CPNS Kementrian Pekerjaan Umum 2013

Pengumuman Hasil Tes TKB CPNS Kementrian Pekerjaan Umum 2013 ~ Setelah diumumkannya hasil tes TKD cpns Kemen PU 2013 maka nama-nama yang lulus tes TKD tersebut berhak untuk mengikuti ujian tahap II yaitu Tes Kemampuan Bidang. Pelaksanaan ujian TKB telah selesai pada tanggal 5 desember 2013 kemarin.

TKB ini merupakan tahap kedua, selain tes bidang juga tentang ke-PU-an. Dari jumlah 11.731 peserta yang mengikuti tes sebelumnya yaitu TKD (Tes Kompetensi Dasar) yang lolos sebanyak 3.420 peserta. Untuk di Jakarta ini ada sekitar 2.241 peserta yang ikut," jelas Kepala Biro Kepegawaian Kementerian PU Luthfiel Anam di Jakarta. Ini adalah informasi yang didapatkan dari laman website resmi kemenpu di www.pu.go.id

Lebih lanjut dijelaskan Luthfiel bahwa secara nasional Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan menyaring sebesar 20.000 CPNS untuk K/L dimana dari jumlah tersebut, PU mendapatkan kuota 200 orang. Selanjutnya untuk memenuhi jumlah tersebut, hasil dari TKB akan disampaikan ke Panitia Seleksi Nasional CPNS 2013.

Pengumuman Hasil TKB CPNS kementrian Pekerjaan Umum 2013

Penerimaan CPNS Kementrian PU 2013 telah kembali dibuka oleh Pemerintah Indonesia mulai bulan September 2013 ini. Kepada rekan dan sahabat-sahabat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan berminat menjad abdi negara dan seorang calon pegawai nenegri sipil di lingkungan Kementrian Pekerjaan Umum tahun anggaran 2013-2014 untuk menyimak lebih lanjut mengenai hal ini dengan baik dan juga mempersiapkan persyaratan administrasi yang diperlukan nantinya dalam setiap proses rekrutmen Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013 ini.

Pengumuman Hasil TKD Honorer K2 CPNS kementrian Pekerjaan Umum 2013


Penerimaan CPNS 2013 untuk kementrian pekerjaan umum juga dilaksanakan untuk dari jalur tenaga honorer terutama untuk kategori 2 sebanyak 4.498 peserta telah mengikuti tes pada tanggal 3 November yang lalu. Pengumumannya sahabat-sahabat bisa membacanya dalam link artikel berikut ini : Pengumuman Hasil TKD CPNS Honorer K2 2013.

Formasi CPNS Kementrian PU 2013 ini mandapatkan jatah formasi sebanyak 200 dari Pemerintah Pusat. Dan pendaftaran CPNS KemenPU ini adalah merupakan formasi dar pelamar umum yang bisa diikuti setiap warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan tentunya. Beberapa jabatan yang akan diikutsertakan dalam formasi tahun 2013 ini antara lain jabatan yang dibutuhkan untuk mengisi 200 formasi adalah jabatan-jabatan teknis yang bergerak dalam bidang pekerjaan umum, seperti halnya : Teknik Pengairan, Teknik Jalan dan Jembatan, Teknik Tata Bangunan, Teknik Lingkungan, Penata Ruang, dan beberapa jabatan lainnya.

Berikut adalah informasi seleksi penerimaan CPNS Kementrian Pekerjaan Umum Tahun 2013 yang diperoleh dari website resmi Kementrian Pekerjaan Umum cpns2013.pu.go.id.

Penerimaan Pendaftaran CPNS Kementrian Pekerjaan Umum 2013

P E N G U M U M A N

Nomor: KP.01.03-Mn/561

PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM TAHUN ANGGARAN 2013

Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia lulusan Sarjana, Diploma Empat, dan Diploma Tiga, baik pria maupun wanita, untuk mengikuti seleksi pengadaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan di Unit-unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan rincian sebagai berikut :

I. Formasi CPNS Kementrian Pekerjaan Umum Dan Kualifikasi Pendidikan

NO. KUALIFIKASI PENDIDIKAN JUMLAH
JURUSAN JENJANG
Sarjana (S1)/Diploma 4 (D4)
1 Teknik Sipil S1 78
2 Teknik Arsitektur/ Lansekap S1 11
3 Teknik Planologi/ Perencanaan Wilayah dan Kota S1 7
4 Teknik Lingkungan S1 16
5 Geologi S1 10
6 Geodesi/Geomatika S1 10
7 Geografi (Perencanaan Wilayah dan Kota) S1 2
8 Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Komunikasi S1 5
9 Ekonomi Akuntansi/Manajemen/Studi Pembangunan S1 30
10 Sosiologi S1 1
11 Hukum S1 5
Diploma Tiga (D3)
12 Teknik Informatika/Ilmu Komputer D3 21
13 Kimia D3 4
Jumlah 200

II. Persyaratan CPNS Departemen Pekerjaan Umum 2013
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan.
  3. Tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi pemerintah/swasta lain.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS/Anggota TNI/Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri.
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
  7. Mampu mengoperasikan komputer minimal Microsoft Office dan internet (browsing dan surat elektronik).
  8. Sehat jasmani dan rohani.
  9. Berijazah Sarjana (S1), Diploma Empat (D4), atau Diploma Tiga (D3) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Pada saat mendaftar, pelamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi.
  11. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A dan minimal 3,00 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi B.
  12. Memiliki kompetensi dan kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan formasi jabatan yang dibutuhkan.
  13. Pelamar dari jenjang pendidikan D3 tidak melampirkan hasil tes kemampuan bahasa Inggris.
  14. Bersedia membayar ganti rugi ke Kas Negara sebesar Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah) apabila mengundurkan diri sebagai CPNS/PNS dalam kurun waktu 5 (lima) tahun sejak ditetapkan sebagai CPNS Kementerian PU.
Pelamar dari jenjang pendidikan S1/D4, menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku sampai bulan November 2013. Hasil tes yang diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai berikut:
  • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
  • TOEFL®IBT (Internet-Based TOEFL) yang diterbitkan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) dengan nilai minimal 53.
  • IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) dengan nilai minimal 5.
III. Persyaratan Khusus Pelamar Umum
  • Usia Pelamar Umum pada tanggal 31 Desember 2013 adalah sebagai berikut : Berusia maksimum 24 tahun (lahir tahun 1989 atau sesudahnya) untuk tingkat D3 dan juga berusia maksimum 28 tahun (lahir tahun 1985 atau sesudahnya) untuk tingkat S1/D4.
IV. Persyaratan Khusus Bagi Pegawai Tidak Tetap
  • Telah bekerja di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum sebagai tenaga kontrak/pegawai tidak tetap/honorer sampai dengan bulan Agustus 2013 yang dibuktikan dengan surat keputusan/perjanjian kerja dan Surat Pernyataan dari Sekretaris Unit Organisasi Eselon I/Direktur/Kepala Biro/Kepala Pusat/Kepala Balai Besar/Kepala Balai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum (unduh di sini).
  • Melampirkan fotokopi Surat Keputusan/Surat Perjanjian Kerja yang pertama dan Surat Keputusan/Surat Perjanjian Kerja tahun 2013 yang telah dilegalisasi oleh Sekretaris Unit Organiasi Eselon I/Direktur/Kepala Biro/Kepala Pusat/Kepala Balai Besar/Kepala Balai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.
  • Berusia tidak lebih dari 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013 untuk (lahir pada tanggal 1 Desember 1978 atau sesudahnya).
V. Jadwal Pendaftaran Dan Seleksi Online Penerimaan CPNS Kementrian PU
  • Pendaftaran Online CPNS Kementrian PU dilaksanakan pada tanggal 11-27 September 2013.
  • Pencetakan Tanda Peserta dilaksanakan pada tanggal 3-10 Oktober 2013.
  • Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kementrian PU dilaksanakan pada tanggal 7-11 Oktober 2013 (tentatif).
  • Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan Wawancara tes CPNS kementrian pekerjaan umum 2013 : Informasi akan diumumkan kemudian
VI. Proses Pendaftaran CPNS Kementrian PU 2013
  1. Proses pendaftaran Pelamar dapat dilihat melalui website Kementerian Pekerjaan Umum di http://www.pu.go.id.
  2. Pada saat melakukan pendaftaran online, pelamar hanya diperkenankan memilih maksimal 4 (empat) nama jabatan. Pilihan tidak bersifat mutlak dan Panitia berhak menempatkan peserta yang lulus sesuai kebutuhan organisasi.
  3. Periode pendaftaran online dibuka mulai tanggal 11-27 September 2013.
  4. Pelamar harap membaca dan mengikuti ketentuan registrasi online dengan baik dan teliti serta menyiapkan terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mulai mengisi formulir pendaftaran online.
  5. Pelamar wajib memiliki alamat email yang valid untuk digunakan dalam proses registrasi.
  6. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran dan secara sistem dinyatakan memenuhi syarat akan memperoleh Tanda Peserta Tes.
  7. Tanda Peserta Tes harus dicetak secara online oleh peserta mulai tanggal 3 s.d. 10 Oktober 2013.
  8. Pelamar yang tidak memenuhi persyaratan secara sistem tidak dapat mencetak Tanda Peserta Tes dan tidak berhak mengikuti TKD.
  9. Apabila terdapat data ganda peserta, maka akan digunakan data yang terakhir.
Pelamar wajib mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah (upload) dokumen pendukung yang terdiri atas :
  • Ijazah asli terakhir (hasil scan, format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb);
  • Transkrip nilai asli (hasil scan, format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb); dan
  • Sertifikat tes kemampuan Bahasa Inggris sesuai butir II.13. (hasil scan, format jpg/jpeg, ukuran maks. 500 Kb);.
  • Pas foto berwarna (data digital maks. 70 Kb, format jpg/jpeg).

0 komentar: