Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Jenis Gangguan Tidur

Macam gangguan tidur ternyata tidak sedikit. Banyak juga yang mengalami berbagi macam gangguan tidur yang akan mengganggu jam istirahat seseorang. Istirahat tidur dalam waktu 6 – 7 jam sehari akan memberi kualitas tidur yang baik dan memberi pengaruh positif terhadap tubuh ketika bangun atau beranjak dari tidur maka akan kita dapatkan tubuh akan merasa segar dan lebih baik serta membuat tubuh kita akan siap kembali untuk melakukan aktivitas dalam kesehariannya. Dan bila hal ini dibiarkan berlarut-larut tentunya juga akan mengganggu kesehatan kita juga.

Bila kebutuhan tidur kita tidak dapat terpenuhi dengan baik maka hal ini akan mengakibatkan adanya gangguan-gangguan dalam pemenuhan kebutuhan tidur seseorang. Contoh gangguan dalam pemenuhan kebutuhan tidur yang paling banyak terjadi adalah insomnia. Hal ini pernah dibahas dalam artikel-artikel yang menyangkut mengenai kebutuhan tidur dan istirahat adalah mengenai insomnia. Dan ini juga masuk dalam bagian kurang tidur.

Jenis Macam Gangguan Tidur

Berikut adalah beberapa contoh dari gangguan tidur diantaranya yaitu :

Insomnia.
Yang dimaksud dengan pengertian insomnia adalah ketidakmampuan memenuhi kebutuhan tidur, baik itu secara kualitas maupun dalam hal kuantitas. Gangguan tidur ini umumnya ditemui pada individu dewasa. Penyebab insomnia bisa karena gangguan fisik atau karena bisa juga karena faktor mental seperti adanya perasaan gundah atau pun gelisah yang tida segera diatasi dengan baik. Untuk itu juga perlu beberapa cara tips tidur untuk insomnia yang baik dan efektif.

Parasomnia.
Jenis gangguan tidur dan juga gangguan pemenuhan kebutuhan tidur yang satu ini adalah merupakan perilaku yang dapat mengganggu tidur atau muncul saat seseorang tidur. Gangguan tidur pada anak ini umumnya menimpa anak-anak ini. Beberapa contoh gangguan tidur yang masuk dalam turunan parasomnia antara lain sering terjaga (contohnya : tidur berjalan, night terror), gangguan transisi bangun-tidur (contohnya : mengigau), parasomnia yang terkait dengan tidur REM (contohnya : mimpi buruk),dan lainnya (contohnya : bruksisme).

Hipersomnia.
Macam gangguan tidur semacam ini adalah merupakan kebalikan dari insomnia, yaitu tidur yang berkelebihan terutama pada siang hari. Kurang tidur ini dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti kerusakan system saraf, gangguan pada hati atau ginjal, atau karena gangguan metabolisme (contohnya : hipertiroidisme). Pada kondisi tertentu, hipersomnia dapat digunakan sebagai mekanisme koping untuk menghindari tanggung jawab pada siang hari.

Narkolepsi.
Yang dimaksud dengan pengertian narkolepsi adalah gelombang kantuk yang tak tertahankan yang muncul secara tiba-tiba pada siang hari. Gangguan ini disebut juga sebagai "serangan tidur" atau sleep attack. Penyebab narkolepsi pastinya belum diketahui. Diduga karena kerusakan genetik system saraf pusat yang menyebabkan tidak terkendali lainnya periode tidur REM. Alternatif pencegahannya adalah dengan obat-obatan, seperti contohnya adalah amfetamin atau metilpenidase, hidroklorida, atau dengan antidepresan seperti imipramin hidroklorida.

Apnea saat tidur.
Macam jenis gangguan tidur jenis yang satu ini adalah suatu kondisi terhentinya nafas secara periodik pada saat tidur. Kondisi ini diduga terjadi pada orang yang mendengkur saat tidur dengan keras, sering terjaga di malam hari, insomnia, mengatup berlebihan pada siang hari, sakit kepala disiang hari, iritabilitas, atau mengalami perubahan psikologis seperti hipertensi atau aritmia jantung.

Demikian beberapa contoh mengenai berbagai jenis macam gangguan tidur yang kerapkali di alami oleh sebagian orang dan semoga artikel mengenai contoh gangguan tidur ini akan bisa memberikan pengetahuan dan manfaat kepada kita semua.


Sahabat membaca artikel mengenai Jenis Gangguan Tidur. Bila sahabat menganggap artikel Jenis Gangguan Tidur ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan