Tips Lolos Mengerjakan Psikotes

Tips menghadapi mengerjakan psikotes yang benar adalah merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam meraih kelulusan mengerjakan psikotes yang sedang kita hadapi. Karena memang tes ujian psikotes adalah merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah proses mencari pekerjaan atau pun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih penting. Untuk itulah tips lulus psikotes ini harus benar-benar kita ketahui dengan benar pula.

Proses perekrutan karyawan atau pun pegawai baru dalam sebuah perusahaan atau pun tempat pekerjaan menjadikan psikotes dan juga tes wawancara kerja adalah bagian akhir dari penilaian yang diadakan dalam proses perekrutan tersebut. Selain dari uji tulis kompetensi dan juga dari segi penampilan juga tidak lepas dari penilaian yang diadakan juga.

Yang dimaksud dengan Psikotes adalah merupakan bagian dari tes psikologi seseorang yang dimana hasil akhir dari tes tersebut akan bisa menilai mengenai sifat orang yang melakukan dan mengerjakan psikotes tersebut. Sehingga pihak yang mengadakan ujian tes semacam ini akan bisa menilai apakah orang yang bersangkutan sesuai tidak dengan pekerjaan yang nantinya akan digelutinya tersebut. Inilah kurang lebih dengan apa yang dimaksud dengan pengertian psikotes itu sendiri. Sedangkan tujuan psikotes salah satunya adalah mengukur aspek individu (seseorang) secara psikis.

Tips Lulus Psikotes

Ada beberapa contoh soal psikotes beserta varian dan metoda yang kerapkali digunakan yaitu diantaranya :

Tes Koran (Tes pauli / Kraepelin).
Model tes semacam ini adalah merupakan tes yang terdiri dari angka yang disusun secara vertikal dan dibuat secara berlajur. Yang dinilai dari tes ini adalah merupakan ketelitian, konsisten dan kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang diberikan nantinya. Maka tips dalam mengerjakan tes macam ini adalah dengan ketelitian serta juga cepat mengerjakannya. Dan ini tentunya membutuhkan banyak latihan dengan belajar soal-soal psikotes yang banyak beredar dalam bentuk buku atau pun yang lainnya.

Analog Tes Verbal.
Test analog verbal ini pada umumnya terdiri dari 30-40 soal-soal yang berisikan mengenai sinonim, antonim dan juga analog dari sebuah kata. Penilaian dari tes analog ini adalah sejauh mana kita menganalogikan suatu permasalahan nantinya bila kita sedang dalam menunaikan pekerjaan-pekerjaan kita.

Demikian tadi 2 bentuk metoda soal-soal yang umumnya terdapat dalam sebuah pelaksanaan ujian psikotes dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya.

Dan berikut adalah beberapa cara trik tips lolos psikotes yang perlu kita persiapkan bersama demi kelancaran dalam mengerjakanya :
  1. Berdoa. Dalam setiap kehidupan kita tentunya kita sebagai umat beragama tidak lepas dari urusan penting yang satu ini. Dan doa adalah merupakan salah satu cara untuk kita memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan setiap tes yang akan kita hadapi bersama.
  2. Melakukan Persiapan Yang Matang. Maksudnya adalah kita seringkali mengulang dan banyak mempelajari berbagai ragam contoh soal psikotes yang bisa kita dapatkan baik itu melalui buku yang dijual atau pun bisa kita pinjam kepada teman yang telah lulus dalam ujian psikotes. Karena soal tidak akan jauh beda dari soal-soal psikotes yang akan dikerjakan, hanya berbeda dalam menerjemahkan bentuk-bentuk soal.
  3. Yakin Akan Kemampuan Sendiri. salah satu modal kita untuk meraih kesuksesan dalam mengerjakan soal psikotes adalah kita yakin dengan kemampuan diri kita sendiri. Bila kita telah dimasuki rasa pesimis yang tinggi ketika akan menghadapi banyaknya soal yang akan dikerjakan itu akan mempengaruhi mental psikologis diri sendiri. Yakinlah bahwa kita mempunyai kelebihan dan kemampuan yang berbeda satu dengan lainnya. Optimis perlu kita kuatkan ketika kita bersiap menjalani tes psikotes.
  4. Kerjakan Soal dari yang Termudah. Maksudnya kita manfaatkan waktu yang tersedia dengan sebaik mungkin yaitu salah satunya kita kerjakan soal yang paling mudah kita pehami terlebih dahulu, baru kemudian kita mulai mengerjakan soal-soal yang membutuhkan pemahaman lebih lanjut untuk dikerjakan.

6 comments:

  1. siip Mas, tulisannya saya sharing ke yang lain boleh ya?

    ReplyDelete
  2. Wah, ane belum pernah tes psikotes nih, mulai sekarang ane cari soal-soal psikotes di toko buku ah, makasih banyak infonya ya Sob...

    ReplyDelete
  3. Untuk yang mau ujian CPNS sangat membantu sekali nanti mas ketika menghadai ujiannya.

    ReplyDelete
  4. wah boleh bgt nih :)
    makasih banyak ya mas :)

    ReplyDelete
  5. masih suasana lebaran khan,
    sambil ucapin mohon maaf lahir batin sambil lirak lirik kanan kiri cari ketupat lebaran...salam :-)

    ReplyDelete
  6. Tipsnya boleh Kang. Bisa membantu dalam menghadapi test psikotes.

    Salam wisata

    ReplyDelete