Pendaftaran CPNS Online Agustus 2014 panselnas.menpan.go.id

Alamat website situs pendaftaran online cpns tahun 2014 adalah di http://panselnas.menpan.go.id yang akan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 20 agustus sampai dengan 3 September 2014 ini. Hal ini seperti informasi yang didapat dari laman website sekretariat kebinet www.setkab.go.id.

Jadwal pembukaan penerimaan seleksi tes cpns 2014 ini tentunya akan dinantikan oleh banyak masyarakat yang ingin mendaftar untuk menjadi salah satu dari abdi masyarakat dan abdi negara melalui pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 ini.

Apalagi dengan informasi terbaru bahwa Pemerintah Akan Menaikkan Gaji PNS TNI Polri 6 Persen Tahun 2015 ini. Hal ini seperti informasi mengenai instansi pemerintah kementrian lembaga negara serta daerah yang membuka lowongan cpns 11 agustus - 24 agustus 2014.

Pendaftaran CPNS Online Agustus 2014 panselnas.menpan.go.id

Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja dalam situs setkab.go.id dituliskan bahwa pendaftaran secara online melalui portal nasional panitia seleksi nasional/ Panselnas (panselnas.menpan.go.id) pada 25-29 Agustus 2014.

Baca INFORMASI UPDATE CPNS KEMENTRIAN PUSAT DAERAH YANG TELAH MEMBUKA PENDAFTARAN CPNS ONLINE 2014 DI PANSELNAS.MENPAN.GO.ID di informasi-informasi berikut ini :
Untuk melengkapi informasi terbaru seputar CPNS 2014 berikut adalah keterangan dari Herman Suryatman yang merupakan Kepala Biro Hukum dan Informasi Komunikasi Publik Kementerian PANRB dimana ia menjelaskan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau calon aparatur sipil negara (ASN) 2014 akan dilakukan dan diumumkan secara satu pintu (single entry). Maksudnya adalah bahwa pada setiap pelamar dan pendaftar CPNS secara nasional akan dilakukan hanya melalui satu website terintegrasi.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menunda pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 dari 4 Juli menjadi antara tanggal 11 sampai 20 Agustus 2014.

Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan pendaftaran secara online, melalui portal nasional Panselnas pada tanggal 25-29 Agustus 2014.

Instansi yang membuka formasi CPNS, kata Setiawan, dapat mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11 - 24 Agustus 2014. Setiawan menambahkan, instansi wajib mengumumkan secara terbuka peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2014 melalui media online atau media cetak.

Pendaftaran CPNS Online Agustus 2014

"Jadwal ini masih bersifat sementara, dan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan perkembangan," kata Setiawan.

Ia menyebutkan, Instansi Pusat Daerah Pada Penerimaan CPNS 2014 akan menerapkan ujian CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT), yaitu ujian yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu komputer.

“Instansi pusat dan beberapa pemerintah provinsi dipastikan akan menerapkan sistem CAT CPNS ini,” kata Setiawan.

Baca juga tentang :
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar melalui Sekretaris Menteri Tasdik Kinanto telah mengirimkan surat bernomor : B/2870/M.PAN/7/2014 tertanggal 25 Juli 2014 kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah agar mematuhi jadwal kegiatan pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014.

Dalam lampiran surat itu disebutkan, bahwa pengumuman lowongan CPNS di masing-masing instansi pemerintah (Pusat dan Daerah) harus sudah dilakukan pada periode tanggal 18-29 Agustus 2014, sementara pendaftaran CPNS secara online melalui portal nasional : http://panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id harus dilakukan pada 20 Agustus – 3 September 2014.

Yang telah resmi melakukan proses pendaftaran cpns secara online melalui website panselnas ini di tanggal tersebut diatas adalah Badan Narkotika Nasional. Baca lebih lanjut mengenai lowongan pendaftaran CPNS BNN 2014 di link informasi berikut ini : Pendaftaran CPNS Online Badan Narkotika Nasional Tahun 2014

Dengan system satu pintu ini maka calon pelamar akan dimudahkan karena cukup dengan mengakses situs yang berlamat di http://panselnas.menpan.go.id saja kita sudah bisa memperoleh informasi soal pendaftaran CPNS dan juga melakukan pendaftaran secara online.

http://panselnas.menpan.go.id

Kepala Biro Hukum, Informasi dan Komunikasi Publik Herman Suryatman menjelaskan bahwa alamat situs tersebut memang belum bisa diakses oleh masyarakat yang berminat melamar.

“Kita masih berproses sehingga belum bisa diakses. Situs Panselnas itu bisa diakses nanti kalau sudah ada lembaga yang mulai membuka pendaftaran. Dan itu masih menunggu penetapan dari Menteri PAN RB,” kata Herman, Senin (4/8/2014).

Dikatakan Herman, memang masih ada Kementerian dan Lembaga baik pusat maupun daerah yang belum menyampaikan rincian formasi. Namun demikian dirinya memastikan bahwa proses penerimaan tetap akan berjalan sesuai rencana.

Terkait dengan hal itu, Menteri PAN-RB meminta para Pejabat Pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah agar segera menyampaikan syarat pendaftaran ke Kantor Kementerian PAN-RB selambat-lembatnya pada 6-8 Agustus 2014.

Dan jangan lupakan pula tips kiat sukses mengerjakan soal-soal tes CAT CPNS Resmi BKN yang disampaikan oleh wakil kepala Badan Kepegawaian Negara 2014 Bima Haria Wibisana pada Hari Kamis 21 Agustus 2014. Simak lebih lanjut dalam artikel informasi berikut ini : Tips Cara Mengerjakan Tes CAT Online CPNS 2014

"Perlu kami beritahukan, bahwa sampai dengan tanggal 25 Juli 2014, hanya 34 instansi yang sudah menyampaikan syarat pendaftaran CPNS sebagaimana dimaksud,” bunyi surat Menteri PAN-RB yang ditandangani oleh Sekretaris Menteri Tasdik Kinanto itu. ( www.setkab.go.id)
Menurut keterangan resmi dari Kemenpan-RB semua pendaftaran cpns 2014 bisa dilakukan di situs panselnas.menpan.go.id, akan tetapi sistem baru ini belum bisa menjangkau banyaknya ratusan ribu bahkan jutaan calon pendaftar yang masuk dalam waktu hampir bersamaan dalam server situs resmi ini sehingga situs tersebut dari kemarin belum bisa diakses secara normal, meskipun sempat diberitakan bahwa situs ini siap untuk menerima pendaftarann pada hari rabu tanggal 20 agustus kemarin

Cara Pendaftaran CPNS Online 2014 Panselnas dan sccn.bkn.go.id


Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menetapkan bahwa alamat untuk melakukan registrasi daftar online seleksi penerimaan rekrutmen CPNS bulan Agustus Tahun 2014 adalah melalui laman situs website http://panselnas.menpan.go.id dan juga website situs http://sscn.bkn.go.id

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS Panselnas 2014

Setelah bisa masuk website daftar registrasi cpns portal nasional cpns tahun 2014 tersebut diatas, dan setelah proses pendaftaran di panselnas.menpan.go.id selesai maka akan dilanjutkan ke situs sscn.bkn.go.id tahapan alur proses pendaftaran sebagai berikut :
  • Pelamar akan mendapatkan username dan password dan link registrasi untuk melanjutkan pendaftaran melalui email yang aktif yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Setelah mendapatkan username dan password pelamar bisa login ke www.sscn.bkn.go.id dan melakukan pengisian biodata dan memilih jabatan yang akan dilamar lalu mencetak kartu registrasi.
  • Pelamar menyiapkan dan mengirimkan berkas sesuai dengan persyaratan instansi dan wajib menyertakan kartu registrasi dari sscn.
  • Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas berdasarkan syarat pendaftaran dan untuk pelamar yang dinyatakan lulus administrasi dapat langsung mencetak kartu peserta dan melanjutkan tes TKD.
  • Pelamar akan mendapatkan kartu ujian peserta cpns 2014.
  • Pelamar bisa melihat status pelamar lewat situs sscn.bkn.go.id atau semua media cetak TV atau web instansi masing masing yang dipublish oleh instansi.
Tata Cara Pendaftaran Online CPNS SCCN.BKN.GO.ID 2014

Dikutip dan dilansir dari laman Panselnas.menpan.go.id, secara umum persyaratan pendaftaran online memuat syarat-syarat sebagai berikut :
  • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  • Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  • Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  • Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  • Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  • Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.
Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta pelamar digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki wewenang untuk melakukan perubahan pada isian para pelamar cpns online di panselnas ini.

Berikut tampilan formulir registrasi pendaftaran online cpns Panselnas seperti screenshoot gambar di bawah ini :

Formulir Registrasi Pendaftaran Online CPNS Panselnas 2014

Untuk langsung melakukan pendaftaran dan registrasi secara online di panselnas silakan sahabat bisa langsung menuju ke link berikut ini : https://regpanselnas.menpan.go.id.

Menurut informasi yang dijelaskan oleh Herman Suryatman selaku dari Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Jadwal Pendaftaran CPNS Online di Panselnas diundur dan jadwal para pelamar cpns untuk melakukan registrasi daftar secara online adalah dimulai pada tanggal 24 Agustus sampai dengan 7 September 2014. Baca di informasi update berikut ini : Pendaftaran CPNS Online 24 Agustus 2014 Panselnas .

76 comments:

  1. selamat menadaftar onling dan memohon bagi calon-calonnya dan semoga berjaya.

    ReplyDelete
  2. semoga lolos..amin..

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas infonya bos smoga saya bisa mengikuti dan lolos seleksi amin

    ReplyDelete
  4. Fadli aminun@yahoo.comAugust 19, 2014 at 9:13 AM

    Ammiinn

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya, tapi saya berasal dari jurusan Bimbingan dan Konseling dari Universitas Negeri Jakarta lulus tahun 2011, sekarang tinggal di Magelang, Jateng belum ada formasi yang sesuai dan apabila mau mencoba jalur umum kok menurut info dari Badan Kepegaiwan Daerah (BKD) langsung tidak lolos secara administrasi, infonya di internet boleh yang dari jalur umum, bagaimana sebenernya...apakah kursi PNS yang tersedia sudah dipesan oleh oknum tertentu ???

    ReplyDelete
  6. daftarnya gmn ko ga bs dibuka ini kan udah tgl 20?

    ReplyDelete
  7. ah belum bisa di buka...................

    ReplyDelete
  8. semoga saya,mba saya, dan kakak saya jadi pns, aamiinn

    ReplyDelete
  9. Pendaftarannya belum dibuka ya ?

    ReplyDelete
  10. yang jelas bukanya kapan ?

    ReplyDelete
  11. linknya yg dapot dibuka untuk pndftran yg mna , ko buka yg web www.panselnas.menpan.go.id ga bisa . tlong infonya .. trmks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar karena server yang banyak sekali dikunjungi sehingga akan dirasakan susah untuk membukanya sahabat Yantiie....
      Maklum saja seluruh indonesia banyak yang mengakses sius website resmi pemerintah dalam rangka penerimaan pendaftaran cpns online seluruh Instansi harus melalui panselnas.menpa.go.id

      Delete
  12. info donk gmn cara dftarnya klo ada yg sudah bisa login....

    ReplyDelete
  13. link yang di tawarkan sesuai info tidak jelas, jika di buka isinya hanya info-info saja, tidak ada form pendaftarannya, lantas yang benar yang mana????

    ReplyDelete
  14. MASIH BELUM BISA DI BUKA PORTAL PANSELNA..MOHON INFONYA???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harap bersabar, tentunya pemerintah terkait juga sedang mengusahakan yang terbaik untuk para calon pelamar calon pegawai negeri sipil di tahun ini sahabat

      Delete
  15. sankin canggihny IT di indonesia, bkny tambah mudah cra daftarny. Mlh jd buat stress. Mending versi lama ja. Wlaupun ksna kmari hbis biaya urus document. Tp puas

    ReplyDelete
  16. kok, tak ada tampilan pendaftaran di situs panselnas ini????? sudah buka atau belum??????

    ReplyDelete
  17. Masih belum bisa dibuka...formasi juga belum ada ya pak untuk Kabupaten Tuban-Jatim??? Harus bersabar.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera diakses dan sahabat-sahabat bisa langsung melakukan proses registrasi daftar secara online di website panselnas.menpan.go.id dan juga website sscn.bkn.go.id

      Delete
  18. caranya mendaftar gmna ya,, situs ini ga ada form nya, mkasih

    ReplyDelete
  19. Wadoh....sy jd galau, tlng donk tmn2 smua bagi infonya. Dr kmrn smpi skrg gk bs daftar

    ReplyDelete
  20. Kalau sdh ada yg bisa buka tolong konfirmasi ya tmn2 khususnya mas ferry nurse,....
    Boleh kirim e-mail ke rasya_nr2h@yahoo.co.id
    Mksh sblmnya,....

    ReplyDelete
  21. Pas dicoba subuh hari ini masih belum bisa sayang juga. Harus pantau terus nih.

    Kalau ada kabar selanjutnya beritahu ya via e-mail:
    dewapuitis@ymail.com

    ReplyDelete
  22. Wktu mh trus berjalan.ttep ja gk bisa d buka.pusing.

    ReplyDelete
  23. belumbisa daftar juga di panselnas...iki piye toh...mohon infonya ya trims

    ReplyDelete
  24. kok masih susah buka website panselnas.menpan,smpe skrg msih blum bisa dibuka,tlong dipermudah cara pendaftarannya jgn dipersulit donk tks

    ReplyDelete
  25. kpan di bukanya ko masih blm bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pada informasi terakhir pendaftaran secara online baru bisa dilakukan di tanggal 29 Agustus 2014. Dan waktu pendaftaran cpns online di website panselnas.menpan.go.id adalah dari tanggal 24 agustus sampai dengan tanggal 7 September di atas.
      Informasi bisa dibaca pada link update diatas

      Delete
  26. leeeeeeeeeeeekkk aku pngen dadi PNS looooooo,,,,peeeellllllliiiiiissss leeekkkkk huuuuuuuuffftttt

    ReplyDelete
  27. apa sih mau nya ni info cpns ngk jelas

    ReplyDelete
  28. kalau ada berita lanjutan,tlg info ya,via e-mail
    charles_kasse@yahoo.com

    ReplyDelete
  29. kok gk bsa2 di bka pendaftran cpns di website panselnas.menpan.go.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. pembukaannya mundur di tanggal 24 agustus 2014 ini sahabat...silakan membacanya informasinya di link tautan paling bawah

      Delete
  30. Mga jadi abdi negara yg melayani.....

    ReplyDelete
  31. Tanggal berapa sich ini akan dimula???????

    dan apa saja syarat''Nya
    saya jurusan PJOK apa ada juga ya formasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi terakhir baru akan bisa diakses untuk melakukan pendaftaran secara online Hari ini Minggu 24 Agustus 2014 sahabat Ari. Silakan membacanya informasi terbaru terkini di akhir artikel diatas sudah ada link informasinya sahabat.

      Semoga bisa membantu dan semoga pula website Panselnas tidak tidak ngadat dan down lagi serta tidak mundur lagi penjadwalannya

      Delete
    2. sampai hari ini pendaftaran belum bisa dibuka

      Delete
    3. Dicoba terus sahabat Deddy...teman ada yang telah berhasil mendapatkan pasword untuk mendaftar ulang pada laman website resmi Instansi yang telah dilamar.
      Silakan membacanya di informasi terakhir pendaftaran cpns panselnas mulai tanggal 24 agustus sampai dengan 7 September 2014 ini yang linknya telah ada di akhir artikel ini.
      Terima kasih dan semoga bisa mendaftar segera karena waktu dafta online hanya dibatasi sampai 2 minggu

      Delete
  32. pendaftaran cpns online 2014 masih belum jelas

    ReplyDelete
  33. mana ko masih belum bisa dibuka juga hemmm.. jadi bikin emosii

    ReplyDelete
    Replies
    1. pendaftaran sudah dimulai, websitenya belum bisa dibuka. hemmmm...jadi engga sih?

      Delete
  34. kata'y tanggal 24 Agustus,,,,tpi smpe skrng Link Panselnas.menpan.go.id blom bsa buka juga.

    ReplyDelete
  35. masih bingung nih,,
    admin tolong donk kasih cara buat daftar yang jelas dan mudah dimengerti.. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya sudah terlihat di atas sahabat Hikmat...semoga bisa membantu dan sukses selalu melalui proses dan tahap demi tahap pendaftaran cpns tahun 2014 ini

      Delete
  36. saya sudah bsa masuk ke alatmya.,.dan sudah keluar formulirnya.,.tapi kok gak ada ya Kota yang dipilih dan lembaga yang dipilih gak ad ya,.,.
    Mislnya...,Guru, Kebidanan, trus Prov/Kota yang mo dipilih gak ada.,
    gmna ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau melihat tampilan link tempat registrasi daftar online Panselnas hanya akan terlihat beberapa instansi Kementrian saja yang ada di dalam daftarnya. Karena sesuai pengumuman resmi, instansi yang lain sedang dalam proses sahabat.
      Nanti kalau ada informasi terbaru dan juga update akan diinformasikan selanjutnya.
      Terima kasih

      Delete
  37. gan gimana ni ? kok gak bisa masuk-masuk ni, masih sempit kayaknya ni. barang baru,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah terlihat alur pendaftaran seperti gambar screenshot di atas sahabat, dan bisa langsung menuju kelink untuk mendaftar online...semoga sukses

      Delete
  38. prosedur pendaftaran CPNS online kok "ribet" kayak gini ya,,,melebihi ribetnya saat saya ikut UKG 2014,,,padahal sama" online di kementrian,,,birokrasi yang ngga pernah berubah,,,

    ReplyDelete
  39. sebenernya kapan pendaftarannya she ?
    kok susah bgt mau daftarnya doang, apalagi nanti pas ujiannya ,,.
    kata ibu gw tgl 7 septmbr .. bener gak she ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Informasi terakhir dari kemenpanRB adalah bahwa pendaftaran dimulai 24 agustus sampai dengan tanggal 7 September, kecuali nantinya pemerintah dan KemenpanRB memperbaharui jadwal seleksi tes cpns 2014 ini sahabat Maulana

      Delete
    2. sabar nuggunya tiba saatnya muncul ji it

      Delete
    3. bos gimana cara daftar nya trus web nya apa sampe skrg saya blm bisa daftar mohon infonya bosss trimakasih lam kenal???

      Delete
    4. Untuk registrasi online langsung menuju ke link regpanselnas.menpan.go.id dan link tautannya sudah ada diakhir artikel ini sahabat Tomi

      Delete
  40. udah bisa dibuka kawan buruaaannnnn

    ReplyDelete
  41. SIIP BARU BISA NIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga sukses ya daftar dan tes cpns online 2014 ini

      Delete
  42. Hmmm somoga saja saat indtansi Чªπğ lain dibuka, jaringan tidak bermaslah dan kita masih memiliki kesepatan Чªπğ merata untuk dpat mendftkan cpns Ωÿâ..kami slalu mencri info terkini tntng perkmebgan istansi Чªπğ lain terkait pembukaan cpns, smoga tidak ada kendla lagi...

    ReplyDelete
  43. maksud dari "Dalam Proses" itu apa yh? share dong infony

    ReplyDelete
  44. sudah tgl 2 kok masih sulit

    ReplyDelete
  45. bingung... knapa blom bisa di buka juga????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mulai dibuka. hanya saja beberapa instansi kementrian belum secara resmi membuka secara online. Pemerintah daerah juga sampai saat ini hanya beberapa saja belum keseluruhannya.

      Kalau belum bisa dibuka website panselnas nya memang mungkin saat akan masuk ke websitenya sedang banyak diakses sehingga kesulitan. Silakan mencobanya pada waktu waktu yang dimungkinkannya akses masuk ke panselnas.menpan.go.id nya tidak terlalu banyak. Maklum jutaan yang online masuk ke panselnas untuk registrasi online

      Delete
  46. sudah ada pasword dan user name tapi klik daftar untuk mengisi formulir pendaftaran sudah ada nama orang lain gi mana ni

    ReplyDelete
  47. dftar panselnas udah bisa,,,koq saat d sscn mlah ada pemberitahuan username tidak ditemukan,,,,gimna ini ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mengalami hal yang sama d/mba ais aisyah...padahal di email sudah jelas username n password'y!! bagaimana y/

      Delete
  48. NIK saya slalu invalid,tidak bs dbuat daftar? padahal saya bru daftar dan saya tanyakan ke Discapilduk NIK saya sudah benar?? Tolong penjelasannya...??

    ReplyDelete
  49. sudah registrasi awal kok username n paswornya blm di kirm ke email..pdhl emailx valid n registrasi awalx brhasil..n batas waktux sudah 1x24 jam..gmn ni???

    ReplyDelete
  50. serverx kapan dibuka sih? ko msih dlam perawatan trus?

    ReplyDelete