Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Penyakit TBC (Tuberkulosis)

Penyebab Tanda Gejala TBC adalah merupakan salah satu dari sekian banyak jenis dan macam dari berbagai Penyakit Paru dan salah satunya ini adalah penyakit TBC. Dan termasuk dalam penyakit menular yang menyerang organ pernafasan.

Pada beberapa jenis penyakit paru yang pernah diposting di sini diantaranya yaitu Penyakit Asma Bronkial dan juga Penyakit Bronkopnemonia.

Penyakit Tuberculosis seringkali disebut pula dengan flek paru-paru. Dan ada juga TBC anak atau flek paru anak. Yang dimaksud dengan pengertian definisi penyakit TBC ini adalah merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mikrobakterium Tuberkulosa. Yang mana bakteri ini menyerang siapa saja baik itu pria / laki-laki maupun wanita tanpa memandang usia. ila pada anak maka dikenal dengan istilah TBC Anak.

Dan seringkali pula penyakit TBC sering menyerang pada usia yang masih produktif rata-rata berkisar umur 15-35 tahun. Dan untuk itulah mengetahui bagaimana pencegahan dan pengobatan TB paru ini dengan benar yang benar juga. Silakan untuk membaca lebih lanjut dalam artikel mengenai Pengobatan Penyakit TBC yang lengkap dan mendetail dalam bidang kesehatan.

Penyebab Tanda Gejala Penyakit TBC

Flek pada paru-paru yang tidak segera ditangani dan juga segera diobati akan bisa membuat rusaknya organ pernafasan penderitanya. Pemeriksaan yang wajib dilakukan salah satunya untuk mendeteksi flek paru-paru adalah dengan melakukan foto rontgen (X-Ray dada). Dari hasil pemeriksaan foto rontgen ini akan bisa memperlihatkan bagian paru-paru mana yang sehat dan juga bagian mana paru-paru yang tidak sehat dan terkena TBC. Untuk itulah dibutuhkan pengobatan penyakit TBC dengan antibitika yang benar dan juga tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Pemeriksaan Penunjang TBC Paru


Ciri tanda khas penyakit TB Paru dalam gambaran X-Ray / rontgen akan terlihat flek berwarna putih melingkar seperti bercak-bercak. Sama seperti noda yang membekas pada pakaian. Jika paru-parunya bersih, maka orang tersebut memiliki paru-paru yang sehat. Pemeriksaan lainya yang mendukung penegakan diagnosa tuberculosis adalah dengan pemeriksaan sputum BTA. Uji laboratorium dengan pemeriksaan dahak batuk penderita.

Dari hasil pemeriksaan dahak tersebut akan diuji di laboratorium apakah dahak dari batuk penderita apakah ada kuman TBC nya atau tidak. Maka jika dalam pemeriksaan sputum BTA nya ditemukan adanya kuman TBC maka gambaran rontgen paru-paru akan ada bercak nodanya yang bisa terlihat.

Tanda Ciri Gejala Penyakit TBC


Beberapa tanda serta ciri-ciri seseorang mengidap penyakit TBC yang menular ini bisa kita kenali dari para penderita flek paru-paru ini. Hal yang mudah kita kenali adalah adanya perubahan dalam pernafasan atau pun nyeri dada. Gejala TBC diantaranya yaitu : dyspnea (sesak nafas), takipnoe (nafas cepat), hypopnea (pernafasan dangkal), hyperpnoe (pernafasan dalam), dan bahkan apnea (tidak ada pernafasan). Demikian tanda ciri TBC secara khusus.

Ada juga beberapa gejala umum TBC yang dapat pula kita kenali. Ciri tanda gejala umum tuberkulosis diantaranya yaitu :
  • Turunnya berat badan dan kurang nafsu makan. Nafsu makan seorang penderita akan mulai menurun dan mengakibatkan berat badannya menurun. Di leher bagian samping muncul kelenjar getah bening.
  • Batuk-batuk lebih dari 3 minggu dan kadang-kadang juga disertai dengan batuk darah.
  • Sering mengalami demam yang tidak terlalu tinggi dan berlangsung lama.
  • Keringat pada malam hari.
Tanda bersin-bersin terus seperti halnya pilek, batuk yang berkepanjangan disertai dahak bila tidak mendapat penanganan yang cepat dan tepat penyakit ini akan mengakibatkan paru-parunya rusak. Lebih parahnya lagi hal ini bisa juga sampai menyerang selaput otak penderita.

Pengobatan Pencegahan TBC


Dalam menjalani rutinitas Pengobatan TBC memang harus dilakukan dengan kesabaran dan ketelatenan dan juga harus secara rutin agar bisa sembuh secara total. Namun bercak atau bekas flek di paru-paru tak bisa dihilangkan. Perawatan penyakit TBC juga perlu dilakukan dengan benar dan mendapat pengawasan dari keluarga ketika meminum obat TBC agar tidak lupa dalam mengkonsumsi obat TBC nya.

Bercak bekas flek paru-paru / penyakit TB tidak hilang karena yang mati adalah kuman dari TBC itu sendiri. Gejala TBC dan TBC anak juga akan bisa menjadi serius atau bisa mengancam jiwa. Jika ada diantara sahabat merasakan tanda-tanda seperti halnya mudah berkeringat, sulit bernafas, dada terasa sangat nyeri, denyut jantung keras, demam yang tinggi, sering pingsan, maka segeralah mengecek diri dan melakukan check up sebelum semuanya bisa menjadi terlambat.

Cara Tips Pencegahan Penyakit TBC Paru dapat juga kita lakukan. beberapa langkah pencegahan dan pengobatan yang bisa kita lakukan diantaranya yaitu :
  • Tidak meludah disembarang tempat, usahakan meludah ditempat yang terkena sinar matahari atau ditempat sampah.
  • Ketika ada seseorang ingin batuk atau bersin sebaiknya anda menutup mulut untuk menjaga terjadinya penularan penyakit.
  • Sering-seringlah berolahraga supaya tubuh kita selalu sehat. Dengan berolahraga dan menjaga kesehatan maka sistem imun senantiasa terjaga dan kuat
  • Lakukan imunisasi terhadap bayi untuk mencegah penyakit TBC. Karena flek anak-anak angka kejadiannya pun cukup tinggi.
Sahabat membaca artikel mengenai Penyakit TBC (Tuberkulosis). Bila sahabat menganggap artikel Penyakit TBC (Tuberkulosis) ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

19 komentar

salah satu penyakit yang ditakuti setiap orang apalagi penyembuhannya lama harus minum obat terus menerus selama 6 bulan tidak boleh terhenti, dan siapa yang pernah sakit ini, kerja paru-paru tidak bisa normal lagi dan mudah kambu lagi oleh faktor pencetus ya sob.

Balas

mau nanya nih Mas, di sekitar saya ada teman yang mengidap penyakit ini. tiap hari pula dia selalu minum obat (termasuk obat yang warnanya orange yang diminum pagi2 sekali). menurutnya, kalo minum obat rutin begitu, potensi menular terkurangi. benarkah mas?

Balas

begitu berbahayanya penyakit ini bahkan katanya sejak kecil bayi sudah harus diberi iminisasi anti tbc ini,tapi tidak dijelaskan apa2 yang menjadi penyebabnya.

Balas

mungkin imunisasi...cara sederhana n efektif ya mas...selain menjaga linkungan tp tinggal kita... :)

Balas

Artikel yg sangat brmanfaat..
Gak sangka trnyta mulai dari anak2 sudah bisa trkena TBC..
Mesti hati2 nih kayaknya kalo sudah ngalami gejala sprti di atas..

Balas

hai mas,
terima kasih di atas penerngan di atas mengenai penyakit Tibi ini.. semoga di jauhkan darisegala penyakit..

Balas

Selama masih belum lengkap pengobatan selama 6 bulan potensi menularkan akan bisa selalu ada mas, apalagi kalau dalam fase aktif TB.
Untuk itu kita memang harus berhati-hati karena penularannya adalah melalui perantara media udara

Balas

Benar sekali sobat hal tersebut bisa kita lakukan untuk pencegahan

Balas

Anak yang terkena TB paru juga banyak sahabat...jadi marilah kita menjaga anak-anak kita dari penyakit yang satu ini

Balas

boleh pasang link yah?

wah alhamdulillah aku dulu cuma paru2 basah,. sekarang dengan sendirinya stlah besar aku bebas..
eh coba dunk paru2 basah dibahs,

Balas

klo gk salah TBC ini penyakit yg masuk sepuluh besar sebagai penyakit yg palng bnyk menyebabkan org meninggal ya.., smg aja allh memberi kesehatan tuk semua.... Aamiin...

Balas

Kebetulan Sob! ... saya mau bertanya, dulu tahun 2005 istri saya pernah menderita penyakit paru-paru basah, kala itu cairan yg ada didalam paru2 berwarna kuning sempat dikeluarkan/disedot di rsud Sbaya hingga -/+ 1,5 liter, nah pertanyaan saya : 1)apakah paru2 basah itu bisa kambuhan?, 2)apakah penyakit tersebut tergolong TBC?, mengingat akhir2 ini istri saya mengeluh punggung samping (pangkal lengan belakang) terasa sakit, kadang batuk namun tdk berdahak, dan kadang nafas terasa sesak, ... mohon dijawab dan cc-kan ke email saya ( madhek.dwiyanto@gmail.com )
sebelumnya saya ucapkan terima kasih ... salam bloging.

Balas

Terima kasih Mba bila berkenan memberikan link ke Blog Keperawatan ini.

Nanti lain waktu akan saya coba posting mengenai paru-paru basah

Balas

nanti saya jawab ke email mas yah

Balas

Perkenalkan saya uminy akbar 2,6 th.akbar.tgl 29 pebruari br plg dr d rawat d rsup persahabatan krn bronchopneumonia selama 10 hari tgl 3 maret sdh kontrol dn d nyatakan sembuh total.apakah bp bs kambuh sewaktu waktu?sedangkan akbar msh suka panas smpe 37 nafas cepat dan sedikit batuk.

Balas

Saya difonis sakit TBC paru2...tapi saya tidak mengalami batuk2 , dan tidak ada dahak seperti yg disampaikan..kenapa saya difonis gitu?
sudah saya tanya kdokter , karena memang ada putih2 di rontgen paru2 saya(kata dokter), tapi tidak seperti noda..seperti pnjelasan diatas..
tolong kasih info ke saya tentang yg saya alami

Balas

Insya Allah akan bisa sembuh kalau minum obat dan kontrol teratur serta juga patuhi petunjuk dokter agar tidak kambuh lagi

Balas

Diagnosa penyakit TBC memang ada beberapa tahapan pemeriksaan untuk bisa memastikan dan menegakkan diagnosa tersebut. Antara lain dengan adanya keluhan yang khas, pemeriksaan dahak sputum BTA hasil positif dan juga faktor lingkungan sekitar yang mungkin juga menderita penyakit TBC ini.
Selain itu adakah batuk yang disertai darah (batuk darah)

Balas

Ass...

Mas sy mau tanya.. Untuk sseorang yg dnyatakan trkena tb... Apakah punya kmungkinan smbuh 100%?

Dy tidak batuk darah.. Hanya saja dahakny brwarna kemerah2an..

Trmksh..

Balas