Test Pap Smear

Pemeriksaan Pap Smear dan juga bagi kita semua yang peduli akan kondisi kesehatan diri kita dan tentunya juga kesehatan keluarga kita, pemeriksaan kesehatan tentunya merupakan salah satu prioritas yang pokok utama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Apalah artinya bila kita memiliki banyak kekayaan tetapi justru badan kita dihinggapi berbagai macam penyakit ? Tentunya kita juga tidak akan merasakan kebahagiaan yang hakiki juga. Untuk itulah pentingnya kita mengetahui manfaat tujuan Pap Smear pada kaum wanita juga.

Untuk itulah kita juga harus mensyukuri nikmat sehat yang ada pada kita semuanya. Termasuk cara dalam mensyukuri nikmat sehat tersebut adalah dengan kita menjaga kesehatan kita, menjaga pola makan kita serta juga menjaga pola tidur kita juga.

Salah satu jalan menjaga kesehatan diantaranya dengan melakukan pencegahan penyakit sebelum penyakit menyerang dan bersarang dalam tubuh kita. Pada kesempatan kali ini kita bersama akan mencoba sharing sedikit mengenai test pemeriksaan kesehatan khususnya adalah kaum wanita dan juga berhubungan dengan kesehatan reproduksi wanita pula. Pemeriksaan kesehatan tersebut kita kenal dengan pemeriksaan Pap Smear pada wanita

Pemeriksaan Test Pap Smear

Pengertian pap smear adalah suatu pemeriksaan kesehatan wanita dengan mengambil sedikit lendir leher rahim melalui proses tertentu serta pemeriksaan dibawah mikroskop akan diperiksa perubahan sel-sel permukaan leher rahim. Test Pap smear adalah suatu metode skrining ginekologi yang di cetuskan oleh Papanikolou, yang mana bertujuan untuk mendeteksi kanker mulut rahim yang di sebabkan oleh Human Papiloma Virus ( HPV ), sehingga kanker mulut rahim bisa dideteksi sedini mungkin sebelum berkelanjutan.

Pemeriksaan Pap Smear juga adalah salah satu cara di bidang kesehatan untuk mendeteksi kanker leher rahim secara dini. Sehingga hal ini masuk juga dalam hal pencegahan dini. Dan ada juga kategori wanita yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan test pap smear ini sendiri. Kategorinya adalah wanita yang telah menikah dan juga wanita yang telah melakukan hubungan seksual. Cara pemeriksaan pap smear secara sederhanya yaitu dilakukan dengan cara memasukkan alat (spekulum) ke dalam vagina pasien, kemudian akan di ambil sample sel dengan menggunakan spatula kayu atau plastik. Kemudian sample sel tersebut akan di periksa di laboratorium.

Seperti telah diterangkan di atas tujuan test pap smear ini adalah mengetahui atau pun mendeteksi adanya kanker leher rahim / kanker mulut rahim. Kanker mulut rahim ini merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita, juga merupakan penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Tetapi kanker leher rahim stadium dini yang cepat ditangani dapat sembuh 100%. Artinya, semakin dini penyakit kanker diketahui maka semakin mudah menanganinya.

Waktu yang tepat untuk melakukan tes Pap Smear adalah setiap saat di luar masa haid secara teratur. Lalu kapan dan siapa yang perlu pemeriksaan Pap Smear ini. Yang perlu memeriksakan kesehatan yang berhubungan dengan Pap Smear ini adalah wanita yang sudah melakukan hubungan seksual dan berusia lebih dari 18 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan ini tiap tahun. Atau bila hasil pemeriksaan normal, boleh dilakukan 2- 3 tahun sekali sesuai dengan petunjuk dokter.

Pemeriksaan Pap Smear ini adalah pemeriksaan untuk kesehatan wanita dan erat hubungannya dengan aktifitas seksual itu sendiri. Maka ada beberapa faktor resiko yang perlu diperiksa dengan pap smear ini.

Beberapa faktor resiko bagi wanita untuk membutuhkan pemeriksaan pap smear ini adalah diantaranya :
  1. Mempunyai aktifitas seksual pada saat remaja.
  2. Saat akan diperiksa mempunyai riwayat hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.
  3. Mempunyai riwayat penyakit menular seksual.
  4. Keluarga mempunyai riwayat penyakit kanker serviks.
  5. Adanya infeksi human papilloma virus (HPV).
  6. Sebagai perokok baik aktif maupun pasif, zat nikotin serta “racun” lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi cervical neoplasia atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim.
Manfaat tujuan pemeriksaan pap smear adalah mendeteksi beberapa kelainan diantaranya yaitu :
  1. Infeksi kuman, jamur, parasit maupun virus
  2. Berbagai tingkatan perubahan sel pra kanker
  3. Sel Kanker Leher Rahim
Demikian tadi sahabat-sahabat semuanya mengenai test pap smear dan hal yang berhubungan dengannya. Bagi para wanita tentunya mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati apalagi kanker leher rahim ini termasuk jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada kaum wanita. Sekali lagi jenis pemeriksaan tes pap smear ini perlu dilakukan untuk wanita yang pernah melakukan kontak seksual (berapapun umurnya) sampai dengan usia 65 tahun guna mendeteksi kemungkinan terjangkitnya Kanker Rahim khususnya kanker mulut rahim.

4 comments:

  1. pap smear ini dipandang remeh oleh sebahagian wanita...nanti kalau terdeteksi kanker leher rahim-nya sudah gawat...barulah mau mengobatinya...namun terkadang sudah terlambat :)

    ReplyDelete
  2. Di malaysia , setelah wanita beranak sahaja , mereka perlu menjalani ujian pap smear :) tak risau sangat , kalau tak beranak pun , masih boleh jalani ujian pap smear secara percuma ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sahabat atas berbagi infonya juga mengenai test pap smear di Malaysia

      Delete
  3. Makasih buat infonya sangat membantu, tp apa test ini perlu tanya konsultasi ke dokter dlu ya?tq.

    ReplyDelete