Rekrutmen Seleksi CPNS Tahun 2015

Seleksi penerimaan pendaftaran CPNS Tahun 2015 tetap diadakan oleh pemerintah dan BKN. Hal ini seperti dikemukakan oleh Tumpak Hutabarat selaku dari Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara seperti informasi yang dilansir dari jpnn.com.

Hal ini berkaitan juga dengan informasi Moratorium Penerimaan CPNS Selama 5 Tahun yang dimulai dari 2015 sampai dengan tahun 2020 yang ditetapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemanpan-RB) di akhir tahun 2014 yang lalu.

Rekrutmen Seleksi CPNS Tahun 2015

Penerimaan CPNS 2015


Kepastian tentang adanya pendaftaran dan rekrutmen seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di tahun 2015 oleh BKN ini memang tetap diadakan. Hanya saja usulan kuota cpns 2015 yang prosesnya akan diperketat oleh BKN.

Kepala Biro Humas BKN Tumpak Hutabarat menjelaskan, beberapa waktu lalu memang sempat ada kabar moratorium tes CPNS hingga 5 tahun ke depan.

"Moratorium CPNS itu bukan berarti berhenti total. Tahun depan 2015 masih ada tes CPNS," katanya di Jakarta bulan desember 2014 seperti dilansir jpnn.

Meski begitu, Tumpak mengatakan usulan kuota tes CPNS tahun depan diperketat. Dia menjelaskan instansi, khususnya pemerintah daerah, harus melihat dulu nota keuangan APBD masing-masing.

Pemerintah daerag dengan belanja pegawai sekitar 70 persen, dipastikan tidak akan mendapatkan alokasi CPNS baru.

"Daerah-daerah itu kita minta untuk fokus menata CPNS dulu," jelas dia. Sebab dengan alokasi anggaran 70 persen untuk belanja pegawai, diasumsikan sudah tidak butuh penambahan CPNS baru lagi. Jika ditambah maka dalam hal ini anggaran pemerintah daerah habis untuk gaji pegawai saja.

Jadwal Pendaftaran CPNS Tahun 2015


Terkait dengan jadwal pembukaan penerimaan rekrutmen seleksi cpns 2015 ini nantinya, Tumpak menuturkan belum ada kepastian mengenai kapan pelaksanaan ujian seleksi penerimaan cpns.

Dia menjelaskan Tes CPNS 2015 dipastikan digelar setelah rangkaian tes CPNS 2014 selesai semuanya. Meski sekarang mendekati pergantian tahun, Tumpak mengatakan ada beberapa instansi yang belum melaksanakan tes CPNS 2014.

Selain itu, Tumpak juga belum bisa memberi penjelasan tentang kuota tes CPNS 2015 nanti. Sebab panitia seleksi nasional (panselnas) akan membuat regulasi permohonan kuota CPNS baru yang ketat.

Sementara itu Tumpak juga memaparkan perkembangan penyelesaian tes CPNS 2014. Selain masih ada beberapa instansi yang belum menjalankan tes kompetensi dasar (TKD), pemberkasan nomor induk pegawai (NIP) juga belum diproses.

Jadi kita tunggu bersama informasi pengumuman pendaftaran cpns kemenkes 2015, pendaftaran cpns kemendikbud 2015, pendaftaran cpns kemenkeu 2015 resmi dari pemerintah.

0 komentar: