Penerimaan Pendaftaran CPNS 2015 Dibuka Pemerintah

Pemerintah akan tetap membuka lowongan formasi pendaftaran seleksi penerimaan CPNS Tahun 2015 demikian diungkapkan Kementrian PAN-RB seperti yang diutarakan oleh Diah Faraz selaku dari kepala Bidang Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi seperti yang dilansir dari jpnn.com.

Formasi pendaftaran cpns umum tahun 2015 adalah nantinya adalah untuk terbatas pada tenaga kesehatan dan tenaga guru pendidik dalam rangka seleksi cpns di tahun 2015-2016 nantinya.

Hal ini sejalan dengan rencana adanya Moratorium Penerimaan CPNS Selama 5 Tahun dari tahun 2015-2010 untuk formasi umum tetapi tidak untuk formasi tenaga guru pendidik dan juga tenaga kesehatan di tahun 2015 keatas.

Penerimaan Pendaftaran CPNS 2015 Tetap Dibuka Pemerintah

Moratorium CPNS Tidak Berlaku Untuk Formasi Guru Dan Pegawai Tenaga Medis Kesehatan 2015


Kepastian moratorium cpns tidak diberlakukan pada seleksi penerimaan cpns guru, tenaga pendidik dan tenaga honorer serta tenaga kesehatan medis ini seperti yang diungkap oleh Menpan-RB seperti informasi yang dilansir dari media jpnn.com dengan judul informasi pemberitaan Menpan-RB Moratorium Tidak Berlaku untuk Guru Honorer dan Pegawai Medis.

"Yang banyak dikhawatirkan kan moratorium terhadap guru-guru honorer dan pegawai-pegawai medis, itu enggak ada moratorium," kata Yuddy di KPK.

Oleh karena itu, Yuddy mengungkapkan guru honorer calon-calon pegawai negeri sipil yang sedang ikut tes tidak perlu khawatir. "Jadi tenang-tenang aja," ujarnya.

Pemberlakuan moratorium penghentian seleksi penerimaan CPNS selama 5 tahun tidak berlaku untuk formasi guru pendidik, guru-guru honorer di lingkungan kemendikbud dan juga untuk formasi tenaga kesehatan seperti halnya dokter, perawat, dan pegawai-pegawai kesehatan lainnya.

Untuk tenaga honorer juga tentunya akan menunggu kehadiran dan pengesahan PP Baru Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS di Tahun 2015 nantinya juga.

Formasi Penerimaan CPNS 2015


Berikut penuturan dari Diah Faraz selaku dari kepala Bidang Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait dengan informasi pemberitaan di jpnn dengan judul tahun 2015 pendaftaran cpns tetap dibuka (11/12).

Meski belum tahu berapa formasi cpns 2015 yang disiapkan dan aturan mainnya seperti apa, namun menurut Diah, persyaratan analisa jabatan, beban kerja, beban APBD untuk belanja pegawai, tetap mutlak dipenuhi daerah. Daerah yang belanja pegawainya berlebih, tidak akan diberikan kuota lagi.

Penerimaan CPNS 2015 Untuk Formasi Terbatas

"Wacana moratorium hanya berlaku untuk tenaga administrasi saja. Sedangkan tenaga dengan spesifikasi tertentu (langka) dan sangat dibutuhkan di luar guru serta tenaga kesehatan tetap dibuka juga," ucapnya.

Sedangkan mengenai rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2015, menurut Diah masih menunggu PP P3K diterbitkan.

Tanpa PP, rekrutmen tidak bisa dilaksanakan. "Setiap rekrutmen Aparatur Sipil Negara baik CPNS maupun P3K harus ada payung hukumnya. Khusus P3K, juknisnya belum ada karena memang belum ada PP-nya," terang Diah

Kita tunggu bersama pengumuman resmi pendaftaran cpns tahun 2015 dari pemerintah serta kuota formasi cpns 2015 yang akan di isi nantinya oleh para calon pegawai negeri sipil pada seleksi penerimaaan rekrutmen CPNS tahun anggaran 2015-2016 nantinya.

6 comments:

  1. Saya gak tertarik dengan profesi ini gan. heheh
    saya lebih suka berjualan / menjadi wirausahawan

    ReplyDelete
  2. pastinya lowongan kerja ini banyak diburu. karena masa depan yang cerah dan menjanjikan. uang pensiun yang didambakan.

    ReplyDelete
  3. Berarti masih ada peluang untuk Guru Honorer dan Pegawai Medis ya.. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  4. di percepat aja tentang ada nya PPPK , biar indonesia makin majutidak kekurangan dalam ekonomi,, kasihan juga,

    ReplyDelete