Efek Samping Kemoterapi

Kemoterapi adalah merupakan salah satu cara pengobatan kanker. Dan dalam setap metoda pengobatan penyakit kadangkala ada dampak serta efek sampin dan efek negatif yang bisa ditimbulkan. Termasuk dalam hal efek samping pengobatan kemoterapi ini juga. Yang dimaksud dengan pengertian kemoterapi adalah jenis pengobatan kanker dengan menggunakan zat-zat kimia (obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Zat-zat tersebut dimasukkan kedalam tubuh pasien melalui peredaran menuju ke sel-sel kanker.

Apa itu Kanker ?
Yang dimaksud dengan pengertian kanker adalah sel-sel tubuh yang hidup. Pada mulanya sama dengan sel-sel tubuh lainnya, yaitu mengalami proses tumbuh dan membelah diri sebagaimana seharusnya. Namun pada suatu ketika, karena sebab-sebab tertentu. Bisa karena penyebab kanker pada umumnya.

Sel tersebut akan mulai berubah dan membelah diri tanpa terkontrol. Lambat laun mereka akan menyebar sendiri ke jaringan sekitarnya dan kemudian ke seluruh tubuh. Tujuan kemoterapi adalah menghentikan pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dan juga membunuhnya.

Karena manfaat pengobatan kanker dan utamanya dalam hal pemberian kemoterapi ini adalah bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker, akan tetapi seringkali juga efek negatif kemoterapi ini juga akan mengenai sel-sel tubuh yang sehat lainnya selain sel kanker yang menjadi prioritasnya. Terutama adalah yang tumbuh dan membelah diri secara tepat. Contohnya adalah sel-sel di saluran pencernaan, folikel rambut dan darah. Maka kita juga mengenal akan kanker darah (leukimia). Nah ketika sel-sel yang sehat itu terganggu maka timbullah efek pemberian kemoterapi ini terjadi terhadap penyakit kanker.

Baca juga sahabat mengenai hal-hal berikut :
Mengenal Lebih Dekat kemoterapi.
Pengobatan Kanker Dengan Metoda TACI.

Efek Samping Kemoterapi Pengobatan Kanker

Berikut beberapa hal yang bisa diakibatkan oleh karena pemberian obat kemoterapi atau dalam dunia medis dan juga kesehatan kita lebih familiar dengan efek samping pemberian kemoterapi yaitu diantaranya :

1. Mual Muntah.
Penyebab mual dan muntah yang diakibatkan dan juga merupakan efek dari pemberian kemoterapi ini adalah karena pengaruh obat kemoterapi yang digunakan tersebut terhadap dinding lambung dan jga bagian otak yang mengontrol muntah.
Cara perawatan kanker atau cara mengatasi efek samping dari mual muntah ini bisa dilakukan dengan :
  1. Makan dalam porsi kecil (namun sering).
  2. Menghindari makanan yang berlemak dan juga berbagu tajam.
  3. Minum air yang banyak agar tubuh tidak kekurangan cairan.
  4. Jika keadaan bertambah berat, mintalah dokter untuk memberikan obat untuk mengatasi mual dan muntah tersebut.
2. Mencret (Diare) dan Sulit BAB.
Tanda gejala penyakit kanker atau lebih tepatnya diare mencret akibat kemoterapi ini disebabkan oleh karena pengaruh kemoterapi terhadap sel pelapis usus.
Tips mengatasi efek samping kemo ini adalah sebagai berikut :
  1. Bila terjadi Diare : Minum banyak air dan juga makan makanan yang lunak seperti halnya pisang, bubur atau pun roti.
  2. Bila sulit BAB (sembelit) : Cara mengatasi sembelit adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buahan.
3. Rambut Rontok.
Akibat kemoterapi yang mudah dan seringkali kita jumpai pada pasien pentekait kanker yang sdang menjalani metoda pengobatan kemoterapi ini adalah rambut yang rontok dan mudah rontok. karena memang kemo bisa menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Dan ini pada umumnya akan bisa tumbuh lagi rambutnya setelah selesai menjalani terapi kemoterapi itu sendiri.

Cara mengatasi rambut rontok adalah dengan :
  1. Memilih model rambut yang pendek sehingga kerontokannya tidak terlalu mencolok.
  2. Bila pada pasien penyakit kanker wanita bisa juga dengan menggunakan kerudung, selendang. Pada laki-laki bisa dengan memakai topi, sorban atau juga alternatif lainnya dengan memakai rambut palsu untuk dalam rangka menutupi kerontokan rambut tersebut.
4. Sariawan
Obat kemo bisa juga merusak sel-sel pelapis rongga mulut sehingga menimbulkan sariawan.
Cara mengatasi sariawan karena kemo adalah bisa dengan kita melakukan hal-hal seperti :
  1. Gosok gigi setiap selesai makan menggunakan sikat gigi berbulu halus.
  2. Setelah menggosok gigi berkumurlah dengan 1/2 sendok teh soda kue atau garam yang dicampur dengan satu gelas air.
  3. Jangan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.
  4. Memilih makanan lunak atau lembek yang tidak terlalu merangsang mulut.
5. Mengatasi Kekurangan Darah.
Pengobatan kanker juga bisa mengurangi sel darah merah (sel darah yang mempunyai tugas dan fungsi menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh). Sehingga efek samping yang dirasakan oleh para pasien yang menjalani pengobatan dan perawatan kanker adalah letih, lesu, lemah, berkunang-kunang sesak dan tanda gejala lainnya. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara cukup istirahat (karena manfaat tidur adalah besar bagi tubuh manusia), dan juga mengkonsumsi makanan yang bergizi agar mampu melawan keletihan dan kelemahan akibat dari kekurangan darah.

Baca juga sahabat tentang :
Hubungan Gizi Nutrisi Dengan kesehatan.
Kualitas Tidur yang Baik.
Hal Berhubungan Dengan Diare.

6. Mudah Terserang Infeksi.
Karena pengaruh dalam terapi kemo ini akan bisa mengakibatkan penurunan sel darah putih sehingga tubuh akan lebih mudah untuk terserang infeksi dan juga kuman penyakit.
Berikut beberapa cara tips mencegah infeksi adalah dengan :
  1. Cuci tangan sesering mungkin.
  2. Menghindari mereka yang sedang sakit agar tidak tertular.
  3. memakai masker untuk menghindari tertular penyakit pernafasan.
Baca juga sahabat mengenai : Macam-Macam Infeksi.

11 comments:

  1. Cuci tangan sesering mungkin sangat jarang dilakukan padahal tangan sangat mudah menjadi media berkembangnya bibit penyakit yang bsisa masuk kedalam tubuh.

    ReplyDelete
  2. kesan yang jelas rambut gugur dan botak, tapi banyak lagi kesan sampingan kemoterapi. terima kasih maklumatnya.

    ReplyDelete
  3. efek sampingnya banyak juga ya! mudah2an kita semua dijauhkan dari penyakit kanker. amin.

    ReplyDelete
  4. Saya baru tahu nama-nama penyakit di atas, mudah-mudahan saja saya nggak terserang.

    ReplyDelete
  5. ternyata efek kemoterapinya sangat mengerikan ya

    ReplyDelete
  6. kemoterapi sepertinya sudah tidak dianjurkan lagi untuk digunakan di negara-negara amerika dan eropa, karena efeknya yang bisa menghancurkan tubuh pasien....namun karena di indonesia di anggap belum ada pengobatan yang lebih ampuh daripada kemoterapi, maka kemoterapi tetap dianjurkan oleh para dokter indonesia

    ReplyDelete
  7. Banyak hal yyang baru saya tahu disini sob, trims artikelnya..

    ReplyDelete
  8. Ini sudah jadi momok yang menakutkan kang. Makasih Share nya Kang. Salam

    ReplyDelete
  9. rambut rontok yang kadang menjadi ciri khas dan itu yang ditakutkan oleh pasien karena akan mudah ditebak jika menderita kanker. Terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  10. efek dari kemoterapi sungguh menakutkan ternyata.

    ReplyDelete
  11. iya sob saya pernah melihat sendiri efek pengobatan ini, salah satunya rambutnya rontok tapi syukur kemudian bisa tumbuh kembali, betapa mengerikan penyakit ini ya

    ReplyDelete