Pelantikan Dan Pesta Rakyat Jokowi JK 2014

Pelantikan Presiden Jokowi 20 Oktober 2014 akan digelar di Jakarta dan berpusat di Monumen Nasional Monas. Pelantikan Presiden Wakil Presiden 2014-2019 Joko Widodo - Jusuf Kalla di MPR dijadwalkan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB pada sidang paripurna MPR tersebut.

Setelah proses pelantikan Presiden Wakil Presiden Jokowi JK 2014 -2019 dilakukan di gedung MPR, rencananya pasangan pemimpin Indonesia periode tahun 2014-2019 tersebut akan menggelar kirab budaya dan menghadiri pesta rakyat di kawasan Monas.

Pelantikan Presiden Jokowi JK 20 Oktober 2014

Pelantikan Presiden Jokowi JK 20 Oktober 2014


Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyusun acara pelantikan Joko Widodo pada 20 Oktober 2014. Acara tersebut adalah merupakan bagian dari serangkaian acara sidang paripurna MPR pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden Terpilih Indonesia ke 7 tahun 2014-2019 ini.

Acara sidang paripurna MPR pelantikan Jokowi-JK dimulai pada pukul 10.00 WIB. Jokowi dan JK akan diambil sumpahnya sebagai Presiden dan wakil presiden. Jokowi akan diambil sumpahnya sebagai presiden pada pukul 10.20 WIB.

Setelah itu, maka selanjutnya pengucapan sumpah wakil presiden akan diucapkan oleh Jusuf Kalla. Setelah pengucapan sumpah presiden dan wakil presiden selesai dilalui, makan Jokowi akan memberikan pidato pertama sebagai presiden RI 2014-2019.

Sejumlah mantan presiden, kepala negara dan utusan negara sahabat juga dijadwalkan hadir pada pelantikan dan pengambilan sumpah presiden wakil presiden RI tahun 2014 yang digelar di gedung DPR/MPR itu.

Kepala Negara yang dijadwalkan hadir antara lain adalah diantaranya Perdana Menteri Thailand, Australia, Singapura, Haity, dan Malaysia.

Gambar foto pelantikan Jokowi JK di MPR 20 Oktober 2014 tentunya akan menghiasi halaman media massa dan media elektronik yang akan langsung meliput acara pelantikan presiden dan wakil presiden tahun 2014 ini di gedung MPR/DPR RI

Gedung DPR/MPR berbenah dalam rangka menyongsong pelantikan Jokowi dan JK pada 20 Oktober. Sebuah spanduk raksasa bergambar presiden dan wapres terpilih terpasang di dekat pintu gerbang utama gedung DPR RI. Di spanduk itu juga tertulis sumpah presiden RI.

Pelantikan Presiden Jokowi JK 20 Oktober 2014

Bunyi sumpah Presiden dan Wakil Presiden yaitu :
"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa."

Pesta Rakyat Syukuran Presiden Jokowi JK


Relawan Jokowi akan menggelar acara pesta rakyat pelantikan presiden pada Ahad, 19 Oktober 2014, dan Senin, 20 Oktober 2014. Acara bertajuk Syukuran Rakyat Salam 3 Jari itu merupakan inisiatif para relawan untuk merayakan dilantiknya presiden terpilih Joko Widodo dengan wakilnya Jusuf Kalla.

Para relawan dan pendukung mempersiapkan acara Syukuran rakyat yang bertajuk Kirab Budaya Syukuran Rakyat. Syukuran rakyat ini akan digelar usai pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla 20 Oktober nanti.

Kooordinator Kirab Budaya Syukuran Rakyat Jay Wijayanto berjanji pihaknya akan menyelesaikan segala perizinan terkait rencana digelarnya acara syukuran pesta rakyat tersebut.

Dalam pesta rakyat tersebut, Jokowi-JK direncanakan akan menyapa seluruh rakyat Indonesia, sekaligus menyampaikan pidato kerakyatan pertama kali dan ditutup dengan doa dan pemotongan tumpeng di Monumen Nasional (Monas). Selain itu akan tersedia aneka makanan enak-enak gratis untuk rakyat.

Acara Syukuran Rakyat Pelantikan Jokowi JK

Berikut ini adalah rencana dari acara pesta rakyat syukuran Jokowi JK Senin 2014 Oktober 2014 yaitu :
  • Pukul 10.00 WIB : Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik di Gedung DPR-MPR, Senayan. Panitia Syukuran Rakyat  Salam3Jari menggelar acara nonton bareng siaran pelantikan menggunakan layar lebar di Monas berbarengan dengan konser.
  • Pukul 12.45 WIB : Jokowi selesai menghadiri upacara pelantikan. Jokowi tiba di Bundaran Hotel Indonesia, dan diarak menuju Monas menggunakan andong.
  • Pukul 14.00 WIB : Jokowi tiba di Istana Merdeka menghadiri acara pisah-sambut dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seusai acara, Jokowi berjanji mengadakan acara open house Jokowi JK di Istana Presiden untuk 700 warga.
  • Pukul 16.00 WIB : Jokowi dijadwalkan menghadiri konser rakyat di Monas. Dia akan bernyanyi bersama Slank dan musikus lainnya sampai menjelang magrib.
  • Pukul 19.00 WIB : Jokowi kembali ke Monas untuk menghadiri acara pelepasan 300 lampion hingga sekitar pukul 22.00 WIB.
Jokowi akan berangkat bersama arak-arakan menuju ke arah Bundaran Hotel Indonesia. Rencananya, Geruduk ini akan menyediakan kereta kencana atau kapal pinisi untuk dinaiki Jokowi.

Setibanya di Istana Negara, Jokowi-JK akan menjalani prosesi upacara penyambutan militer. Setelah itu, keduanya akan melakukan teleconference dengan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia.

Setelah kegiatan di Istana Negara selesai, Jokowi-JK akan kembali menemui relawan yang sudah menunggu di panggung rakyat di Monas. Acara ini akan diisi dengan pertunjukan musik oleh artis-artis ternama, di antaranya Slank, Oppie Andaresta, Saykoji, /Rif dan Aura Kasih.

Acara ini rencananya ditutup dengan pemotongan tumpeng dan pembacaan doa. Acara diperkirakan selesai pada pukul 22.00 WIB dengan terlebih dulu dilakukan pelepasan 17.480 lampion serentak di 31 lokasi di seluruh Indonesia.

3 comments:

  1. kalau saja saya ornag jakarta saya pasti pergi kemonas,, :) kan katanya relawan kokowi kesana semua. janagn lupa follback blog sya yaa mas.. biar saling mengikuti...

    ReplyDelete
  2. sangat meriah acaranya bang ferry, semuga beliau dapat menerajui Indonesia dgn baik dan cemerlang.

    ReplyDelete