Tata Cara Ujian CPNS Dengan Sistem CAT

Tes seleksi penerimaan CPNS 2014 100% menggunakan sistem berbasis komputer yaitu Computer Assisted Test (CAT) telah dipastikan pemakaiannya di dalam rangka rekrutmen online cpns tahun ini. Karena memang Pemerintah melalui Kementrian PAN-RB telah mengharuskan bahwasannya setiap Instansi Pemerintah Pusat Daerah Buka Lowongan CPNS untuk memakai sistem tes online basis komputer ini.

Sehingga tentunya bagi para calon peserta dan pendaftar untuk menjadi calon pegawai negeri sipil secara online di tahun 2014 ini harus memahami mengetahui akan bagaimana cara kiat tips sukses mengerjakan tes CAT CPNS 2014 dengan baik agar bisa memperoleh nilai yang lulus pada nilai passing grade tes cat 2014 sehingga nantinya akan bisa termasuk dalam daftar nama-nama yang lulus pada pengumuman kelulusan cpns 2014 ini.

Tata Cara Ujian CPNS Dengan Sistem CAT

Rekrutmen CPNS Berbasis Online CAT


Pemerintah tidak akan lagi menggunakan tes cpns dengan menggunakan sistem Lembar Kerja Komputer (LJK) seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Karena mulai tahun ini segala hal yang berkaitan dengan info lowongan cpns dan juga tes seleksi online akan menggunakan sistem Computer Assisted Test yang dikoordinir oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negera dan juga BKN ( Badan Kepegawaian Negara).

Simulasi Tes CAT CPNS oleh pemerintah juga susah mulai disosialisasikan kepada calon peserta dan pelamar ujian online komputer di tahun ini. Jadwal simulasi tes CAT di Indonesia tahun 2014 ini juga akan diselenggarakan di beberapa kota besar dalam rangka persiapan menghadapi ujian calon pegawai negeri sipil 2014.

Diantaranya adalah di kota Jakarta, Bogor yang telah selesai, dan beberapa kota lainnya yaitu di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, serta juga di kota Denpasar, kota Semarang Jawa Tengah, Surabaya Jawa Timur, Makasar Sulawesi Selatan dan juga di kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Lowongan Pendaftaran CPNS tahun 2014 ini akan diisi oleh formasi yang telah disediakan dan disiapkan oleh pemerintah sebanyak 100 ribu ASN (Aparatur Sipil Negara). Terbagi 60 ribu untuk kuota cpns dan sisanya 40 ribu untuk formasi kuota PPPK 2014 ini.

CPNS kemenkes depkes 2014 dan juga cpns kemendikbud di tahun 2014 ini akan menjadi bagian di dalam daftar kementrian pusat yang akan membuka formasi cpns. Dan dua kementrian tadi sepertinya akan menjadi kementrian yang banyak untuk merekrut formasi cpns. Dimana memang formasi tenaga kesehatan dan formasi guru dosen menjadi prioritas untuk mengisi formasi yang kosong di lingkungan kementrian tersebut.

Tujuan manfaat Tes CAT CPNS ini adalah dalam rangka mengurangi kemungkinan kecurangan dalam sistem pendaftaran online dan proses ujian dengan menggunakan sistem yang online di seluruh Indonesia, dan setiap pelamar peserta ujian akan dapat mengetahui nilai yang didapat setelah selesai mengerjakan tes cpns online langsung setelah mengikuti ujian tersebut. Sehingga dengan nantinya setelah passing grade kelulusan cpns 2014 diumumkan pemerintah bisa tahu apakah dirinya bisa lulus passing grade atau tidak.

Sistem Baru Tes CPNS 2014


Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman mengatakan seperti informasi yang dilansir dari website finance.detik.com bahwa tujuan keikutsertaan Kementeriannya dalam Job Fair tersebut bukan untuk membuka lowongan bagi calon pelamar.

Namun untuk mensosialisasikan mekanisme sistem tes ujian masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terbaru dengan Computer Assisted Test (CAT). CAT ini adalah sistem perekrutan berbasis online yang memungkinkan pelaksanaan tes dapat dilakukan di manapun sesuai dengan kesediaan instansi negara yang ingin merekrut Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sistem Baru Tes CAT CPNS 2014

"Kita ikut job fair, ada sosialisasi CAT nanti di sana. Kita pasang 4 sampai 6 perangkat simulasi CAT yang bisa digunakan. Jadi pelamar kerja bisa coba," Herman di kantornya, Jakarta, Jumat (13/6/2014).

Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat mulai mengenal sistem CAT, sehingga memperlancar proses pelaksanaan tes CPNS yang akan dibuka tahun ini. Pembukaan tes ujian masuk CPNS atau Calon ASN akan diselenggarakan oleh masing-masing intansi dan bukan dalam job fair tersebut.

Herman menambahkan, dengan menggunakan sistem CAT, para peserta ujian hanya perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tertera di layar monitor komputer. Soal dalam ujian ini pun merupakan soal hasil kajian antara kementerian dengan sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air.

"Jadi simulasi ini nanti peserta jawabnya pakai komputer. Nanti nggak ada lagi ujian-ujian yang kumpul di stadion gitu. Peserta tinggal dateng ke kementerian yang buka lowongan tes di situ. Hasilnya diumumkan. Rinciannya bisa coba sendiri, daftar acaranya seperti yang disampaikan.

4 comments:

  1. nyimak dulu mas, makasih informasinya :D

    ReplyDelete
  2. Baik nnt aq coba hbngi beliau Bp djoko mas..

    ReplyDelete
  3. Ridwan, pak Djoko Sutrisno masuk bui karena kasus pencaloan, siap2 saja anda berikutnya.

    ReplyDelete
  4. Dengan sistem CAT spt ini bisa gak ya ujian di daerah lain(non domisili)
    EX: sy dari tasik daftar sesuai domisili krn sesuatu hal sy ujian di kota lain(non tasik),bisa gak ya?

    ReplyDelete