Manfaat Tujuan Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Manfaat pentingnya pemberian IMD begitu besar bagi tahapan awal permulaan sang bayi ketika baru dilahirkan di dunia ini. Karena dengan adanya pemberian inisiasi menyusui dini bagi bayi adalah akan bisa dijadikan salah satu cara dalam menekan dan menurunkan penyebab kematian bayi oleh karena hipotermia (kedinginan). Hal ini karena dalam proses IMD ketika sang bayi merangkak didada mencari payudara sang ibu untuk menyusui maka kehangatan ibu akan memberikan kenyamanan pada sang bayi.

Tahapan dan cara menyusu dini adalah pada dasarnya adalah segera setelah dilahirkan, bayi diletakkan didada atau di perut diatas dada ibu selama paling sedikit satu jam untuk memberi kesempatan pada bayi untuk mencari dan menemukan payudara ibunya untuk memulai menyusui untuk pertama kalinya dalam hidupnya. Setelah diletakkan di dada ibu, biasanya si bayi hanya akan diam selama 20 – 30 menit, dan ternyata ini terjadi karena bayi sedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan dalam proses persalinan yang baru dialaminya.

Manfaat Inisiasi Menyusu Dini Bagi Ibu Dan Bayi

Pengertian Inisiasi Menyusui Dini

Yang dimaksud dengan definisi dan makna arti IMD ini adalah bayi mulai menyusu sendiri segera setelah lahir pada satu jam pertama, bayi dibiarkan merangkak mencari payudara ibu dan membiarkan kulit bayi kontak langsung dengan kulit ibunya. Inilah pengertian yang dkemukakan oleh Roesli 2008. Dan juga makna lainnya adalah permulaan menyusui dini adalah menyusu pertama kali pada jam-jam pertama setelah bayi lahir yaitu antara 5 sampai 10 menit.

Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap kematian akibat hipotermia. Namun 16 persen penyebab kematian bayi dapat dicegah melalui pemberian ASI pada sejak hari pertama dilahirkan. Angka ini naik menjadi 22 persen jika pemberian ASI dimulai satu jam setelah kelahiran atau dikenal dengan istilah inisiasi menyusui dini (IMD). Sehingga memang manfaat menyusui dini bagi ibu dan bayi adalah sebuah hal yang tidak boleh diindahkan begitu saja oleh para ibu.

Manfaat Inisiasi Menyusu Dini

Ada beberapa manfaat dan juga tujuan pemberian IMD kepada bayi. Berikut adalalh beberapa faedah ketika IMD diberikan kepada bayi baru lahir dan juga pengaruh psikologis baik bagi ibu dan juga bayinya antara lain sebagai berikut :
  • Dampak efek psikologis bagi sang ibu dan sang bayi adalah membuat keduanya merasa lebih tenang dan rileks setelah melalui proses persalinan yang baru dijalani berdua. Pengaruh lainnya adalah Pernafasan dan detak jantung keduanya akan lebih stabil. Bayi akan lebih jarang menangis sehingga hal ini akan bermanfaat untuk mengurangi pemakaian energi.
  • Ikatan batin antara ibu dan bayi anak akan lebih erat terjamin. “Bonding” (ikatan kasih sayang) antara ibu – bayi akan lebih baik karena 1 – 2 jam pertama, bayi dalam keadaan siaga. Setelah itu biasanya bayi tidur dalam waktu yang lama dan beristirahat pertamanya setelah dilahirkan di dunia ini.
  • Saat merangkak mencari payudara, bayi memindahkan bakteri dari kulit ibunya dan ia akan menjilat-jilat kulit ibu, menelan bakteri “baik” dari kulit ibu. Bakteri “baik” ini akan berkembang biak membentuk koloni kulit di kulit usus bayi, menyaingi bakteri “jahat” dari lingkungan sekitarnya.
  • Bayi yang diberi kesempatan menyusu dini lebih berhasil dalam proses menyusui ASI eksklusif dan akan lebih lama disusui. Karena memang banyak juga Manfaat pemberian ASI Eksklusif baik bagi sang ibu maupun bayinya itu sendiri.
  • Bayi mendapatkan kolostrum ASI yang pertama kali keluar. Cairan emas ini kadang juga dinamakan the gift of life. Bayi yang diberi kesempatan Inisiasi Menyusu Dini lebih dulu mendapatkan kolostrum daripada yang tidak diberi kesempatan. Karena memang banyak Kandungan Dan Manfaat Kolostrum pada ASI ini. ASI istimewa yang kaya akan daya tahan tubuh penting untuk ketahanan terhadap infeksi, penting untuk pertumbuhan usus, bahkan kelangsungan hidup bayi. Kolostrum akan membuat lapisan yang akan melindungi dinding usus bayi yang masih belum matang sekaligus mematangkan dinding usus ini.
  • Bermanfaat menambah kebahagiaan ayah dan ibunya. Ibu dan ayah akan merasa sangat bahagia bertemu dengan bayinya untuk pertama kali dalam kondisi seperti ini. Bahkan ayah akan mendapatkan kesempatan dalam menjalankan syariat dan sunnah dalam agama yaitu mengazankan anaknya ketika berada di dada ibunya. Suatu pengalaman batin bagi ketiganya yang amat indah dan memberikan kesan yang mendalam bagi ketiganya. Dan ini adalah merupakan bagian dari Adab Islami Menyambut Kelahiran Anak yang juga harus diketahui oleh para orang tua.
Manfaat dan keuntungan IMD bagi sang ibu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Merangsang produksi oksitosin dan prolaktin.
  2. Meningkatkan keberhasilan produksi dan memperlancar ASI sang Ibu.
  3. Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu dan bayi.
Inisiasi Menyusui Dini akan sangat membantu dalam rangka kelangsungan pemberian ASI eksklusif dan juga lamanya pemberian ASI dari sang ibu kepada bayinya nantinya. Dengan demikian bayi akan terpenuhi akan hal terkait dengan kebutuhan akan zat gizi dan nutrisinya minimal sampai dengan anak nantinya berumur 2 tahun. Dan merupakan bagian dari cara tips serta kiat mencegah anak kekurangan gizi pula.

6 comments:

  1. menyusui sejak dini, baru azh selesai dilakukan oleh tetangga saya, malah anak dan ibunya dapet sertifikat lulus setelah melewati fase menyusui dini.
    ASI wajib di berikan, maka anak yang mendapatkan susu dini ini kelak bakal makjleb deh.

    ReplyDelete
  2. info sangat membantu dan sangat penting sekali

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah semua keluargaku mendapatklan asi dari emakku

    ReplyDelete
  4. Jalinan kasih sayang antar ibu dan anak akan tampak lebih sempurna dengan menyusui atau memberi ASI. Insting bayi untuk Inisiasi Menyusui Dini sungguh luar biasa ya ?

    ReplyDelete
  5. Berarti menyusui bayi Sesuatu hal yang harus segera di lakukan bagi seorang ibu sehabis melahirkan ya..

    ReplyDelete
  6. Asi pertama sangat di anjurkan, kalau menyusui ibu sebagai pemberi asi setidaknya maksimal sampai 2 tahun ya mas.

    ReplyDelete