Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Penyebab Sulit Hamil

Faktor-Faktor Penyebab Sulit Susah Hamil pada wanita memang tidak sedikit kita temui di masyarakat. Karena memang kodrat seorang wanita adalah menjadi seorang ibu dan mempunyai anak-anak yang lahir dari dalam rahimnya. Hanya saja memang tidak bisa di pungkiri pula oleh kita semuanya bahwasannya hal-hal yang menyebabkan sulit hamil pada seorang wanita ini menjadi permasalahan dalam dunia kesehatan terutama kesehatan reproduksi.

Banyak juga mengenai mitos kesuburan baik dari pihak laki-laki atau pun kesuburan dari pihak perempuan yang beredar di masyarakat kita. Beberapa hal seputar mitos kesuburan itu diantaranya karena pengaruh juga dari pihak laki-laki yang mana sp**manya encer, ada juga karena pengaruh penggunaan alat kontrasepsi KB yang kurang tepat dan sebagainya. Dan memang belum tentu kebenaran dari mitos hal yang membuat perempuan susah hamil tersebut benar bila dilihat dari sisi medis.

Yang jelas dari kedua-duanya maksudnya pasangan suami istri yang begitu mendambakan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga mereka bisa memberikan sumbangsih dari faktor yang menyebabkan susah hamil ini. Karena memang proses kehamilan tentunya harus ada dua organ reproduksi yang berperan di dalamnya yaitu organ reproduksi laki-laki dan juga reproduksi wanita bisa menjadi faktor penyebab sulit hamil ini.

Faktor-Faktor Penyebab Sulit Susah Hamil

Hanya saja di masyarakat kita ini, kaum wanita lebih banyak dijadikan tumpuan kesalahan ketika sebuah keluarga lama tidak dikarunia momongan atau anak. Stigma buruk masyarakat mengenai kesulitan memperoleh keturunan anak ini memang harus diluruskan. Agar tidak selalu kaum ibu (wanita) yang menjadi sasarannya. Sehingga stigma buruk mengenai wanita mandul atau pun laki-laki mandul akan bisa berkurang dan tidak menjadi beban tambahan bagi para pasangan suami istri yang belum juga dikaruniai anak.

Karena bisa saja reproduksi laki-laki lah yang menjadi pokok permasalahannya. Untuk itulah pentingnya pemeriksaan mengenai hal ini dilakukan antara keduanya yaitu pasangan suami istri secara bersamaan agar bisa diperoleh apa yang menjadi faktor susah hamil ini yang sebenarnya.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab wanita sulit hamil atau pun pada pasangannya yaitu diantaranya :

1. Adanya Penyakit Endrometriosis.
Endometriosis berasal dari kata endometrium, yaitu sebuah jaringan yang melapisi dinding rahim. Penyakit endometriosis ini adalah tumbuhnya jaringan dinding rahim di luar rahim. Lokasi tumbuhnya beragam di rongga perut, seperti di ovarium, tuba falopii, jaringan yang menunjang uterus. Jaringan dan peradangan inilah yang bisa menjadikan salah satu dari sekian penyebab susah hamil pada wanita.

Pada endometriosis yang ringan, konsepsi masih mungkin terjadi karena tidak semua wanita akan mengalami infertilitas (mandul). Pada kasus ini, pemeriksaan laparoskopi bisa digunakan untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan karena adanya endometriosis. Bila diagnosis telah ditegakkan, maka sang dokter akan bisa lebih cepat memberikan pengobatan endrometriosis ini dengan lebih baik lagi dan tidak dibiarkan berkepanjangan.

2. Pola Hidup Kurang Sehat.
Untuk bisa cepat memperoleh keturunan ada beberapa cara tips cepat hamil yang bisa dicoba dan usahakan. Karena memang banyak juga yang telah membuktikan bahwa setelah sekian lama berumah tangga dan belum juga dikarunia anak maka pada suatu saat setelah menjalani pengobatan dan perawatan akan bisa juga berhasil mempunyai anak idaman orang tua.

Pola hidup yang tidak sehat seperti contohnya adalah terbiasa mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, pola makan yang tidak sehat, kegemukan (kelebihan berat badan) bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan susah hamil juga. Maka bila memang telah bertekad dan mempunyai impian mempunyai anak keturunan, maka hilangkanlah kebiasaan-kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan pasangan suami istri tersebut.

3. Stressor Dan Kelelahan.
Dua faktor di atas ternyata juga mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam sebuah kehidupan rumah tangga khususnya bagi pasangan suami istri yang mengalami kesulitan dalam memperoleh anak. Bila dalam pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter dan semua organ reproduksi dalam keadaan sehat dan tanpa gangguan, kemungkinan besar faktor di atas bisa menjadi penyebabnya.

Apalagi memang tidak disalahkan juga bila telah sekian tahun menikah dan belum juga dikaruniai momongan maka keluarga, teman, saudara, tetangga akan banyak menanyakan akan hal ini dan tentunya akan membuat kita juga bertambah stress. Pertanyaan kenapa tidak bisa hamil, kenapa belum juga punya momongan, kapan mau punya momongan adalah pertanyaan yang sering diajukan.

Karena memang adalah sebuah pertanyaan wajar yang diajukan bila telah lama berkeluarga belum juga ada tanda-tanda kehamilan yang terjadi pada istri. Hanya saja tentunya pertanyaan tersebut harus diberikan pada saat dan waktu yang tepat kepada pasangan tersebut.

4. Kerusakan Gangguan Pada Tuba Falopi.
Tuba falopi adalah merupakan saluran sel telur. Ketika terjadi peradangan gangguan kerusakan pada tuba saluran telur ini, bisa dikarenakan adanya penyumbatan atau jaringan parut atau hal lainnya, akan bisa menyebabkan infertilitas pada wanita. Pada proses ovulasi, sel telur yang sudah matang dilepaskan dari dalam rahim menuju saluran telur untuk dibuahi.

Jika saluran ini rusak, maka sel telur juga akan terpengaruh. Penyebab kerusakan saluran telur pada wanita ini bisa karena infeksi penyakit menular terutama klamidia. Kasus-kasus lain yang bisa menjadi penyebab penyumbatan pada tuba adalah penyakit radang panggul, atau bekas operasi akibat kehamilan ektopik.

5. Penyakit Tertentu
Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS). Sindrom inilah yang dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami ketidak seimbangan hormon wanita dalam tubuhnya. Bisa menyebabkan pelepasan sel telur akan terhambat, sehingga akhirnya akan bisa menjadikan haid tidak teratur dan menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Inilah yang menjadi penyebab sulit hamil. Dan hal ini dibuktikan bahwa hampir sekitar 5 persen wanita yang berusia antara 12 hingga 45 tahun, mengalami akan sindrom semacam ini.

Demikian beberapa hal yang bisa menyebabkan kesulitan memperoleh anak dalam sebuah keluarga. Pemeriksaan kesehatan perlu dan harus dilakukan secara lengkap pada dokter spesialis kandungan dan juga dokter spesialis masalah fertilitas akan bisa dicarikan solusi serta pengobatan dan perawatan pada masalah susah hamil ini.
Doa, ikhtiar dan berusaha terus serta jangan menjadi pesimis adalah merupakan semangat para pasangan suami istri yang mendambakan kehadiran anak dalam keluarganya. Karena sesungguhnya Allah lah yang Maha Menentukan. Manusia hanya diwajibkan untuk berusaha.
Sahabat juga bisa membaca ebook mengenai Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil yang mengupas tuntas mengenai masalah infertilitas, fakta di balik mitos-mitos cara cepat hamil yang berkembang di masyarakat kita dan juga dari segi harga buku yang relatif murah jika dibandingkan dengan banyaknya informasi dan tips yang bisa didapatkan sahabat-sahabat semuanya di dalamnya. Silahkan sahabat mengklik gambar di bawah ini untuk mendapatkannya :

Sahabat membaca artikel mengenai Penyebab Sulit Hamil. Bila sahabat menganggap artikel Penyebab Sulit Hamil ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

7 komentar

oh jadi begitu ya kang, banyak para ibu -i bu pemula mengeluhkan tetang ini, sangat bermanfaat.

Balas

terima kasih infonya ^_^

Balas

Dan ada sumber yang mengatakan salah satu penyebabnya adalah dari mengkonsumsi rokok, itu bener gak ya mas..?

Balas

setuju sangat, ada lelaki tidak mahu buat pemeriksaan, tidak adil terus wanita jadi penyebab.

Balas

Berarti pola hidup yang harus diperhatikan kuncinya yah Mas.Trims Mas.

Balas

SEmoga menjaidi perhatian semua pasangan baru agar cepat punya momongan ya mas

Balas

Mantap info nya gan . Makasih :)

Balas