Pengumuman Kelulusan CPNS Honorer Kemendikbud dan Kemenag

Panselnas Umumkan Hasil Tes CPNS Honorer K2 2013 di 8 Kementrian Lembaga Negara akhirnya Panitia Seleksi Nasional CPNS 2013 mengumumkan nama-nama tenaga honorer kategori II di 5 kementrian pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil tahun 2013 yang lalu.

Kementrian yang telah mengumumkan hasil cpns honorer K2 yaitu antara lain adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian Negara RI (POLRI), Kementerian Kesehatan, dan Mahkamah Agung. Informasi ini didapatkan dan diperoleh dari website resmi Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi yaitu www.menpan.go.id update pada hari Rabu 14 Mei 2014 ini.

Pengumuman hasil tes cpns honorer K2 untuk Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan dirilis ole panselnas dan juga akan ditayangkan dan diinformasikan melalui website cpns.kemdikbud.go.id dan juga beberapa website media partner seperti sebelumnya ketika mengumumkan Pengumuman kelulusan cpns jalur umum dan honorer k2 tahun 2013 pada bulan desember dan 10 pebruari 2014 untuk honorer secara bertahap.

Pengumuman Kelulusan CPNS Honorer Kemendikbud dan Kemenag

Pengumuman dilakukan, setelah pejabat pembina kepegawaian (PPK) masing-masing K/L melakukan verifikasi kebenaran tenaga honorer K-2 di instansi masing-masing seperti arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar pertengahan Maret 2014. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan, terutama peserta tes yang lulus ternyata datanya bodong.

Seperti halnya pejabat pembina kepegawaian (PPK) pemerintah daerah, PPK K/L juga harus menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM) saat menyerahkan berkas tenaga honorer K2 yang dinyatakan lulus. Untuk membantu verifikasi, Panselnas menyiapkan formulir 10 kolom mengenai nama, nomor ujian, umur, Terhitung Mulai Tanggal (TMT), ijasah waktu diangkat sebagai tenaga honorer, ijasah sekarang, posisi pekerjaan, di mana dia bekerja, dan lain-lain. Kolom-kolom itu harus diisi dengan akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, dalam pengumuman kali ini menampilkan data CPNS dari honorer K-2 secara lebih rinci. Selain nama dan nomor peserta, data CPNS juga ditampilkan dalam pengumuman, seperti tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan awal dan akhir berikut tahun lulusnya, tanggal mulai terhitung (TMT) dan surat ketetapan (SK) pengangkatan, nama pekerjaan, dan unit kerja

Berikut adalah informasi yang didapatkan dari situs www.jppn.com pada hari rabu tanggal 19 Pebruari 2014 yang berjudul Pengumuman Honorer K2 Kemendikbud dan Kemenag masih gelap bahwasannya Dari daftar resmi di Badan Kepegawaian Negara (BKN) disebutkan bahwa jumlah tenaga honorer K-2 di Kemenag mencapai 58.907 orang. Jumlah ini tersebar di kantor pusat Kemenag Jakarta hingga di daerah-daerah. Selain itu juga terdiri dari banyak formasi. Mulai dari tenaga administrasi, guru, dan dosen.

Sedangkan jumlah tenaga honorer di lingkungan Kemendikbud berjumlah 5.504 orang. Posisi mereka juga beragam. Mulai dari tenaga administrasi, pegawai teknik, hingga guru dan dosen. Instansi pusat lainnya yang memiliki pegawai honorer K-2 dengan jumlah besar adalah Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang berjumlah 4.498 orang.

Pengumuman Hasil Tes CPNS Honorer K2 Kementrian Tahun 2013

Untuk informasi kelulusan CPNS K2 di tingkat pusat yaitu kementrian dan lembaga telah beberapa kementrian dan lembaga negara yang telah mengumumkan nama-nama yang lulus cpns honorer di kementrian seperti halnya Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Dan juga pengumuman kelulusan hasil cpns honorer k2 di Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sedangkan untuk lembaga pemerintah non kementerian adalah BPS, BKKBN, serta Sekretariat Jenderal KPU.

Sedangkan bagi para honorer di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seperti juga di Kementerian Agama dan Kementerian Pekerjaan Umum masih harus menunggu keluarnya daftar mereka yang dinyatakan lulus.

Berdasar informasi pada Selasa (4/2/2014) pihak Badan Kepegawaian Negara menyebutkan ihwal kemungkinan penundaan pengumuman ketiga kementerian tersebut. Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana kepada wartawan, Selasa menyebutkan penundaan antara lain karena banyaknya jumlah tenaga Honorer K2.

Di kemenag, misalnya, akan terjadi pengangkatan terhadap puluhan ribu honorer K2, begitu juga di kemendikbud. Di kemenag, kelambatan terkait dengan distribusi CPNS yang diangkat.

Untuk informasi hasil kelulusan cpns tenaga honorer K2 di kemendikbud dan kemenag ini Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mengutarakan bahwa penetapan pengangkatan tenaga honorer K-2 di Kemenag dan Kemendikbud sampai kemarin masih dalam proses. "Sekarang masih ada di tim Panselnas" ujarnya kemarin.

Herman menuturkan bahwa penetapan pengangkatan tenaga honorer K-2 di Kemenag dan Kemendikbud membutuhkan perlakuan khusus. Sebab jumlah tenaga honorer K-2 di dua institusi itu sangat besar.

Herman menjelaskan bahwa penetapan kelulusan di kedua intansi tadi tidak bisa dijalankan murni berdasarkan otomatisasi pengolahan oleh komputer.

"Tetapi juga perlu dilakukan upaya afirmatif," tandasnya. Misalnya tenaga honorer K-2 yang berada di unit kerja di daerah terpencil mendapatkan nilai tambahan. Tenaga honorer dengan usia yang hampir pensiun, juga mendapatkan nilai tambahan.

Dengan sistem ini, Kemen PAN-RB tidak ingin pengangkatan honorer K-2 menjadi CPNS di lingkungan Kemenag dan Kemendikbud menumpuk di perkotaan saja.

Herman menuturkan panitia seleksi tidak ada niatan untuk mengulur-ulur waktu pengumuman atau publikasi pengangkatan. Tetapi panitia harus melakukan pengecekan ulang untuk validitasi. Dia juga berharap tenaga honorer K-2 di Kemenag dan Kemendikbud atau di instansi pusat lainnya, bersabar.

Para peserta tes CPNS K2 dapat melihat status kelulusannya dengan mengakses www.bkn.go.id, http://sscn.bkn.go.id.

Pengumuman yang juga ditayangkan di website www.menpan.go.id itu, hanya mencantumkan nama-nama peserta yang dinyatakan lulus. Pengumuman daftar nama-nama yang lulus cpns honorer pada kementrian kemendikbud dan kementrian agama ini memang sudah lama dinanti-nantikan dan beberapa kali mengalami penundaan dengan alasan terjadi kendala teknis.

15 comments:

  1. assalamu alaikum kami mau berbagi pengalaman kepada seluruh anggota honorer yang sudah mengabdi beberapa tahun di instansi pemerintahan yang belum masuk k1 maupun k2 karna di mana saya sudah masuk K1 Berkat bantuan bapak TAUCHID DJATMIKO di BKN PUSAT Jadi buat teman honorer yang ingin seperti saya silahkan di hubungi beliau jangan sampai dia bisa membantu di nomor telp.0812-9343—4567 atas nama TAUCHID DJATMIKO SH.M.SI
    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. namamu saja anonymous. pake bantuan Tauchid djatmiko lagi. penipu loeeeee,,kalo mau menipu di handpone saja,,,,,,,,,,,hahahahahaha

      Delete
    2. Ngapusi alias bohong besar

      Delete
    3. biasa aja kali, namanya manusia, klo gak punya sifat itu bukan manusia namanya, binatang kali

      Delete
  2. yang ini,,nih,,gara2 honorer yg membuat semua jadi lambat,,,,kena imbasnya deh yang jalur umum di kemendikbud. sebaiknya kemendikbud hati2 mengangkat guru dari kalangan honorer karena kebanyakan dari mereka sama sekali tdk berkompetensi,,,,,,,mereka hanya ingin jadi pegawai PNS saja,,,,,mau dapat gaji tapi kemampuan tidak ada,,,,,karena itu mereka tdk mau bersaing seperti pada pelamar umum. kalo ingin pendidikan di Indonesia sukses mulai dari sekarang hentikan pengangkatan guru dari kalangan honorer kecuali guru honorer tersebut berada pada daerah terpencil dan terbelakang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ANOMYMOUS kamu tidak tahu pendidikan jngan omong sembarang banyak tenaga honorer yang kompenten tapi gak diluluskan.

      Delete
    2. Anommous kamu asal ngomong aja, kopetensi itu datang dari pengalaman tau,,kau waktu bayi mana pandainya dengan mamakmu ?.. knapa? karna mamakmu dah berpengalaman.giru juga guru honor yang lama dah ngajar. Asal ngomong aja lu.

      Delete
  3. Pengumuman kementerian pertahanan kapan bos .....?

    ReplyDelete
  4. Pengumuman K2 kementrian pu kapn ♈ªª kira2????

    ReplyDelete
  5. Pengumuman K2 kementrian pu minggu depan mudah mudahan

    ReplyDelete
  6. Selamat bg yg lulus, sabar ya... yg tdk lulus ada pendataan lg kok...mudah2an ada k3....ato k4 dll....ato apalah yg ptg perhatian pemerinth kedpan.....oke....

    ReplyDelete
  7. pak di kemenag kab garut sekarang lg verifikasi dt honor k2 yg ikut tes tapi hanya sebahagian yg di panggli sy gb k2 ikut tes tidak di panggil verifisaki tolong pak

    ReplyDelete
  8. pak honor yang lulus kategori 2 kota bandung data windhaningsih dan miftah fauzi bukan 2004 melainkan 2005.bapak perhatikan dan dikaji ulang data windhaningsih dan miftah fauzi.windhaningsih pernah mengaku data ke haurpancuh bukan 2004 dan miftah fauzi 2005 juga honor di swasta sdh dpat sertifikasi

    ReplyDelete
  9. Kita berdoa aja" setiap manusia punya ketentuan masing2...kita sudah berusaha (ikhtiar) masalah hasil Tuhan yang menentukan...adapun yg benar2 data nya sesuai aturan ya ya..harus lulus...kita doakan semua yg benar-benar kerja, mengabdi agar diluluskan...

    ReplyDelete
  10. Sebenrnya gmna si nasib honorer k2 kandepag,gagal smua atau msh αϑα harapan ni, smpe skrg gaib tuh pengumuman

    ReplyDelete