Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Manfaat Menyusui

Manfaat Menyusui Bagi Ibu Dan Bayi adalah penting untuk dketahui oleh para ibu yang sedang dalam tahap menyusui. Karena hal ini berkaitan erat dengan proses pertumbuhan dan perkembangan sang bayi dan juga bermanfaat pula bagi ibu hamil yang telah menyeselaikan proses persalinannya.

Tentunya bagi seorang ibu setelah menyelesaikan segala tahapan yang berkaitan dengan proses kelahiran hal selanjutnya yang merupakan salah satu kewajiban seorang ibu adalah dengan memberikan air susu ibu (ASI) kepada anak-anaknya. Karena manfaat memberikan dan menyusui ASI terutama manfaat kesehatan bagi bayi sangatlah banyak dalam hal ini adalah dalam rangka menjaga kesehatan serta proses tumbuh kembang sang bayi sendiri.

Yang harus diingat adalah bahwasannya ASI (air susu ibu) adalah makanan yang terbaik untuk bayi. Air susu ibu khusus dibuat untuk bayi manusia. Dan manfaat yang terkandung dalam ASI pun banyak. Kandungan gizi dalam ASI sangat khusus dan sempurna serta sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi. Dan inilah salah satu dari tanda-tanda kebesaran Allah Ta'ala kepada manusia.

Kewajiban menyusui dalam Islam ini juga telah Allah Ta'ala firmankan dalam salah satu ayatNya yaitu :
"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." [QS. Al Baqarah 233]
Manfaat Menyusui Bagi dan  Bayi

Itu adalah syariatkan yang telah ditentukan dalam agama kita. Tentunya dalam sebuah syariat yang Allah telah tentukan akan banyak hikmah dan manfaat dan dalam hal ini adalah khususnya hikmah manfaat menyusui bagi kesehatan. Termasuk dalam manfaat pemberian ASI itu sendiri. Dan juga baik itu manfaat memberikan ASI serta juga menyusui bagi ibu dan juga manfaat menyusui bagi bayi / anak.

Dan dalam memberikan air susu, maka posisi menyusui yang benar perlu untuk diketahui. Silakan membacanya dalam artikel mengenai Cara Menyusui Yang Benar agar produksi ASI juga bertambah dan bayi merasakan cukup dalam mengkonsumsi makanan terbaiknya yaitu air susu ibu ini.

Manfaat Pemberian ASI

Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan manfaat menyusui bagi ibu diantaranya yaitu :
  • Menjalankan salah satu perintah Allah Ta'ala yang tertuang dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat ke 233 mengenai kewajiban memberikan ASI atau kewajiban menyusui bagi ibu.
  • Bila menyusui ini segera dilakukan setelah kelahiran bayi atau dikenal dengan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) maka hal ini bermanfaat pula untuk mengurangi resiko terjadinya perdarahan pasca melahirkan dan itu terjadi secara alamiah.
  • Menyusui bagi ibu hamil akan menekan resiko depresi pasca kelahiran. Dan hal ini adalah berdasarkan hasil sebuah penelitian dari Australian study.
  • Dengan menyusui setidaknya dalam pemberian ASI ekslusif selama 6 bulan maka hal ini akan bermanfaat bagi sang ibu dalam hal mengurangi penambahan berat badan. Karena dalam masyarakat kita setelah melahirkan ibu hamil akan bertambah berat badannya dan dengan menyusui ini akan mengurangi hal tersebut.
  • Manfaat memberikan ASI bagi ibu yang selanjutnya lainnya adalah bahwa keadaan rahim ibu yang menyusui akan lebih cepat kembali atau recovery ke dalam kondisi semula daripada yang tidak menyusui karena adanya pengaruh dari hormon.
  • Bagi kondisi psokologi ibu sendiri, maka menyusui ASI adalah semakin mendekatkan hubungan antara ibu dengan sang anak.
Setelah kita mengenal akan manfaat menyusui bagi ibu, maka berikutnya adalah manfaat menyusui bagi bayi / anak .
Berikut beberapa hal yang terkait dengan faedah dan tujuan menyusui ASI bagi bayi (anak) diantaranya yaitu :
  • Kolostrum (susu pertama di hari pertama) banyak mengandung zat kekebalan yang melindungi bayi terhadap penyakit dan infeksi. Kolustrum adalah cairan dengan viskositas kental, lengket dan berwarna kekuningan. Kolostrum mengandung tinggi protein, mineral, garam, vitamin A, nitrogen, sel darah putih dan antibodi yang tinggi daripada ASI matur. Selain itu, kolustrum masih mengandung rendah lemak dan laktosa. Protein utama pada kolustrum adalah imunoglobulin (IgG, IgA dan IgM), yang digunakan sebagai zat antibodi untuk mencegah dan menetralisir bakteri, virus, jamur dan parasit. Dan tadi adalah merupakan kandungan zat gizi nutrisi dalam kolostrum.
  • Bayi yang diberi ASI lebih jarang menderita sakit. Hal ini karena kandungan yang terdapat pada ASI. Pemberian ASI akan membantu dalam mengurangi risiko seperti : muntah, diare , gastroenteritis, sembelit kronis, kolik, dan gangguan perut lainnya.
  • Anak yang memperoleh dan mendapatkan ASI Ekslusif dan juga mendapatkan kolustrum akan memiliki kekebalan terhadap alergi lebih baik daripada yang tidak mendapatkan ASI.
  • Hubungan psikologis bagi anak dengan ibu akan semakin erat dengan adanya pemberian ASI ini.
Demikian tadi sahabat-sahabat sedikit mengenai beberapa hal yang terkait dengan tujuan serta manfat pemberian air susu ibu dan semoga bisa berguna serta dapat bermanfaat. Mengingat akan banyaknya manfaat keutamaan ASI maka memang anak-anak kita harus mendapatkan ASI yang juga merupakan haknya serta gizi yang paling baik bagi bayi.


Sahabat membaca artikel mengenai Manfaat Menyusui. Bila sahabat menganggap artikel Manfaat Menyusui ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan