Passing Grade Nilai Ambang Batas Lulus TKD CPNS 2014

Passing grade kelulusan TKD CAT CPNS 2014 ditentukan oleh pemerintah baik oleh Badan Kepegawaian Negara BKN dan KemenpanRB dalam rangka ujian seleksi rekrutmen penerimaan pendaftaran CPNS tahun 2014 ini.

Pengumuman hasil seleksi administrasi cpns kementrian lembaga negara 2014 telah diumumkan pada beberapa instansi pemerintah yang merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil 2014 ini. Diantaranya yang belum mengumumkan secara resmi adalah pengumuman hasil seleksi administrasi cpns bnn 2014.

Pengumuman hasil seleksi administrasi cpns kemendikbud 2014, hasil seleksi administrasi cpns kemenkes 2014, hasil seleksi administrasi cpns kemenhub 2014 dan beberapa pengumuman kelulusan seleksi administrasi kementrian lainnya.

Passing Grade Nilai Ambang Batas Lulus TKD CPNS 2014

Nilai Passing Grade Lulus TKD CPNS 2014


Penetapan nilai ambang batas lulus seleksi TKD sistem CAT 2014 ini oleh pemerintah adalah berdasarkan pada tidak akan jauh berbeda pada Penilaian kelulusan CAT CPNS di tahun 2013 yang lalu yang masih menggunakan (LJK) Lembar Jawab Komputer dan juga CAT (Computer Assisted Test).

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2013 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar (TKD) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Pelamar Umum Tahun 2013 yang terdapat pada pasal 2 pasal bahwasannya Nilai ambang batas Tes Kompetensi Dasar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dari Pelamar Umum tahun 2013 adalah sebagai berikut :
  • Untuk peserta TKD dengan sistem CAT nilai karakteristik pribadi minimal harus mencapai 60% dari nilai maksimal 175, yaitu 105.
  • Intelegensia umum, minimal harus mencapai 50% dari nilai maksimal 150, yaitu 75.
  • Wawasan kebangsaan nilai minimalnya 40% dari nilai maksimal 175, yaitu 70.
Berdasarkan pengumuman terbaru dan terupdate Kemenpan RB telah menaikkan passing grade lulus cpns 2014 ini berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS tahun 2014.

Passing grade untuk TKP ditetapkan dengan kriteria 72% dari nilai maksimal yakni 175. Untuk TIU jumlah soalnya 30, kalau jawaban benar semua nilai maksimal 150. Passing grade TIU merupakan 50% dari nilai maksimal, yakni 75 atau 15 jawaban benar. Sedangkan passing grade TWK ditetapkan 40% dari nilai maksimal, yakni 175 (jumlah soal 35), yakni 70.

Setiawan mengingatkan, meskipun total nilai peserta tinggi tetapi ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, peserta tes tetap tidak lulus. “Jadi selain nilainya harus tinggi, peserta harus memenuhi passing grade,” imbuh Iwan kepada wartawan di kantornya, Kamis (09/10). Peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lolos, dapat mengikuti tahap seleksi lanjutan, yakni tes kompetensi bidang (TKB).(menpan.go.id).
Nilai Passing Grade Lulus TKD CPNS Tahun 2014
Nilai Passing Grade Lulus TKD CPNS Terbaru Tahun 2014

Penentu Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2014


Kelulusan pelamar peserta dalam mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) merupakan pintu awal dan syarat mutlak menjadi CPNS. Dengan demikian, setiap pelamar harus mempersiapkan dan menguasai secara komprehensif tiga materi TKD yakni, Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Skala Kematangan (Karakteristik Pribadi).

Tes seleksi CPNS 2014 dibagi menjadi dua bagian yakni :
  1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum dan Tes Karakteristik Pribadi.
  2. Tes Kompetensi Bidang (TKB), tes ini berisi soal-soal terkait dengan jabatan yang akan kita pilih semisal Kesehatan maka soal-soalnya berisi soal terkait dengan masalah kesehatan begitu pula dengan jabatan tehnik sipil ataupun yang lainnya.
Berikut ini penuturan dari Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja, dan anggota Komisi Ombusdman Bidang Penyelesaian Laporan dan Pengaduan Budi Santoso seperti yang dilansir dari laman website resmi BKN yaitu www.bkn.go.id terkait dengan pengumuman kelulusan seleksi TKD CPNS 2014 dari hasil ujian CAT.

Penilaian kelulusan TKD CAT 2014 bukan berdasar nilai total seorang pelamar CPNS. Sebagai ilustrasi, seorang pelamar yang skornya 400 (dari skala 500) dinyatakan tidak lulus, jika nilai dari salah satu materi yang diujikan dibawah passing grade yang ditentukan pemerintah. Passing grade untuk penerimaan CPNS 2014 segera ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Wakil Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, memerinci apa saja yang akan dihadapi peserta tes CPNS 2014. Dia mengimbau untuk Tes Karakteristik Pribadi jangan sampai mendapat skor di bawah 70. Adapun nilai maksimal TKP adalah 175 dan pengalaman tahun lalu, tidak ada seorang pun yang tidak lolos ujian TKP.

Nilai Passing Grade Lulus TKD CPNS 2014

Dia mengatakan peserta tes CPNS akan mendapatkan 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan, 30 soal Tes Iintelegensia Umum, dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi. Dari keseluruhan itu, 60% soal Tes Intelegensia Uumum harus benar dijawab, 50% untuk soal Tes Wawasan Kebangsaan, dan 40% untuk soal Tes Karakteristik Pribadi.

Jadi tiap peserta harus memiliki nilai 250 sebagai syarat lulus ke tahap selanjutnya, namun perlu diingat meskipun nilai kita lebih dari passing grade yaitu 250 namun bila ada salah satu nilai yang belum melampaui Nilai ambang batas maka peserta tetap dinyatakan gugur.

Materi Kisi-Kisi Soal TKD CAT 2014


Bima Haria Wibisana selaku wakil kepala BKN pun mengelaborasi bahwa tiap peserta harus mengerjakan 100 soal TKD dalam waktu 90 menit. 100 soal TKD tersebut dirinci sebagai berikut :
  1. Wawasan Kebangsaan 35 soal.
  2. Tes Intelegensi Umum 30 soal.
  3. Skala Kematangan 30 soal.
“Dengan demikian, tiap peserta mesti menjawab tiap soal TKD dalam waktu kurang lebih 52 detik,”ucapnya.

Baca juga informasi berikut ini :
Dijabarkan pula bahwa soal-soal yang diujikan dalam penerimaan CPNS dibuat oleh 17 Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri (PTN). "Soal-soal yang dimiliki Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS berjumlah puluhan ribu buah, sehingga kecil kemungkinan soal yang sama berulang di sebuah ruangan tes," tandasnya.

Pembagian dan tahapan seleksi online cpns dengan sistem komputerisasi ini dari 3 hal tersebut dibagi kembali menjadi beberapa kelompok kecil lainnya yaitu :
  1. Untuk kumpulan soal tes cpns dalam hal wawasan kebangsaan ini akan terdiri dari soal-soal yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.
  2. Untuk kumpulan soal tes cpns online cat 2014 dalam hal soal TKD karakteristik pribadi terdiri dari yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain.
  3. Bahasan materi tes cpns tahun 2014 dengan hal yang terkait soal tes intelegensia umum, akan terdiri dari kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.
Materi Kisi-Kisi Soal TKD CAT 2014
Materi Kisi-Kisi Soal TKD CAT 2014

Seperti pada pengalaman tahun 2013 seperti informasi pemberitaan yang dilansir dan dimuat dari situs website cpns.liputan6.com maka ketika memasukkan nomor peserta di alamat website untuk mengetahui kelulusan seleksi TKD CPNS 2014 maka pengumuman kelulusan tes cpns online terlihat keterangan hasil sebagai berikut :
  • MP Memenuhi Passing Grade.
  • TMP Tidak Memenuhi Passing Grade.
Jika hasil tes sahabat masuk kategori Memenuhi nilai amban batas MP itu artinya nilai tes saha subatdah memenuhi persyaratan untuk melanjutkan ke taha[an berikutnya yaitu TKB (Tes Kemampuan Bidang) Pada instansi kementrian lembaga negara yang dilamar.

Meski begitu, lolos tidaknya peserta masih ditentukan instansi yang bersangkutan.

Penentu kelulusan tetap di tangan pejabat berwenang di instansi masing-masing berdasarkan kebutuhan instansi terkait. Jadi kelulusan peserta tes cpns 2014 tidak semata-mata melihat nilai passing grade tapi juga melihat kebutuhan atau kuota pegawai dari instansi yang bersangkutan.

67 comments:

  1. Kata orang tes kemampuan dasar nda kasih score. Yang banyak kasih score itu tes hari kedua yang merupakan tes sesungguhnya. Tes Psikomotor kah? Maaf kalau saya salah tulis Soalnya ini gosip kiri kanan sih

    ReplyDelete
  2. urusan mendapatkan nilai yang passing grade udah lama tak teralami lagi deh nih....semoga saya di terima jadi PNS, do'ain dong.

    ReplyDelete
  3. dftar di kemenkeu..... tdi pagi ujian,,, trus liat skor2 sesi sblumnya ada yg 400...!!! pas gw ujian dpet 354... TIU nya 80, TKP 149, TWK 125.... bandingin ama skor2 sesi lain cuma bsa gigit jari ....aplgi pas baca TIU min 75.... gambling bnget cuma brsyukur aja soalnya ga ketemu bhsa inggris ...hehehe mklum wktu mepet banget cma 1,5 jam...

    ReplyDelete
  4. wah ane jg td tes di kemenkeu, liat score orang lain memang gila2 ampe ada yang 400an, score ane aja cma 312

    TWK : 70
    TIU : 100
    TKP : 142

    TWK mentok bgt..cuma bisa berdoa mudah2an lulus..

    ReplyDelete
  5. ane score 385 kira2 lumayan gede gak ya??
    emang banyak banget yg nilainya di atas 400??

    ReplyDelete
  6. Mudahan2an Menpan megeluarkan peraturan terbaru yg dapat memperrringan malasah passing gread. Amin ya Allah....

    ReplyDelete
  7. Mohon infonya dunkz,,di kemenkeu ada TKB jg yh? Atau stlh TKD lgsg test psikotes? Trs TKD kemenkeu kmrin ada yg tahu ada brp org yg skornya diatas 400? Mhn informasinya yah agan2 skalian terimakasih:)

    ReplyDelete
  8. cara lihat jmlah pelamar di masing^ instansi gmna c?

    ReplyDelete
  9. mana yang bener ya. PG untk TKP 72% atau 60%

    ReplyDelete
  10. wuih,,,,,!!!! kog mengejutkan gni!!!!!, setelah tahu sebagian hasil TKD , passing grade langsung naik,,,,,, pemerintah ga dewasa!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh!!!! padahal kan masih ada yang belum TKD di beberapa instansi, tentuin passing grade sebelum TKD dilaksanakan dunk!!! (takut beaya TKB membengkak karna hasil TKD banyak yang tinggi ya, xyxyx...!!! ) akuin dunk kalo anak negri banyak yang berpotensi,,,,,

      Delete
    2. bisa jadi krna ada kecenderungan berpihak pada salah satu atau beberapa peserta,,,,,,

      Delete
    3. Yaampun, yang dinaikkin cuma TKP. TKP 126 itu rendah loh. TKP soal2nya juga relatif mudah. Untuk passing grade TIU dan TWK sama seperti tahun lalu. Jangan langsung berasumsi negatif, orang bisa dpt nilai tinggi karena belajar dan banyak latihan.

      Delete
    4. kadang orang punya alasan lain untuk menjawab suatu masalah yang di sodorkan, dan jawaban itu ga ada di point options soal TKP,,,, itu alasan kenapa score TKP bisa rendah

      Delete
    5. nilai TKP rendah bukan berarti seseorang tidak punya integitas tinggi,,,, dan nilai TKP tinggi belum bisa nentuin seseorang ga akan korupsi..... sebaiknya di TKD jangan menekankan nilai TKP aja,,, TWK dan TIU tinggi, adalah bukti bahwa seseorang emang layak jadi PNS yang berawasan dan berintelektual tinggi, di saring lagi dengan interview,,,,,, di situ bisa diketahui karakteristik pribadi yang sebenarnya...

      Delete
    6. TKP dilihat dari soal, kemana arahnya soal.... misalkan petunjuk soal, untuk menjaga kekompakan tim, ya jawabannya harus tentang menjaga kekompakan tim, bukan yang jawabannya paling hebat.

      Delete
  11. Ketetapan peraturan menteri yg telat masalah ambang batas nilai, knpa tidak di infokan sebulan sebelum pelaksanaan test, or waktu sosialisasi cat...cuma gagal dtkp padahal memenuhi ambang batas minimal 105...peraturan kesiangan keluar, jadi gagal dech..sayang buat nilai lain twk, dan tiu yg lumayan bagus..

    ReplyDelete
  12. Kelulusan TKD itu, kalo udah lulus PG otomatis lulus apa diperingkat lagi? *Kemenkeu*

    ReplyDelete
  13. integritas tinggi tidak bisa ditentukan hanya dengan nilai tkp yang tinggi, harus interview dunk....!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada interviewnya juga kok. Seleksi tahap awal ya kompetensi dasarnya dulu

      Delete
    2. na,,,,, tentuin integritas tinggi di ineviewnya,,, jangan ambil patokan nilai tkp yang tinggi, kasian dunk yang TIU dan TWK tinggi cuma kurang di TKP nya jd ga lolos !!!!!

      Delete
    3. Dimana pun anda bekerja, jika kami sebagai interviwer atau HRD melihat dlm segi karakteristik atau kepribadian anda tidak baik, biarpun wawasan anda sangat luas, kami tetap mengesampingkan kandidat dgn kepribadian yang kurang. Bahkan jika kami terlanjur memperkerjakan org trsbt, hal yg di lakukan manajemen kami adalah tdk memperpanjang kontrak org trsbt.
      Di situ lah penilaian dalam sisi HRD.
      Selama saya bekerja di berbagai tempat, semuanya melakukan hal yang sama.
      Oleh sebab itu Test TKD ini ttp perlu menilai TKP yang baik pula, bukan hanya di dasarkan TIU maupun TWK...

      Delete
    4. kok tes TKD dikemenkes batam waktu cm 90menit? yg lain kok bs beda ya?jdnya tes TWKnya kebablasan,padahal nilai TKP ama TIUnya lolos..

      Delete
  14. cpns 2014 meski pake CAT,,, tapi tetep CACAT

    ReplyDelete
  15. gw kecewa ni,,, pengen berurai air mata,,,, TWK : 110. TIU:100, TKP:125

    ReplyDelete
  16. Karakter Kepribadian Penjilat, Teori kepribadian bagus, tetapi...dalam praktek kepridian kesehariannya saja "Maaf kurang bagus"... itu lolos tkp test cpns tidak perlu belajar, tetapi ilmu yang digali dengan proses belajar nol/kualitas ilmunya kurang..birokrasi dalam bekerja gmn bisa cepet, kualitas orgnya saja lemot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. g ush marah gan,, evaluasi diri.. kepribadian'a jelek bgt gan

      disitu ada hikmahnya... kalo orang berkpribadian penjilat aja bisa lolos dan anda g bisa,, berarti anda bukan orang yang tepat untuk mengimbangi dan memperbaiki pemerintahan,,, wong anda g ada apa2nya dan kalah pintar dengan orang yg berkepribadian penjilat itu

      kalau anda ingin memperbaiki pemerintahan dari orang kyk gtu, yah anda jg harus pintar jg

      Delete
    2. woy!!!!!!!..... sadar dunk yang kamu omongin itu ga nyambung banget,,, jangan berlagak sok bijak deh, yang kita bahas di atas itu adalah orang yang ga pinter2 amat tapi lolos TKD hanya karna nilai TKP (yang ga usah pake belajar ) lolos, padahal kepribadian nya penjilat,,,,, dari mana bisa TKP nentuin kepribadian orang, ???????????????????

      Delete
    3. Kan itu TKP bisa dipelajarin gan.. Dengan menjadi manusia seperfect mungkin.. Mungkin dia mang punya kepribadian demikian tetapi dia termasuk cerdik gan. Karena mengerjakan TKP itu tidak menggunakan hati tapi pakai logika.nya dia ya walaupun apa yg dia isi di TKP itu bukanlah kepribadian aslinya karwna smua itu bisa dipelajarin gan.

      Delete
    4. kok g nyambung?? kecerdasan anda rendah???

      TKP bisa dipelajari, psikologi bisa dipelajari...., yg salah yg ga mau belajar
      contoh soal TKP juga ada

      untuk orang kecerdasan standar dan merasa TKP ga perlu dipelajari
      menurut saya hasil TKP sangat akurat

      kenapa??, orang yang membuat soal tes tidak segoblok yang anda pikir

      sebelum TKP itu ada TIU dimana didalam soal TIU ada soal yang sulit dan memang bertujuan menghabiskan waktu anda untuk mengkoreksi hasilnya lagi dan lagi, dan menurut saya bahkan mungkin tidak ada jawabannya

      jika waktu yang tersisa sedikit, anda akan terburu2 dalam mengerjakan TKP
      disitulah inti tujuannya, dengan waktu yang sedikit orang akan cenderung menjawab sesuai dengan sifat aslinya tanpa berfikir

      jika memang seperti itu, maka pembuat soal berhasil membuat Tolak ukur TKP untuk orang tersebut

      kalau orang penjilat yang cerdas, sudah mempelajari TKP, dan sudah bisa memanajement waktu, sehingga memiliki waktu untukberfikir dalam menjawab soal TKP sebaik mungkin, walaupun sifat aslinya berbeda

      anda terlalu sombong dan menganggap si penjilat dan lulus itu tidak lebih pintar dari anda

      Delete
    5. maaf gan,,, tapi kenyataannya soal TKP itu ada di urutan yang pertama , setelah itu baru TIU, trus TWK,

      Delete
    6. yang saya alami sewaktu tes hari sabtu kemarin.....TKP diurutan terakhir.

      begini urutannya : TKW -> TIU -> TKP

      Delete
    7. hehe..maksud saya TWK :P

      Delete
  17. biar adil,,,,, ayo test yang dilaksanakan sebelum tanggal pengumuman menteri di umumkan tolong di adakan test ulang dunk..... ,,,, kan ga fer krna yang tahu PG sebelum test bisa lebih prioritaskan TKP dulu daripada TIU dan TWK,,, jujur gw lebih dulu kerjain TIU dan TWK,,, shingga TKP kurang waktu jadi masih ada yang belum terjawab akhirnya di bawah PG kurang 1 point,,, sayang bangt. padahal TWK dan TIU tinggi

    ReplyDelete
  18. Apakah semua peserta yang lulus TKD berhak mengikuti TKB?

    ReplyDelete
  19. Ada yg bisa ... ??? ( x 4 ) x ( x 3 ) : =

    pilihan jawabannya = 15/3, 15/4, 15/2, 2, 3

    Soal TKD tgl 16-10- 2014

    ReplyDelete
  20. trus apa btul...klo slah mengerjakan soal lebih dari 25 soal...komputer mati sendiri...jdi qt otomtis gugur...sblum berperang.....

    ReplyDelete
  21. Kemenkeu di surabaya kemarin banyak yang dibawah 300 malah gan x_x yg pas hari saya sih.. Hari terakhir.. Dan banyak yg gak hadir sebelum tes.. Banyak dr mereka mereka yg kurang informasi karena tidak tau harus ngecek kemana.. Kasihan bgt pas tau gitu gan.. Dan d kemenkeu pun setiap formasi berbeda.. Ada yg berlanjut TKB ada yg langsung psikotest gan.. Yg ane tau yg nerima paling banyakdi bidang perpajakan tuh ada TKB.nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya setelah TKD, langsung psikotes, bisa diliat di website http://rekrutmen.kemenkeu.go.id/SeputarRekrutmen.asp

      Delete
    2. Bukannya TKD lanjut psikotes? Info kemenkeu gk ada TKB? Emg kpn tes nya klo di srbya Tkb? Aku tes tgl 7 di srbya. Cuma Tkd , gk ada TKB verifikator pjk. Mohon info. Thx.

      Delete
  22. mana nih beum keluar" hasilnya ??? udh waktunya nih :(
    duuh makin deg"an

    ReplyDelete
  23. Blom guys,nanti malam baru keluar

    ReplyDelete
  24. ajuuu jujujuuu juuhhh ane daeg daeg aaannn niiyyyhhh uuuhhhh koo belom diuumumin ciihh..panitiaanya kemanaa cihh iiiihhhh gigitt nihh

    ReplyDelete
  25. Passing grade d3 n s1 sama gak ??

    ReplyDelete
  26. Semoga hasil TKD yg keluar nanti sesuai dengan prinsip dari kemenkeu ...
    "Transparan, obyektif, kompetitif, akuntabel, bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, tidak diskriminatif, efektif dan efisien"

    ReplyDelete
  27. Jam brp pengumuman kemenkeu?

    ReplyDelete
  28. Membc berbgai komen tmn2, jd smkin deg2an menanti pengumumn dr Kemenkeu. Ya Allah hmba berserah kpd- Mu......

    ReplyDelete
  29. hehe..emangnya mbak yang diatas nilainya berapa?

    ReplyDelete
  30. Udah ada pengumuman tkd. Buka nya di www.kemenkeu.go.id

    ReplyDelete
  31. Guys... apapun hasilnya terima saja dengan hati yang besar,,karena apapun itu segala sesuatu sudah di atur oleh Tuhan...yang jelas semua kita ygn ikut tes CPNS punya harapan besar utk lolos,,kebenaran, kejujuran, dan keadilan yg sesngguhnya tidak dimiliki oleh manusia,,hanya yang Kuasa yg paling tau hati manusia...Jadi, apapun hasilnya "Syukur" itu kata yang tepat untuk kita ungkapkan baik tidaknya hasil yang keluar nanti,,krn masa depan masing" kita sudah diatur oleh yang Kuasa...Semangat yah teman" !!! GBU all^~^

    ReplyDelete
  32. kalau pengumuman tkd depkes kapan yaa... hhehehe baru saja tes kemaren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga tes kemenkes hasil tkd berapa

      Delete
  33. Slm gabung deh.. bgi tmn2 yg tau peng. TKD KKP.. insert infony ya.. trims

    ReplyDelete
  34. horeeee saia tdk lulus...meski dh lewat ambang batas tp yg nilainy lebih tinggi di aats n kuotanya gag muat lagi nampaung ane,,,,ya sudahlah blm rejeki....hidup g berhenti disini..lanjutkan perjuangan!!!!

    ReplyDelete
  35. Nilai 320 mungkin gk lulus ya.. nilai saingan tinggi2 bgt..

    ReplyDelete
  36. Gan..., ada yg pnya kisi2 tkb kemen pu jurusan sipil gg?

    ReplyDelete
  37. kapan yah pengumuman hasil test tkd kemenkes manado keluar ???? :( dah capek nungguny mau cpt" pulang ke papua :( tkd ku tkp : 149, tiu : 80 dan twk :75 total 304

    ReplyDelete
    Replies
    1. info kalo TKB akan dilaksanakan serentak pada tanggal 22 November 2014 pkl 08.00 wib (09.00 wita dan 10.00 wit) yang akan ikut TKB yaitu peserta yg nilainya melewati ambang batas dan diambil 3 kali dari jumlah formasi berdasarkan perengkingan.

      Delete
  38. 151, 125, 105.. total 381.. masih harap2cemas banyak saingan yg tinggi2
    Sambil nyari2 soal TKB Arsitek di mana ya?

    ReplyDelete
  39. selanjutnya dalam TKB, apa saja yang ditanyakan dan harus dilakukan?baca di sana katanya cuma dikasih soal-soal model CAT cuma sesuai dengan lowongan yang dilamar (kalo ngelamar jadi dokter pertanyaan tentang kedokteran), search lagi di sonoan dikit, katanya ada wawancara, psikometrik dll..., coba mana yg udah pernah TKB

    ReplyDelete
  40. hasil tes cpnsd ane kemarin
    TKP 136
    TIU 90
    TWK 85
    masih lulus passing grade memang tapi menurut ane, nilai segini sulit buat tembus, padahal udah sekitar 5 soal udah ane kerjain, terutama fokus sama sejarah dan UUD, yah apa daya ga ada satu soal pun yang ane pelajari keluar!!
    beda sama temen ane yang justru keluar tuh soal2 yang di buku

    Menurut ane, pada saat kita login kita bakal dikasih soal2 dari database panselnas secara acak,
    nah kalo pas kebetulan yang keluar soal diluar prediksi kita, ya udah mau gimana lagi, pasrah aja mungkin memang belum rejeki kita!!
    Yang penting kita harus selalu berusaha!!

    ReplyDelete