Manfaat Khasiat Madu Bagi Kehamilan

Manfaat madu bagi ibu hamil tidaklah sedikit. Dalam kandungan yang terdapat dalam madu banyak gizi dan nutrisi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan serta kebugaran tubuh dan juga dalam berkhasiat untuk menyembuhkan beraneka ragam penyakit juga. Banyaknya nutrisi gizi yang terdapat dalam madu inilah yang akan memberikan manfaat madu bagi kesehatan kehamilan dan janin yang sedang dijalani oleh para ibu hamil.

Kandungan zat gizi dalam madu antara lain seperti gula glukosa dan fruktosa yang aman, asam amino serta vitamin diantaranya adalah banyak terdiri dari vitamin B yaitu thiamin, piridoksin, riboflavin, asam askorbat, niasin, asam pantotenat. Selain itu kandungan mineral yang terdapat dalam madu yang dibutuhkan tubuh contohnya adalah kalium, magnesium, kalsium, natrium, zat besi, phosphor, mangan, dan sulfur. Dan hal ini merupakan bagian dari cara dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Manfaat Khasiat Madu Bagi Ibu Hamil Dan Janin

Beberapa manfaat madu untuk kesehatan ibu hamil diantaranya yaitu :

1. Mengurangi Keluhan Umum Pada Ibu Hamil.
Dalam proses kehamilan, banyak diantara para ibu hamil yang mengeluhkan akan beberapa perubahan keluhan ibu hamil yang umum terjadi pada kehamilan. Dan salah satu khasiat madu bagi para ibu hamil yaitu mengurangi beberapa gejala seperti halnya gejala mual dan muntah. Keluhan ibu hamil pada trimester I awal kehamilan. Cara pemberian madu bisa disesuaikan dengan selera kita misal kita bisa mencampurnya dengan roti atau makanan ringan lainnya sehingga mudah kita konsumsi. Dan ini adalah khasiat madu bagi ibu hamil yang pertama.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ibu Hamil.
Tidak dipungkiri bahwasannya para ibu hamil juga rentan untuk terkena berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang dan membahayakan baik bagi sang ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam madu ini akan bermanfaat sistem imun tubuh dan juga kesehatan pencernaan ibu hamil. Dengan terjaganya kesehatan pencernaan ibu hamil maka hal ini akan berdampak positif yaitu terjaganya dari gangguan pencernaan seperti halnya sembelit saat hamil dan yang lainnya.

3. Meningkatkan Nafsu Makan.
Kita tahu bahwa pada dasarnya seorang ibu hamil adalah memberikan nutrisi dan gizi kepada ibu sendiri serta juga janinnya. Dan salah satu mendapatkan banyaknya asupan nutrisi yang penting dalam kehamilan salah satunya adalah dengan aktifitas makan.

Bila ibu hamil berkurang nafsu makannya, hal ini akan berakibat pada pengurangan asupan gizi ibu hamil dan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan sang janinnya. Dengan minum madu secara rutin dan teratur, maka hal ini akan bisa menambah dan meningkatkan nafsu makan sang ibu hamil.

Selain berkhasiat untuk ibu hamil, madu ini juga bermanfaat untuk kesehatan janin dan proses melahirkannya nantinya. Beberapa manfaat madu bagi janin adalah sebagai berikut :

1. Melindungi Kesehatan Janin.
Ketika sang ibu hamil secara teratur minum madu dengan dosis dan takaran yang telah dianjurkan oleh tim kesehatan (medis) maka hal ini akan berguna untuk menjaga serta melindungi kesehatan janin selama dalam rahim sang ibunya. Konsumsi makanan yang bergizi ketika dalam masa mengandung akan sangat bermanfaat bagi janin untuk melindungi janin dari hal-hal yang membahayakan janin itu sendiri, Dan madu adalah merupakan alternatif pilihan yang bagus dalam hal ini. Dan ini adalah bagian dari khasiat madu bagi janin juga.

2. Mempercepat Proses Kelahiran Janin.
Dari beberapa pengalaman para ibu hamil yang telah melahirkan, ada berbagai hal yang perlu disimak. Ada yang mengalami proses persalinan dan kelahiran dilalui dengan mudah. Ada juga yang menceritakan bahwa proses kelahiran bayi berlangsung lama. Nah madu ini akan bermanfaat bagi janin terutama ketika proses melahirkan sedang berjalan.

Dari hasil penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil yang diberi madu nantinya pada saat proses kelahirannya akan menjadi lebih mudah. Proses terjadinya pembukaan rahim juga menjadi lebih cepat. Hal ini terjadi karena madu mengandung zat prostaglandine yang dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar yang menentukan waktu persalinan berlangsung lama atau pun sebentar.

Demikian tadi beberapa khasiat madu bagi ibu hamil dan juga bagi khasiat madu bagi janin yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan dalam rahim ibu selama masa kehamilan dan nantinya akan membantu dalam kelancaran proses persalinannya juga.

8 comments:

  1. Madu memang punya byk khasiat ya, selain mengobati sariawan trnyata bisa juga utk ibu hamil...

    ReplyDelete
  2. madu memang sangat banyak manfaatnya ya kang.sebetulnya masih banyak lagi khasiat yang lain dari madu.

    ReplyDelete
  3. amalan makanan sunnah yang sangat banyak manfaatnya, sebaiknya gunakan madu asli.

    ReplyDelete
  4. Tapi sekarang sulit cari madu yang asli seratus persen gan :)

    ReplyDelete
  5. Madu sangat bagus untuk membantu menjaga dan merawat kesehatan janin dalam kandungan.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  6. Informasi yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

    ReplyDelete
  7. makasih,,,,
    jdi tambah ilmu gan

    ReplyDelete