Jadwal Pendaftaran SNMPTN Tahun 2014

Pendaftaran Dan Tata Cara Syarat SNMPTN dan juga Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014 akan kembali di adakan oleh Pemerintah Indonesia malalui Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan juga panitia Penyelenggara SNMPTN 2014. Sistem pendaftaran SNMPTN 2014 hampir sama dengan sistem yang diberlakukan pada tahun 2013 ini.

Siswa harus terdata terlebih dahulu lewat Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang diisikan oleh pihak sekolah. Dan juga menggunakan dan dilakukan dengan pendaftaran berbasis online. Serta juga nilai Ujian Nasional UN dan Raport juga merupakan penilaian masuk perguruan tinggi negeri di tahun 2014 ini.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2014 dimulai dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) mulai 6 Januari 2014 hingga 6 Maret 2014, sementara pendaftaran dilakukan mulai 17 Februari 2014 hingga 31 Maret 2014. Pengumuman hasil seleksi SNMPTN 2014 dilaksanakan pada 27 Mei 2014.

Menurut Mendikbud, SNMPTN merupakan fasilitator bagi para lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Diakuinya, setiap tahun jumlah siswa yang lulus dari SMA/MA/SMK mencapai 2 juta orang, sehingga setiap perguruan tinggi negeri (PTN) punya tugas untuk memfasilitasi agar lulusan tersebut dapat berkuliah.

Karena memang ada beberapa tujuan diadakannya SNMPTN yaitu antara lain untuk :
  • Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  • Mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK, termasuk Sekolah RI di luar negeri.
Jadwal Pendaftaran SNMPTN Tahun 2014

SNMPTN Undangan

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Undangan juga berlaku untuk tahun 2014 ini, seperti halnya pada tahun 2013 ini juga. Dalam hal ini para siswa wajib untuk melakukan tahapan PDSS

Berikut beberapa Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Pengisian PDSS dilakukan pihak sekolah di laman pdss.snmptn.ac.id.
  2. Pihak Kepala Sekolah yang lakukan pengisian ini kemudian akan mendapat password yang dipergunakan siswa untuk verifikasi data.
  3. Siswa lakukan verifikasi data dengan gunakan NISN dan password yang telah diberikan.
  4. Para siswa melakukan pendaftaran di snmptn.ac.id dengan login gunakan NISN dan password saat verifikasi PDSS.
  5. Mengisi form pendaftaran mulai data diri, dokumen yang dibutuhkan, unggah foto resmi terbaru, dan lainnya.
  6. Setelah mengisi formulir SNMPTN, maka Kepala Sekolah berikan rekomendasi kepada para siswanya.
  7. Untuk jurusan seni dan olahraga, siswa bisa mengunggah bukti portofolio atau dokumen ketrampilan pendukung.
  8. Cetak Kartu Bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN
Persyaratan Pendaftaran SNMPTN

Persyaratan untuk melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2014 ini terbagi menjadi dua, yaitu persyaratan sekolah dan juga persyaratan untuk siswa didik itu sendiri.

Persyaratan Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah sebagai berikut :
  • SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri yang mempunyai NPSN.
  • Telah mengisi PDSS
Persyaratan Siswa Pelamar Pendaftaran SMPTN adalah sebagai berikut :
  • Mengikuti UN pada tahun 2013 atau 2014,
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada PDSS,
  • Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (sampai semester 7 bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS
Jadwal pelaksanaan SNMPTN
Berikut adalah merupakan jadwal SNMPTN 2014 yang berasal dari laman website resmi www.snmptn.ac.id :

Pengisian PDSS 16 Desember 2013 – 8 Februari 2014
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran 3 Februari – 8 Maret 2014
Proses Seleksi 9 Maret – 26 Mei 2014
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Mei 2014
Pendaftaran Ulang di PTN
masing-masing bagi yang lulus seleksi
17 Juni 2014
bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2014

Pengumuman hasil SNMPTN akan diumumkan sesuai dengan jadwal yang telah ada diatas. Demikian pula dengan jadwal pendaftaran ulang peserta yang lulus pada seleksi SNMPTN tahun ini juga.

Pemerintah pun telah menggandeng PT Pos Indonesia dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sebagai mitra SNMPTN 2014. Kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk meliputi penyediaan akses internet tanpa batas hingga ke wilayah pelosok sehingga para siswa dapat mudah mengakses pendaftaran SNMPTN 2014.

Namun, mengantisipasi jaringan internet yang belum menjangkau beberapa wilayah, kantor pos dapat menjadi paralel bagi pendaftaran SNMPTN dengan penyediaan sarana telepon dan internet.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Panitia Penyelenggara SNMPTN 2014 menggandeng PT Pos Indonesia untuk membantu menyediakan fasilitas berupa perangkat komputer lengkap dengan jaringan internet untuk pendaftaran SNMPTN 2014.

Dengan cara seperti itu, calon peserta yang di rumahnya tidak memiliki koneksi internet, tinggal datang ke Kantor Pos terdekat. Sehingga dalam hal ini pendaftaran SNMPTN 2014 bisa melalui fasilitas internet kantor pos di seluruh Indonesia.

Untuk jumlah kuota SNMPTN 2014 minimal sekitar 50% kuota daya tampung setiap PTN/program studi. Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Ganjar. Sementara untuk aturan seleksi, Kemendikbud dan panitia menetapkan aturan SNMPTN 2014 berdasarkan PP No. 32 Tahun 2013. Dalam PP tersebut, selain nilai rapor siswa, hasil Ujian Nasional pun menjadi pertimbangan seleksi SNMPTN 2014.

Bagi sahabat-sahabat bisa membaca pengumuman informasi umum jadwal lengkap SNMPTN di dalam laman website resminya di link tautan berikut ini : www.snmptn.ac.id.

5 comments:

  1. informasi yang bakal dicari dan ditunggu banget oleh para anak bangsa yang pengen bergelar mahasiswa nih.....jeli dan kreatif ng'postingnya...
    #kecup hangat ah

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya gan . Kebetulan ane butuh banget . Salam hangat dari anak madura gan :-)

    ReplyDelete
  3. Info yang menarik ini, pasti lagi banyak dicari..makasih buat infonya mas..

    ReplyDelete
  4. Semoga para siswa yang mau ikut snmptn 2014 ini jangan sampai ketinggalan informasinya ya :)

    ReplyDelete
  5. Selamat mendaftar semua calon-calonnya. ini untuk calon-calon guru saya kira ya...

    ReplyDelete