Berbagi Beragam Info Umum Dan Kesehatan

Info Lowongan CPNS Guru 2013

Pendaftaran cpns guru 2013 ini akan tetap menjadi perhatian dari pemerintah kita. Karena memang formasi guru cpns di Indonesia terutama adalah guru pendidik Sekolah Dasar masih banyak dibutuhkan. Menurut Sulistyo Ketua Umum PGRI Indonesia kekurangan guru sekitar 500 ribu guru. Lowongan cpns guru 2013 ini kemungkinan akan banyak formasi karena banyak guru yang telah memasuki masa pensiun. Untuk SD saja banyak sekolah dasar yang hanya memiliki 4 guru saja. (pos kota 22/2). Sehingga memang CPNS Guru tahun 2013 tetap menjadi favorit juga bagi para peminat yang ingin menjadi pegawai negeri sipil di lingkungan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia 2013 ini.

Untuk tahun 2013 ini pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan seputar info lowongan CPNS Guru 2013 ini kriteria yang bakal diterapkan tahun yaitu dokumen atau ijazah kelulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), sehingga beliau meneruskan 'Dengan skema baru ini, untuk menjadi guru, baik PNS maupun non-PNS tidak cukup hanya dengan ijazah S.Pd (sarjana pendidikan)'.

Pendaftaran CPNS Tahun 2013

Prinsip ini yaitu perekrutan CPNS tenaga kesehatan 2013 adalah mengadopsi dan mengikuti seleksi cpns dokter yang masuk dalam formasi CPNS Depkes 2013. M. Nuh menjelaskan bahwa agar diterima menjadi seorang dokter PNS, pelamar atau pendaftar tes CPNS dokter tak bisa hanya bermodalkan ijazah sarjana kedokteran (S. Ked) saja.

Akan tetapi, mereka juga harus mengikuti pendidikan profesi dokter selama satu tahun. Serta juga harus memiliki pula Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan.

Bagi para pns guru akan mendapatkan sertifikat sebagai guru profesional setelah mengikuti proses PPG selama satu tahun. Sertifikat tersebut kedepannya harus dilampirkan sewaktu yang bersangkutan akan melamar menjadi guru CPNS. Dengan sertifikat tersebut serta ditambah pengalaman mengajar selama 24 jam pelajaran per pekan, guru bersangkutan berhak mendapatkan TPP (tunjangan profesi pendidik).

Untuk pemerintah pusat pada lowongan PNS, yang diprioritaskan untuk PNS tenaga pendidik 2013 adalah guru (guru kelas dan guru produktif), dosen (eksakta dan teknik), jabatan-jabatan penegak hukum, jabatan yang menjadi pelaksana utama (core business) fungsi instansi, dan jabatan yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional.

Tata aturan terbaru mengenai persyaratan cpns guru dan juga PNS guru, sedang digodok oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) selaku pelaksana teknis seleksi CPNS tahun 2013. Program PPG ditempuh ketika seseorang sudah menyelesaikan program sarjana pada FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) atau semacamnya.

Apabila berminat menjadi calon pegawai negeri sipil guru maka pada info lowongan PNS ini, maka mereka wajib mengikuti PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Akan tetapi, tak semua sarjana FKIP yang mendaftar di LPTK pasti diterima serta berhak ikut PPG. LPTK tetap bakal menjalankan seleksi CPNS secara ketat karena daya tampung rekrutmen dibatasi.

Sehingga memang formasi cpns guru tahun 2013 yang masuk dalam bagian formasi untuk CPNS tahun 2013 ini akan sedikit berbeda dengan penerimaan cpns tahun-tahun sebelumnya. Karena memang profesi guru pendidik di Indonesia diharapkan akan meningkat dalam hal profesionalisme mengajar dan juga dari segi keilmuan yang dimilikinya untuk bisa menghasilkan generasi-generasi muda yang berprestasi demi masa depan Indonesia lebih baik lagi.

Bagi yang mempunyai kualifikasi dan juga latar pendidikan yang tepat untuk mendaftar sebagai CPNS Kementrian Keuangan 2013 dan juga berminat pada pendaftaran cpns Kementrian Keuangan 2013 sahabat juga bisa membaca informasi lebih lengkap serta mendetail dalam artikel yang berisikan akan informasi lowongan peneriman dan pendaftaran CPNS Kementrian Keuangan 2013 ini.

Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan cpns Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2013 ini. Bagi yang ingin lulus cpns guru dan juga untuk lowongan formasi cpns pada tahun ini maka persiapan lebih baik mulai dilakukan mulai dari persyaratan ijasah dan juga latihan soal-soal cpns guru 2013 ini. Sahabat bisa belajar dan mempelajari berbagai latihan soal prediksi cpns 2013 di paket Latihan Soal-Soal CPNS 2013 ini.


Sahabat membaca artikel mengenai Info Lowongan CPNS Guru 2013. Bila sahabat menganggap artikel Info Lowongan CPNS Guru 2013 ini bermanfaat juga untuk sahabat lainnya silakan untuk men-SHARE ulang di Facebook atau Twitter di bawah ini. Terima Kasih

Artikel Dan :

Ditulis Di Dalam © Blog Keperawatan

14 komentar

semoga informasi ini sampai pada peminat lowongan ini

Balas

saat ini formasi sedikit tapi peminat justru banyak sob, trims infonya...

Balas

wah...ada 500 ribu kekosongan guru, cukup banyak peluang untuk menjadi seorang guru.

Balas

memang kebutuhan guru di negeri ini masih banyak,hanya saja yang di terima kok selalu sedikit

Balas

kabar gembira buat yang bercita2 menjadi PNS, moga yang keterima jadi PNS bisa menjalankan tugas dengan baik

Balas

ini informasi yang cocok bagi kang Muro'i, bagaimana kang sudah siap-siap daftar atau bahkan sudah diangkat ya (syukurlah kalau sudah)

Balas

nah itu dia mas, kalau diswasta katanya juga bisa sertifikasi ya mas ?

Balas

Harus ada sertifkat mngjar, uang dr mn ambil PPG, aplgi bgi kmi llulusan yang blum bekerja. Didaderah emg kurang guru tp ktika mau nglamar jd guru ga diterima krna g ada jam, smua jam diambil sma guru sertifikasi demi tunjangan. Sertifikasi g menjmin knerja guru membaik.

Balas

Sepakat... Ada-ada saja persyaratannya.. bagamana mungkin kita bisa punya pengalaman mengajar 24 jam perpekan,, dimana2 semua jam sudah habis diambil guru2 sertifikasi. Ijazah sudah tidak menjamin untuk dapat mengabdikan diri lagi, karena yang berkuasa saat ini adalah IP (Indeks Pendekatan).

Balas

Kalo blm ambil PPG g bisa dftr CPNS dunk ???

Balas

Setuju. Benar kenyataannya d lapangan sperti itu. Pak mentri hnya bisanya buat peraturan saja. Lhat langsung situasi d lapangan. Kita2 para SP.d seakan tdk d btuhkan d skolah2. Padahal niat kita tulus , sama2 mencerdaskan nak bangsa.
.

Balas

trus gmn nasib kmi yg gk ikut PPG, ....?praturan pmerintah slalu membuat rakyat bingung.....hal ini justru membuat baxk org menghalalkan sgala cara agar bisa jd PNS

Balas

enak donk guru yg udh PPG bsa ikt PNS lg,jd gmn klw yg bru tamat S1 nya?sdngkn jam dskolh skrng ud dpenuhi am gru srtifikasi,mkin lm mkin dpersulit aj mw jd PNS.sya stju klw kyk gini crany bnyk org mw mlkukn sgla cara agr bs jd PNS.

Balas

semakin jauh saja kemungkinan jadi guru pns. kerja di swasta bingung, karena gelarnya S Pd. pemerintah kerjanya membingungkan rakyat.

Balas