Tes CPNS Tahun 2013

Pendaftaran cpns 2013 telah banyak dinanti oleh masyarakat Indonesia yang yang menginginkan dirinya diterima sebagai pegawai negeri sipil (PNS 2013) ini. Karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan, menjadi abdi negara adalah merupakan salah satu untuk mendapatkan pekerjaan juga. Walaupun memang dalam setiap tahap seleksi penerimaan cpns tidaklah mudah. Dan termasuk juga dalam tes cpns tahun 2013 ini juga yang akan diperkirakan akan dilakukan pada bulan Oktober 2013 ini.

Jadwal penerimaan pendaftaran tes cpns 2013 bulan september ini telah dijelaskan oleh Asisten Deputi Perencanaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN) Arizal setelah pada sebelumnya telah terjadi pengunduran jadwal CPNS 2013 yang tadinya rencana akan diadakan pada Bulan Juni tetapi mengalami kemunduran karena satu dan lain hal. Salah satu penyebab mundurnya jadwal cpns ini dikarenakan persiapan tes cpns menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2013

Penjelasan Arizal tersebut di atas dilansir dan tertertuang dalam situs resmi Sekretariat Kabinet RI seperti dilansir detikcom, Senin (15/7/2013). Arizal mengatakan, dimajukannya jadwal pelaksanaan seleksi CPNS untuk umum itu dimungkinkan setelah Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelesaikan program Computer Assisted Test (CAT) di seluruh kantor regionalnya. "Tes CPNS dari pelamar umum Insya Allah dilakukan September. Sebelumnya memang Oktober, tapi karena menggunakan CAT dimajukan," kata Arizal.(solopos.com).

Seleksi cpns dopastikan september tahun 2013 ini memang harus disikapi dengan bijaksana oleh para peserta ujian cpns yang menginginkan keberhasilan dan kesuksesan dalam mengerjakan berbagai macam soal tes CPNS yang akan dilakukan di depan komputer nantinya. Perbedaan dalam rekrutmen cpns tahun 2013 ini dari tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan sistem tes tulis dalam setiap materi soal-soal tes cpns nya berlangsung.

Persiapan menghadapi dan mengerjakan tes dengan CAT (Computer Assisted Test) ini juga harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dan hal ini juga membutuhkan akan tips kiat lulus ujian CPNS pula.

Untuk keperluan ini yaitu persiapan dalam rangka pendaftaran CPNS 2013 ini jelas Arizal, Kemen-PAN akan memanggil seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dan kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Jakarta pada 18 Juli mendatang. Adapun jadwal pelaksanaan tes CPNS dari honorer kategori dua (K2) atau yang pendapatannya tidak diperoleh melalui APBN/APBD, menurut Arizal, tetap dilaksanakan Agustus tahun ini. "Tes honorer K2-nya yang kita dahulukan baru pelamar umum," terangnya.

Menurut Arizal, pelaksanaan tes CPNS 2012 akan menjadi model untuk rekrutmen pegawai baru di seluruh instansi. Kebijakan nasional ini dipilih setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyetujui seleksi CPNS 2013 menggunakan model tahun lalu.

Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Dan inilah yang masuk dalam kisi-kisi tes cpns 2013 tersebut.

Pelaksanaan tes ujian cpns akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian cpns pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan cpns di lembaganya maupun di kementriannya.

Lantaran tesnya dilakukan bertahap, Arizal memperkirakan jadwal pengujian tes kompetensi dasar (TKD) akan berlangsung dua bulan. Itupun setiap hari harus ada tes (pusat 700 orang, daerah 150 orang). Mereka semua pakai CAT sehingga hasil tes kompetensi dasarnya (TKD) langsung bisa terbaca.

Dan semoga nantinya dalam setiap proses penerimaan pendaftaran CPNS 2013 ini akan berjalan dengan baik, mengingat sistem yang digunakan adalah tergolong baru. Bagi sahabat-sahabat yang menginginkan kelulusan dalam tes cpns nantinya bisa belajar banyak mengenai soal-soal CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan berlatih dan mempelajari soal-soal yang banyak muncul dan soal-soal prediksi cpns 2013 ini.

Silahkan sahabat belajar dengan mengKLIK GAMBAR di bawah ini untuk berlatih soal-soal CPNS dengan menggunakan sistem komputerised :

Soal Latihan Ujian CAT CPNS 2013 KLIK DISINI

3 comments:

  1. Semoga semua calon-calon berjaya lulus untuk ujian ini. bagus sekali untuk hphone pun ada applicationnya.

    ReplyDelete
  2. nyimak infonya kang, ...sekalian silaturahmi.

    ReplyDelete
  3. apakah sistem Computer Assisted Test itu seperti pembuatan sim itu ya mas.. berarti butuh sosialisasi ya

    thank infonya

    ReplyDelete