Penerimaan Pendaftaran CPNS 2014

Lowongan Penerimaan CPNS dan juga formasi pendaftaran calon pegawai negeri sipil di tahun 2014-2015 akan resmi diumumkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Karena memang kita ketahui bersama bahwa rekrutmen seleksi cpns akan sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

Sehingga seleksi penerimaan CPNS juga akan tetap diselenggarakan pemerintah dalam tahun anggaran 2014-2015 ini. Apalagi dengan adanya Informasi Kenaikan Gaji PNS 2014 akan menambah daya saing perebutan kursi menjadi PNS akan semakin bertambah.

Pendaftaran CPNS Kementrian dan CPNS daerah provinsi kabupaten kota tahun 2014-2015 ini juga akan dibuka. Hanya menunggu pengumuman resmi dari pemerintah mengenai kapan jadwal cpns tahun 2014 ini akan mulai dibuka dan diinformasikan kepada masyarakat luas di Indonesia.

Seperti yang dikutip dan dilansir dari website www.republika.co.id yang memuat pemberitaan bahwasannya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar meminta para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2013 yang tidak diterima tidak lulus untuk kembali mempersiapkan diri mengikuti dan menghadapi tes cpns 2014 nantinya.

Info Lowongan Penerimaan Pendaftaran CPNS 2014

"Seleksi CPNS tahun 2014 direncanakan tes akan dilangsungkan bulan Juni atau Juli, sehingga masih ada waktu sekitar 4 bulan untuk belajar lagi," kata Azwar Abubakar rangkaian kunjungan kerja ke beberapa kabupaten / kota di Aceh, akhir pekan kemarin, seperti dikutip dari laman website www.setkab.go.id

Tes CPNS 2014 Menggunakan Sistem CAT Computer Assisted Test

Menurut Supardiana selaku Staf Khusus Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Kementerian PAN dan RB bahwa kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bakal mewajibkan seluruh instansi menggunakan tes berbasis komputer untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2014. Kementerian berharap Computer Assisted Test (CAT) dapat menggantikan isian Lembar Jawaban Komputer (LKJ) yang dinilai rawan kecurangan.

"Targetnya pada tahun 2014 seluruh instansi yang menggelar Seleksi CPNS bisa menggunakan CAT," imbuhnya. Untuk itu pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian PAN dan RB meminta agar instansi menyiapkan sarana yang diperlukan untuk menggelar CAT.

Bayu selaku Direktur Sistem Seleksi Badan Kepegawaian Negara mengatakan "Bisa saja nanti mereka mengumpulkan 100 komputer atau laptop yang diperlukan untuk tes di satu tempat, untuk kemudian digilir di lokasi tes lain,” kata Supardiana. Meskipun tes tidak serempak, soal CAT dinilai minim kebocoran. Soal CAT cpns 2014 nantinya tidak bisa diperkirakan. “Saya saja yang membuat software CAT untuk seleksi CPNS tak bisa tahu soal apa yang akan dikeluarkan bagi setiap peserta."

Formasi CPNS 2014

Untuk kuota formasi lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 ini seperti halnya informasi yang didapatkan dari laman wabsite ekoprasojo.com bahwasannya Menpan telah menginstrusikan untuk kuota cpns 2014 untuk ditambah mengingat juga bahwa pada Hasil Tes cpns 2013 yang lalu banyak formasi sampai dengan jumlah 6.200 formasi yang tidak terisikan setelah proses ujian berlalu sampai dengan pengumuman kelulusan diumumkan secara resmi.

Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (KIP) Kemen PAN-RB mengatakan bahwa instruksi dari Menteri PAN-RB sudah jelas, yakni meluncurkan kuota CPNS yang tidak terserap tahun lalu ke seleksi CPNS 2014 ini. Dari total kuota CPNS 2013 sebanyak 65 ribu, hanya terisi sejumlah 58.796 kursi saja.

Sehingga masih ada kursi sisa sebanyak 6.200-an kuota. Dengan asumsi kuota CPNS baru tahun depan tetap 65 ribu dan mendapatkan tambahan 6.200 kursi dari luncuran periode 2013, berarti kuota totalnya mencapai 71.200 lowongan cpns di tahun 2014 ini

Sedangkan informasi yang didapatkan dari laman www.liputan6.com didapatkan pemberitaan bahwa mulai bulan Maret 2014 pemerintah kembali membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk mengikuti seleksi penerimaan.

Adapun jumlah CPNS yang dicari sebanyak 100 ribu orang. "Tahun ini buka 100 ribu lowongan. Maret sudah dibuka," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (22/1/2014).

MenPAN-RB Azwar Abubakar menjelaskan, pembukaan lowongan CPNS pada tahun ini memang lebih cepat dari tahun lalu. Jika Maret dibuka, Azwar memprediksi proses seleksi CPNS bisa digelar sekitar Juni atau Juli sehingga pada Oktober peserta yang lolos seleksi sudah bisa diangkat.

Tentunya informasi ini masih simpang siur. Dan nantinya bila pemerintah telah mengumumkan kapan pastinya jadwal pendaftaran cpns tahun 2014 ini diumumkan nantinya akan selalu diberitahukan melalui update info pendaftaran CPNS 2014. Dan jangan lupakan pola untuk belajar mengenai Kumpulan Soal-Soal Tes CAT CPNS Terbaru 2014.

12 comments:

  1. menarik juga ujian CAT ini, soalan yang berlainan bagi setiap calon.

    ReplyDelete
  2. setelah beberapa bulan lalu para pencari kerja dimanjakan dengan BUMN Career Day, kemudian Februari ini ada ECC UGM, bagi yang belum beruntung sekarang mereka berkesempatan memulainya lagi di CPNS, semoga sukses...

    salam

    ReplyDelete
  3. aih kuotanya ternyata masih banyak ya kang....peluang jadi pns ternyata masih terbuka luas nih...daftar juga gituh y?

    ReplyDelete
  4. gimana sih nih testnya!! klu dilakukan dg cara online bukankh mudah utk membuka lembaran jawaban di om gugel maupun mbak mozilla.. praktek kerja samapun bebas..haddeh, kayaknya formalitas deh, Bagi para cpns yg awam & tdk mmpunyai link sama sekali dlm instansi terkait pasti buang2 tenaga doank, ujung2nya yg lolos hanya mereka2 yg punya link & punya Rp. utk para calo/koruptor utk disuap.. dubraakk.

    ReplyDelete
  5. Ayo buruaaaaaaaan.....
    cobalah mengejar impian, selagi ada kesempatan marilah kita ikut tes CPNS 2014 thn ini!!!
    SEMOGA SUKSES!!!

    ReplyDelete
  6. pendaftaran nya uda di mulai belum ya

    ReplyDelete
  7. susah jg mndftrkn istriku,klw situs panselnas selalu down,kpn sih bs normal ini situs

    ReplyDelete
  8. saya kecewa sebagai orang indonesia... semoga para pejabat kita cepat sadar....

    ReplyDelete
  9. tanks ya udah kasi peluang besar bagi sarjana-sarjana yang belum kerja....tapi harus konsekuen jagan curang

    ReplyDelete
  10. dah tgl berapa ni.....
    mengapa belum ada pengumuman nama-nama, waktu, tempat dan lokasi ujian TKD mengapa belum ada pengumuman nama-nama, waktu, tempat dan lokasi ujian TKD diKementerian Pendidikan dan Kebudayaan....
    beritanya tanggal 25, ini udah tgl 27 pun...
    cemananya ini,
    saya dari medan-sumut

    ReplyDelete