Balas

infonya bagus mas, saya sendiri sebenarnya tidak begitu sreg dengan program KB dari pemerintah saya tidak memperdebatkannya. tapi semua itu bisa dikomunikasikan dengan istri mau kb atau tidak dan pilihan kontrasepsi mana yang akan digunakan.

Balas