Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Penyebab Badan Pegal

Penyebab Pegal. Aktifitas kita sehari-hari baik itu berkaitan dengan pekerjaan kita atau pun aktifitas yang lainnya bisa menimbulkan badan pegal. Rasa pegal dan juga linu yang kita rasakan seringkali mengganggu kita karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkannya. Maka kesempatan ini, Blog Keperawatan akan mencoba sharing sedikit mengenai penyebab pegal ini dan semoga bisa memberikan manfaat.

Badan pegal dan juga penyebab pegal ini adalah karena adanya penumpukan asam laktat dalam tubuh. Asam laktat adalah akibat dari proses perubahan energi yang anaerob yaitu yang tanpa udara (oksigen). Kita tahu bahwa energi itu termasuk energi yang menggerakkan otot-otot kita berasal dari molekul yang sering disebut dengan ATP (adenosin tri fosfat). Dan sumber energi itu dari glukosa. Pada kegiatan aktifitas yang normal glukosa sebagai sumber energi menggunakan proses aerobik. Nah bila kegiatan kita berlebih dan kebutuhan oksigennya kurang maka akan terjadi proses anaerob. Nah inilah yang menimbulkan penumpukan asam laktat dan dan akan menjadi penyebab pegal .

penyebab pegal, Blog Keperawatan

Nah bila asam laktat ini menumpuk pada pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan maka akan mengakibatnya nyeri dada ( angina pektoris ) dan bila terjadi pada otot maka itu akan mengakibatkan pegal-pegal. Kita sendiri seringkali meremehkan rasa pegal badan ini. Sebaiknya kita bila care terhadap kesehatan, maka kita tidak boleh menganggap remeh rasa pegal, karena bila tak diatasi efeknya akan buruk untuk jangka panjang.Karena hal ini bisa menyebabkan postur tubuh bisa mengalami perubahan, otot akan memendek dan mengurangi lingkup gerak kita bila diserta penyakit atau gangguan lainnya.

Ada beberapa kegiatan atau aktifitas yang bisa menyebabkan badan pegal dan diantaranya yaitu :
  1. Bila kita melakukan perjalanan jauh maka akan bisa menyebabkan badan kita pegal. Penyebabnya karena posisi pinggul terlalu lama menopang badan bagian atas dan juga kaki dalam posisi yang sama rentang waktu yang sama. Itu kita rasakan kalau menempuh perjalanan jauh dengan bus atau pun kereta api, apalagi kalau pas penuh kendaraannya.
  2. Gangguan tidur insomnia dan begadang bisa menyebabkan rasa pegal ini, terkadang buat leher terasa kaku dan tegang. Mungkin pada waktu kita sekarang ini dengan adanya event sepakbola euro 2012 tentunya banyak yang begadang menonton kesebelasan favoritnya dan juga memprediksikan siapa yang menjadi juara euro 2012 kali ini
  3. Tidur dengan posisi bantal sangat tinggi dan posisi yang salah akan bisa menyebabkan leher terasa pegal dan kaku karena aliran darah ke kepala tidak berjalan dengan lancar.
  4. Duduk di depan komputer terlalu lama tanpa diselingi dengan istirahat juga bisa menyebabkan pegal. Apalagi yang pekerjaan berhubungan dengan komputer tentunya kesehariannya tak akan lepas dengan komputer.
emikian tadi sahabat sedikit mengenai penyebab badan pegal dan semoga bisa berguna serta bisa untuk memberikan bermanfaat.


Sahabat membaca artikel mengenai Penyebab Badan Pegal. Bila sahabat menganggap artikel Penyebab Badan Pegal ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

1 komentar: