Manfaat Fungsi Asam Folat

Manfaat asam folat bagi kesehatan juga telah banyak diketahui oleh masyarakat umum. Karena memang kesadaran akan pentingnya kesehatan telah banyak diketahui serta dipahami oleh masyarakat kita. Dunia kesehatan mengenal istilah asam folat ini juga adalah bagian dari vitamin B9 yang jarang didengar oleh masyarakat tentang jenis vitamin yang satu ini. Dalam dunia medis juga disebut istilah folic acid, folacin. Untuk itulah mari kita belajar bersama mengenai beberapa fungsi kegunaan asam folat itu sendiri.

Ada beberapa manfaat asam folat itu sendiri. Diantaranya yaitu untuk dalam kesehatan kehamilan fungsinya untuk mencegah kecacatan janin ketika dilahirkan. Kegunaan lainnya dari folid acid ini adalah membantu tubuh ketika proses metabolisme protein berlangsung, serta turut dalam membangun sel-sel darah merah yang sehat, dan juga membantu menurunkan kadar homocysteine (asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung).

Kebutuhan orang dewasa untuk zat asam folat ini adalah berkisar pada angka 400 mikrogram setiap harinya. Dan bagi ibu hamil tentunya kebutuhan asam folat akan bertambah. Karena untuk mencukupi ibu hamil dan juga janinnya itu sendiri. Dan untuk mencukupi akan kebutuhan folid acid ini perlu juga kita mengetahui akan sumber makanan banyak mengandung asam folat diantaranya yaitu banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Manfaat Asam Folat Untuk Kesehatan

Sayuran contohnya adalah sayuran yang banyak mengandung warna hijau seperti halnya bayam, brokoli, selada air. Buah-buahan diantaranya yaitu stroberi, belewah, jeruk, pepaya. Jenis kacang-kacangan juga banyak kandungan dari asam folat ini. Selain itu bisa kita dapatkan dari sumber hewani seperti telur, hati sapi, dan susu.

Selanjutnya di bawah ini adalah beberapa manfaat fungsi asam folat yang berguna dalam kesehatan adalah :

Untuk Kesehatan Ibu Hamil.
Pada setiap pemeriksaan kesehatan ibu hamil para tenaga kesehatan baik dokter atau pun bidan akan banyak memberikan dan merekomendasikan pemberian asam folat ini karena sangat berguna dalam pencegahan akan kecacatan baik fisik atau pun mental pada bayi yang nantinya akan dilahirkan. Terutama asam folat berfungsi mencegah bayi lahir cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Dosis yang dianjurkan adalah berkisar antara 400 mcg sampai 600 mcg dalam satu harinya. Ini adalah bagian dari manfaat asam folat untuk ibu hamil.

Untuk Kesehatan Fungsi Otak.
Kegunaan folid acid ini bagi kesehatan otak adalah membantu dalam proses pengoptimalan fungsi otak itu sendiri. Berfungsi untuk membantu pencegahan depresi pada diri seseorang. Sedangkan pada orang dengan usia lanjut asam folat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak.

Untuk Proses Pembentukan Sel Darah Merah.
Seringkali pada orang dengan gejala tanda anemia setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter banyak yang mendapatkan obat tambah darah dan salah satunya adalah folid acid ini. Manfaat asam folat dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit dan HB hemoglobin).

Eritrosit mempunyai peranan penting bagi tubuh karena bertugas mengambil oksigen pada paru-paru dan mengedarkannya keseluruh tubuh dan juga mengambil karbondioksida pada tubuh untuk dikeluarkan kembali melalui paru-paru. Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat, maka akan menciptakan serta membantu pembentukan sel darah merah yang baik bagi tubuh.

Manfaat Pada DNA Tubuh.
Asam folat mempunyai kegunaan serta fungsi dalam rangka perbaikan DNA tubuh kita. Karena resiko timbulnya resiko terkena penyakit kanker akan bisa meningkat bila badan kekurangan asam folat ini. Pada umumnya ketika ada permasalahan pada daerah organ pencernaan kita terutama pada usus besar karena kekurangan zat satu ini akan bisa mengakibatkan timbulnya kanker yang berhubungan dengan saluran pencernaan tentunya.

Demikian tadi beberapa hal yang berhubungan dengan asam folat dan fungsi serta manfaatnya untuk kesehatan. Berlebihan dalam mengkonsumsi ini juga tidak dianjurkan karena itu jangan sampai berlebihan dan paling banyak adalah 1.000 mcg per hari. Tentunya juga ini atas rekomendasi dari tim medis juga.

Karena sifatnya peka terhadap sinar matahari oksigen, dan suhu yang panas. Selain itu, asam folat sangat mudah sekali larut dalam air sehingga pada saat makanan yang mengandung asam folat itu dimasak terlalu lama, maka kemungkinan kandungan asam folatnya menjadi hilang.

5 comments:

  1. fungsi asam folat lumayan banyak ya ? bisa mencegah kepikunan.

    ReplyDelete
  2. asam folat, asyik sdh sjk bulan lalu saya ambil jens vitamin yg asam folatnya tinggi

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infox.krna sya lgi hamil muda d berikan bidan obat asam folat,yg ternyata bnyk manfaatx.jdi sya tdk ragu lagi untuk meminumx.terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Alpukat, strawberry, dan pepaya termasuk buah yg tinggi kandungan folatnya ^_^

    ReplyDelete