Faktor Penyebab Penyakit Kanker

Penyakit kanker memang bermacam-macam. Diantaranya berbagai jenis macam kanker adalah kanker kanker payudara, kanker serviks. Kedua jenis kanker tersebut banyak menyerang kaum wanita. Macam dan jenis-jenis penyakit kanker lainnya adalah kanker hati, kanker prostat, kanker kulit, kanker paru-paru dan sebagainya. Untuk itulah kita bersama perlu mengetahui akan penyebab kanker itu sendiri.

Ada perbedaan antara tumor dan kanker. Perbedaan tumor dan kanker adalah bila tumor itu adalah merupakan jaringan abnormal yang biasanya muncul berupa benjolan atau pembengkakan di bagian tubuh dan tidak begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tumor terbentuk dari daging yang berisi cairan dan lemak. Bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh manusia, misalnya ketiak, payudara, otak, leher, dan sebagainya.

Sedangkan kanker adalah merupakan jenis tumor yang ganas. Hal ini terjadi karena adanya sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak teratur. Kanker bisa terjdi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ tubuh.

Penyebab Kanker

Maka kita kenal dengan macam penyakit kanker yang telah disebut di atas. Berjalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya tersebut, maka sel-sel kanker akan membentuk suatu massa dari jaringan ganas yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar (metastasis / metastase) ke seluruh tubuh dan bisa mengenai organ yang sehat pada mulanya.

Penyebab kanker yang sesungguhnya sebenarnya tidak diketahui penyebab pastinya. Karena antara satu dan lain halnya faktor penyebab kanker ini saling berkaitan. Namun dari hasil beberapa analisa penyebab penyakit kanker ini adalah maerupakan kumpulan dari berbagai faktor misalnya adalah faktor genetik (keturunan), faktor lingkungan, serta faktor pola makan.

Beberapa faktor resiko kanker dan juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker bisa berupa :
  1. Faktor Genetik (faktor Keturunan). Bila dalam sebuah lingkup keluarga mempunyai riwayat menderita kanker, maka anggota keluarga lainnya akan mempunyai faktor resiko penyakit kanker akan mudah terjadi dibandingkan dengan keluarga yang tanpa riwayat tumor ganas ini. Misalnya wanita atau saudara perempuan akan mempunyai resiko terkena kanker payudara meningkat 1,5-3 kali bila ada anggota keluarga atau pun saudaranya mengidap penyakit kanker payudara juga dibandingkan dengan yang tidak mempunyai riwayat keluarga.
  2. Faktor Lingkungan. Dalam berbagai kasus penyakit, faktor lingkungan ini berperan serta banyak dalam timbulnya suatu penyakit. Sama halnya dengan hal yang bisa menyebabkan penyakit kanker ini. Lingkungan dan kebiasaan buruk bagi kesehatan contohnya adalah merokok akan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Seperti halnya kanker paru-paru, kanker mulut. Itu semua karena bahan racun yang terkandung dalam sebuah rokok amat buruk untuk kesehatan seseorang. Faktor lingkungan yang bisa meningkatkan faktor resiko kanker lainnya adalah sinar ultraviolet matahari serta radiasi ionisasi (yang merupakan karsinogenik) digunakan dalam sinar rontgen dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga nuklir dan ledakan bom atom hingga menjangkau jarak sangat jauh. (http://www.dharmais.co.id)
  3. Pola Makan Yang Tidak Sehat. Makanan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker. Khususnya adalah makanan yang menggunakan berbabagi macam bahan-bahan kimia yang seharusnya bukan untuk bahan makanan. Hal ini seperi kita banyak saksikan bahwa tidak sedikit produk makanan juga yang dicampur dengan bahan kimia industri rumah tangga atau lainnya dengan tujuan tertentu. Kebanyakan akan bisa menimbulkan kanker yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Untuk itulah kita sebagai orang tua perlu untuk memilih jajanan sehat bagi anak-anak kita juga.
  4. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat. Ini sama dengan adanya perilaku hidup yang tidak sehat seperti halnya merokok, mengkonsumsi minum-minuman keras (beralkohol). Perilaku seks bebas juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker serviks
  5. Faktor Mental Seseorang. Bahasa mudahnya adalah faktor kejiwaan seseorang. Stressor dalam hal ini terutama stress yang berat akan bisa menyebabkan adanya ganggguan keseimbangan seluler tubuh. Keadaan tegang terus menerus dapat mempengaruhi sel, dimana sel akan menjadi lebih hiperaktif dan pada akhirnya akan bisa berubah sifat menjadi ganas sehingga menyebabkan kanker. Untuk itulah kita juga perlu mengetahui akan tips menghilangkan stress.
  6. Gangguan Keseimbangan Hormon Tubuh. Hormon tubuh di sini adalah lebih banyak pada hormon estrogen dan progesteron. Hormon estrogen berfungsi merangsang pertumbuhan sel yang cenderung mendorong terjadinya kanker, sedangkan progesteron melindungi terjadinya pertumbuhan sel yang berlebihan. Ada kecenderungan bahwa kelebihan hormon estrogen dan kekurangan progesteron akan bisa menyebabkan meningkatnya risiko kanker payudara, kanker leher rahim, kanker rahim (pada kaum wanita) dan ini juga meri[akan jenis kanker yang banyak menyerang wanita perempuan dan kanker prostat dan buah zakar pada kaum pria.
Semoga dengan kita mengenali akan berbagai hal yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit kanker ini kita jadi lebih waspada dalam menjaga kesehatan kita dan tentunya kita harus bisa menerapkan akan pola hidup sehat dan juga pola makan yang sehat dalam menjalani kehidupan keseharian kita.

10 comments:

  1. Yang lebih ngeri memang karena faktor lingkungan dan makanan,kalau lingkungan itu tadi malas bergerak atau kurang berolahraga dan apalagi faktor makanan yang juga yang harus dijaga agar tidak terlalu banyak menimbulkan lemak dalam tubuh.

    ReplyDelete
  2. eh, ternyata faktor genetik juga ya -__-

    ReplyDelete
  3. Ternyata kanker itu bukan hanya disebabkan keturunan saja, ada faktor lainnya. Terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
  4. untuk menambah wawasan saya membacanya,jadi akan lebih tahu gejala awal terjadinya cancer,tapi mudah2an saja tidak akan pernah terjadi kepada kami,aamiin.

    ReplyDelete
  5. Oh jadi pola makan tidak sehat dan lingkungan juga bisa jadi penyebab kanker ya mas. terimakasih infonya, berarti harus hati hati ne

    ReplyDelete
  6. kalo perokok pasif itu juga sangat beresiko loh mas ya... Wah, harus segera tegas dong ya dengan perikok ini... Ayoo basmi perokok,.. Hehehehe

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah keluarga saya tidak ada yang mengidap kanker :)

    ReplyDelete
  8. penyakit kronik yang perbagai cara boleh hadapi jika tidak mencegahnya sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  9. kayaknya yg nomor 3 itu harus hati2 banget, banyak makanan2 yg mengandung unsur2 kimia yg tak sehat .
    semoga kita dan orang2 terinta gak terkena penyakit kanker ya sob..Amiin

    makasi infonya, jadi menambah wawasan saya

    ReplyDelete
  10. like buat artikelnya

    ReplyDelete