Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Makanan Sumber Kolesterol

Berbagai macam jenis makanan sumber kolesterol baik di sadari atau pun tidak kerapkali kita nikmati dan konsumsi. Padahal bila dibiarkan dalam jangka waktu lama dikonsumsi secara terus menerus akan bisa mengakibatkan berbagai jenis penyakit yang tidak kita inginkan. Jenis penyakit yang bisa diakibatkan karena kolesterol jahat ini bisa berupa penyakit jantung koroner atau pun penyakit stroke.

Kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh yang berlebihan ini akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui akan beberapa daftar makanan sumber kolesterol jahat yang bisa berdampak kepada status kesehatan kita juga. Dan juga mengetahui akan makanan yang mengandung kolesterol lainnya.

Pada dasarnya banyak makanan yang enak ketika kita santap biasanya mengandung lemak sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh kita. Dan bila banyak kolesterol jahat dalam tubuh kita bisa memicu terjadinya penyakit stroke atau pun bisa menjadi penyebab jenis penyakit jantung lainnya seperti halnya jantung koroner seperti yang diterangkan di atas.

Makanan Sumber Kolesterol Tinggi

Cara dan tips mencegah peningkatan kolestrol dalam tubuh seperti yang pernah diutarakan oleh Lisa Dorfman, ahli gizi dan juru bicara American Dietetic Association yang mengatakan bahwa "Pola makan sehat adalah upaya tingkat pertama melawan kenaikan kolesterol. Dan bila Anda mengkonsumsi makanan dengan banyak sayur dan buah plus ikan, Anda sudah berada di jalur yang benar untuk menjaga kesehatan kolesterol".

Jadi salah satu cara untuk pencegahan meningkatnya kolestrol khususnya adalah kolesterol yang jahat maka dilakukan dengan melakukan pola makan yang sehat. Dan bila sahabat ingin mengetahui akan makanan penurun kolesterol atau pun makanan sehat yang menurunkan kolesterol jahat sahabat bisa membacanya di makanan sehat penurun kolesterol.

Dengan menjalankan pola makan yang sehat juga tentunya akan meningkatkan derajat kesehatan kita dan akan membuat daya tahan tubuh kita terhadap berbagai jenis penyakit akan meningkat pula.

Berikut beberapa daftar makanan sumber kolesterol tinggi yang pernah diutarakan oleh Dr dr Saptawati Bardosono, MSc, SpGK dari Departemen ilmu gizi FKUI pada artikel di detikhealth.com yaitu tentang jumlah kadar kolesterol dalam 100 gram bahan makanan :
  1. Otak sapi mengandung kolesterol 2.300 mg.
  2. Kuning telur mengandung kolesterol 2.000 mg.
  3. Telur puyuh mengandung kolesterol 3.640 mg.
  4. Cumi-cumi mengandung kolesterol 1.170 mg.
  5. Jeroan sapi mengandung kolesterol 380 mg.
  6. Susu sapi mengandung kolesterol 250 mg.
  7. Santan kelapa mengandung kolesterol 185 mg.
  8. Kerang, udang mengandung kolesterol 160 mg.
  9. Daging sapi mengandung kolesterol 105 mg.
  10. Daging kambing mengandung kolesterol 70 mg.
  11. Mentega atau margarin mengandung kolesterol 300 mg.
Dan dari daftar makanan sumber kolesterol tinggi seperti yang disebut diatas adalah sebagian besar merupakan makanan yang enak serta lezat untuk dinikmati. Point pentingnya dari mengenal berbagai daftar makanan yang merupakan sumber kolesterol jahat ini adalah bila konsumsi kita cukup akan menyehatkan tetapi bila konsumsi berlebihan dan jangka waktu lama inilah yang tidak menyehatkan.

Karena pada dasarnya kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Dan yang kita ketahui pula bahwasannya lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Hanya saja jangan sampai berlebihan kolestrol dalam tubuh kita juga.

Jadi segala sesuatu memang harus dalam takaran yang cukup dan tidak berlebihan. Dan tidak berlebihan ini adalah berlaku dalam segala hal. Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam perihal makanan maka sunnahnya beliau adalah "berhenti makan sebelum kenyang". Dan ini terbukti dalam kesehatan.
Sahabat membaca artikel mengenai Makanan Sumber Kolesterol. Bila sahabat menganggap artikel Makanan Sumber Kolesterol ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

12 komentar

selamat pagi, pagi-pagi sudah dapat artikel kesehatan , artikelnya bermanfaat mas.

Balas

Berarti agak lumayan susah ya mas, cari makanan yang sehat yang ramah untuk tubuh ini, hheeuuu...

Balas

wah berarti makanan sehat terlalu banyak juga bisa berdampak penumpukan kolesterol ya,padahal saya sering makan jeron sapi,babat,ati,telor.wah kudu dikurangi nih,terima kasih tips nya ya kang.

Balas

kalau gitu ga usah makan tiap hari tapi makan sedikit dan cukup ya...

enak semua itu yg terdaftar kolesterol sulit menghindarinya hehe

Balas

wah lengkap sekali pembahasannya gan,, selama ini ga pernah tau kandungan2 kolesterol dalam makanan..

Balas

Info yang menarik kawan !! kunjungan perdana nih, owh ya follow sukses. kalau berkenan silahkan followback ya kawan. Terimakasih.
Happy Blogging !!

Balas

Otak sapi yah paling tinggi kolestrolnya,,,bagi yang tubuh kurus berarti bisa dunk otak sapi sebagai penggemuk badan :)

Balas

Syukur daging bebek nggak masuk 10 besar :)

Balas

Makanan enak ternyata tidak semuanya sehat yah, trimakasih sob, artikel yang bermanfaat

Balas

akak rasa tahap kolesterol akak ni boleh tahan jugak kot sebab tak jaga pemakanana

Balas

saya paling senang makan udang Sob,,,ok sob saya akan ikuti petunjuknya dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan agar kolesterol tetap stabil...kesebelah yaa sob ada Award untuk sobat....

Balas

otak sapi memang sedap, tapi makan sikit saja cukup buat kepala pening...heee..

Balas