Cara Memperlancar ASI

Tips ibu menyusui agar ASI lancar dan banyak memang perlu untuk diketahui dan juga dipahami dengan baik oleh para ibu menyusui. Karena memang banyak manfaat ASI baik itu bagi kesehatan sang ibu menyusui itu sendiri terlebih manfaat ASI bagi bayi yang sedang dalam masa menyusui. Karena bagi seorang ibu terutama dalam masa setelah melahirkan dan masa menyusui maka memberikan air susunya secara langsung adalah impian dan juga akan menambah kesempurnaan sebagai seorang ibu. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara memperlancar ASI (Air Susu Ibu) sehingga produksi ASI banyak dan sang bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih sehat lagi.

Pada saat bayi berumur 0-6 bulan maka Air Susu Ibu (ASI) adalah merupakan makanan terbaik bagi kesehatan bayi dan juga dalam menjalani proses tumbuh kembangnya. Untuk itulah maka diperlukan bagi sang ibu menyusui untuk bisa mengusahakan dan mempunyai cara agar produksi ASI lancar dan banyak pula. Karena bayi yang disusui dengan air susu ibu terlebih dengan ASI Eksklusif akan mendapatkan gizi terbaik yang tidak tergantikan bahkan oleh susu formula yang paling mahal sekalipun.

Baca juga sahabat mengenai :
Beda ASI Dengan Susu Formula.
Cara Agar Produksi ASI Banyak.
Cara Posisi Menyusui Yang Benar.
Manfaat Ibu Memberikan ASI.

Karena kandungan ASI itu sendiri memiliki kandungan-kandungan nutrisi terbaik dan lengkap yang sangat dibutuhkan oleh sang bayi. Berikut beberapa kandungan zat gizi dalam ASI yaitu :
  1. Zat Imunoglobulin (IgA) yang bermanfaat dan mempunyai fungsi untuk melindungi bayi dari serangan infeksi. Karena memang bayi dalam kondisi yang masih lemah dan rentan untuk terkena penyakit infeksi.
  2. Ganfliosida (GA) yang mempunyai manfaat serta berperan dalam pembentukan memori serta fungsi otak besar sebagai alat konektifitas sel otak bayi.
Cara Tips Memperlancar ASI Ibu Menyusui

Selain hal tersebut manfaat pemberian ASI terutama adalah baca juga : manfaat pemberian ASI Eksklusif bagi sang bayi salah satunya adalah dekatnya hubungan psikologis sang bayi dengan sang ibunya. Karena ketika sang bayi menyusui terjadilah kontak langsung yaitu kontak kulit sang bayi dengan ibunya yang mana hal ini akan bisa menyebabkan otak bayi akan mengeluarkan hormon oksitoksin (hormon cinta) yang mana hal ini akan bisa membuat sang bayi akan merasa tenang, nyaman dan juga merasa terlindungi.

Maka melihat akan begitu banyaknya dan juga pentingnya ASI bagi bayi maka sudah sewajarnya bila sang ibu akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membuat ASI yang dikeluarkannya bisa keluar dengan lancar dan juga banyak pula. Untuk itulah maka bagi para ibu yang sedang dalam masa menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan juga seimbang tentunya. Jangan pula untuk melupakan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran hijau, buah-buahan dan juga asupan nutrisi penting lainnya.

Berikut beberapa makanan sayuran yang dipercaya memperlancar ASI yaitu :
  1. Daun Katuk. Ini adalah suatu jenis macam daun yang secara turun temurun dipercaya akan bisa membuat produksi ASI banyak dan juga lancar sampai dengan sekarang ini. Secara kesehatan hal ini karena memang dalam kandungan daun katuk itu sendiri banyak mengandung akan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan juga asam seskuiterna.
  2. Kacang Kedelai. Kacang jenis ini adalah merupakan salah satu dari berbagai macam sumber zat protein yang baik bagi tubuh. Salah satu kandungannya adalah phytoestrogen yang bila dikonsumsi secara rutin oleh para ibu yang menyusui akan membantu ibu untuk mendapatkan ASI yang banyak dan berlimpah serta lancar pula.
Satu lagi hal yang yang perlu untuk digaris bawahi oleh para ibu menyusui yaitu menghindari akan rasa stress, lelah dan sedih yang berlebihan. Karena hal ini secara psikologis akan bisa mengganggu dan juga bisa menyebabkan produksi ASI yang sedikit atau berkurang bahkan bisa sampai tidak keluar sama sekali. Untuk tips cara mengatasi ibu menyusui yang sedang mengalami stressor berlebih bisa mendatangi keluarga, orang tua untuk bisa berbagi perasaan sehingga nantinya rasa sedih akan bisa berkurang.

Selain hal tersebut diatas, ada juga suplemen pelancar ASI yang bisa digunakan oleh para ibu. Salah satu suplemen tambahan bagi ibu menyusui agar air susu ibu bisa memperlancar pengeluaran ASI adalah ASIFIT. Kandungan dalam asifit ini adalah perpaduan ekstrak daun katuk yang diperkaya juga dengan vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, B2, B6 dan juga B12. Yang kesemuanya itu akan bisa membantu dalam memperlancar pengeluaran dan produksi ASI dan juga akan bisa membantu ibu menyusui agar tetap sehat dan bugar selama menyusui. Dan semoga beberapa kiat dan tips agar produksi asi banyak lancar ini akan bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya.

4 comments:

  1. info yang sangat bermanfaat terutama bagi ibu menyesui.

    ReplyDelete
  2. nama di m'sia daun katuk/cekur manis dan kacang kedelai/kacang soya, dua-dua ini memang sedap. bagi yang tak minum susu kacang keledai sebagai altenatif.

    ReplyDelete
  3. siapa yang sedang menyusui atau yang akan ini wajib dibaca ya mas

    ReplyDelete