Syarat Lulus SNMPTN 2015

Nilai rapor dan nilai akreditasi sekolah menjadi penentu kelulusan SNMPTN tahun 2015. Hal ini dikemukakan oleh Rochmat Wahab selaku dari ketua panselnas SNMPTN serta juga Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) seperti informasi dan pemberitaan yang dimuat di tribunnews.com.

Pendaftaran SNMPTN 2015 yang telah dimulai tanggal 13 pebruari 2015 ini tentunya menjadi harapan bagi para siswa-siswi yang lulus SMA untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri favorit pilihan di tahun 2015 ini. Karena memang ujian seleksi masuk PTN 2015 tidaklah mudah dan banyak saingannya.

PTN punya cara tersendiri untuk menyeleksi calon mahasiswa melalui jalur non tes yang sudah dimulai pendaftarannya 13 Februari itu. Hermanto Siregar, Wakil Rektor IPB Bogor menyebutkan bahwasannya seleksi calon mahasiswa berdasarkan nilai rapor mulai dari semester I hingga V.

Tidak hanya itu, ternyata PTN juga memiliki catatan rekam akademis dari setiap sekolah guna mencegah kemungkinan munculnya kecurangan.

Syarat Lulus SNMPTN 2015

Kriteria Syarat Penentu Kelulusan SNMPTN Tahun 2015


Pengumuman kelulusan SNMPTN 2015 tentunya akan sangat dinantikan oleh para siswa yang telah mendaftar dan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri di tahun 2015 ini.

Untuk itulah mengetahui kriteria syarat dan ketentuan untuk bisa lolos snmptn dan menjadi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Indonesia adalah merupakan salah satu cara tips lolos sukses snmptn 2015 ini pula.

Nilai rapor sekolah adalah pertimbangan utama dalam SNMPTN. Demikian diungkapkan oleh Rochmat Wahab. Rochmat yang juga ketua panselnas SNMPTN menyebutkan, tiap universitas akan mengecek satu per satu nilai rapor siswa yang mendaftar.

"Penilaian rapor harus diverifikasi terlebih dahulu. Jangan sampai ada manipulasi data," tuturnya.

Selain rapor, panitia SNMPTN juga mempertimbangkan hal lain, yakni prestasi dan keterampilan. Misalnya saja keterampilan olahraga, seni, hingga hafalan Al-quran

Indikator Kelulusan SNMPTN


Indikator yang dinilai oleh Panselnas dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2015 ini ada 3 seperti yang diterangkan oleh Werry Darta Taifur selaku Rektor Universitas Andalas seperti yang dilansir tribunnews yaitu :
  • Indikator Sekolah yaitu seperti halnya yang sudah masuk Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), akreditasi sekolah, akselerasi, unggulan dan regular.
  • Indikator Siswa yaitu yaitu nilai rata-rata rapor yang konsisten, prestasi siswa baik tingkat internasional, nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota dan lain-lainnya.
  • Alumni SMA/SMK/MA di kampus bersangkutan. Maksudnya adalah bahwa Pansel akan melihat indeks prestasi kumulatif (IPK) alumni di perguruan tinggi yang dituju, dan jumlah lulusan di SMA/SMK/MA di kampus tersebut.
Jika baik, artinya pendaftar dari SMA tersebut dipertimbangkan untuk masuk kampus PTN yang dituju.

Tidak hanya itu, Werry menyebut, distribusi ujian tulis tiga tahun terakhir dan jumlah siswa SMA tertentu yang lulus ujian tulis dari SBMPTN tiga tahun terakhir juga menjadi pertimbangan bagi PTN menentukan kelulusan SNMPTN.

2 comments:

  1. infonya sangat menarik, terimaksih telah berbagi.

    ReplyDelete
  2. Informasinya sangat membantu sekali,,, Terimakasih atas infonya,,
    informasi terkait SNMPTN lainnya kami tunggu yaa.. :)

    ReplyDelete